Pesantren As Shidqu Kuningan | Ciri Khas dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren As Shidqu Kuningan berdiri pada tahun 2010. Beberapa tahun berdiri, pesantren ini eksis dan penuh prestasi, hingga menjadi salah satu pesantren terbaik di Jawa Barat. Jumlah santri putra 460 dan santri putri 150 pada tahun 2020, dan terus bertambah jumlah pendaftar tiap tahun.

Kami akan menuliskan profil Pesantren As Shidqu Kuningan khususnya dalam aspek profil lembaga, pendidikan yang ada di dalamnya, keunggulan, bahkan biaya. Kami kombinasikan dari beragam sumber, utamanya adalah sumber halaman pesantren dan brosur yang berhasil kami dapatkan.

Pesantren As Shidqu Kuningan

Al Habib Quraisy Baharun merupakan pendiri ponpes As Shidqu Kuningan dan tokoh sentral di pesantren. Sosok beliau cukup kharismatik, bahkan cukup dikenal di Indonesia. Beliau merupakan putra dari Habib Qasim Baharun, salah satu pendiri Pondok Pesantren Dalwa Bangil.

Al Habib Quraisy Baharun juga murid Habib Umar bin Hafidz Hadramaut (Yaman), angkatan pertama di Pondok Pesantren Darul Musthafa (Dar-al Musthafa), Tarim, Hadramaut. Guru-guru di pesantren ini berasal dari universitas dan pesantren Islam ternama, dalam dan luar negeri.

Pesantren As Shidqu Kuningan

Pendidikan di Pesantren Habib Quraisy Baharun

Pendidikan di Pesantren Habib Quraisy Baharun memiliki fokus pada aspek tahfidz Quran dengan target selama empat tahun. Durasi ini menurut kami cukup bagus. Tidak terlalu cepat, tidak terlalu lama. Artinya kualitas yang dikedepankan.

Sistem pendidikan berbasis halaqoh, khas tradisi pendidikan salafus shaloleh. Dengan durasi enam tahun. Di sini memiliki kajian kitab yang menggunakan bahasa arab. Bisa dikatakan sebagai bekal seorang ulama.

Selanjutnya adalah program khusus, ada pendidikan khusus fiqh, ada khusus hadist, dakwah, quran dan tafsir, serta ada juga khusus bahasa arab. Jujur kami menyukai model seperti ini, karena membahas fiqh saja, tidak akan habis. Oleh sebab itu Pesantren As Shidqu Kuningan salah satu pesantren bagus.

Tidak lupa ada pendidikan kesetaraan SMP dan SMA. Jadi tidak khawatir terkait ijazah di pesantren Habib Quraisy Baharun. Menurut kami salah satu pesantren yang bisa direkomendasikan.

Ciri Khas Popes As Shidqu

Ada beberapa ciri khas pesantren As Shidqu Kuningan yang bisa menjadi pertimbangan. Pertama adalah aspek ibadah rutinnya bagus. Seperti qiyamullail, ini menjadi kegiatan rutin, puasa Senin dan Kamis.

Tidak lupa seperti maulid nabi, hadroh basaudan dan burdah imam al bushairi. Di samping itu ada bahsul masail, kegiatan yang kini sudah mulai memudar di pesantren-pesantren. Serta ada aurod dan ahzab.

Apalagi ekstrakurikulernya modern. Seperti bimbingan dasar komputer dan teknologi informatika. Ada hadroh, sehingga santri pesantren As Shidqu Kuningan bisa betah dan nyaman hidup di pesantren.

PanduanTerbaik.id

Keunggulan Pondok Pesantren As Shidqu

Adapun keunggulan utama pondok pesantren As Shidqu Kuningan adalah unsur geografis. Pesantren berada di atas ketinggian 250m di atas laut, di bawah gunung Cermai yang sejuk, dan berada dalam lokasi seluas kurang lebih di atas lahan dua hektar.

Kedua, lingkungan belajar yang nyaman, sejuk, dan lokasi luas membuat para santri mendapatkan suasana kondusif untuk belajar.  Apalagi fasilitasnya memadai, antara lain masjid dua lantai,  tiga gedung asrama, perpustakaan.

Masih ada lagi laboratorium komputer, taman belajar, kantin, koperasi, ruang makan, klinik santri, dan lapangan serbaguna. Menurut kami, fasilitas ini sangat memadai dan kondusif untuk belajar. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran Ponpes As Shidqu Kuningan

  • Syarat pendaftaran santri adalah sebagai berikut
  • Berusia 12 tahun atau telah lulus SD/sederajat.
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Jika ingin mendaftar harus diantar oleh walinya sendiri atau jika diwakilkan harus ada surat keterangan.
  • Bagi calon santri pindahan, wajib membawa surat izin pindah/berhenti dari pondok pesantren atau madrasah sebelumnya
  • Menyerahkan dokumen-dokumen seperti : foto, legalisir ijazah/raport terakhir, SKHUN, fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi akte kelahiran, fotokopi KTP orangtua/wali.
  • Mengikuti tes ujian masuk jenjang pendidikan yang telah ditentukan selama 3 hari.
  • Membayar uang pendaftaran yang telah ditetapkan oleh pihak pesantren.

Nantinya ada tes yang harus dilewati, yaitu ujian tes masuk selama 3 hari yang tinggi  dan masa percobaan selama satu bulan, lancar  membaca  Al-Qur’an dengan tajwid yang benar, telah dinyatakan lulus tes ujian masuk.

Serta bersedia untuk mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pesantren (melalui surat pernyataan). Masih ada tes kesehatan yang meliputi : hematologi lengkap, hepatitis B, HIV, TBC, dan narkoba, tidak merokok, mengkonsumsi narkoba, dan miras, atas persetujuan orang tua dan kemauan sendiri.

Biaya Masuk As Shidqu Kuningan

Adapun biaya masuk pesantren As Shidqu Kuningan adalah sebagai berikut. Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 250.000,-. Biaya Tes Kesehatan (Medical Check Up) sebesar Rp. 850.000. Biaya masuk sebesar Rp. 8.250.000.

Data ini kami dapatkan untuk tahun ajaran 2020/2021. Jika ingin pesantren lain di Kuningan atau ingin survey, bisa kunjungi link kami berikut ini. Kami sudah sajikan keunggulan dan biaya masing-masing.

Alamat Lengkap

Pesantren As Shidqu Kuningan berlokasi di jalan raya Cirebon Kuningan, Desa Sampora, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan. Atau bisa klik link Google Maps. Jika ingin informasi lebih lengkap bisa kunjungi laman facebook Pesantren As Shidqu di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *