Darul Ma’arif Kaplongan | Biaya Pesantren NU Modern

Posted by

Darul Ma’arif Kaplongan Indramayu juga dikenal dengan sebutan kampus hijau Indramayu. Pesantren ini memang cukup terkenal. Santrinya juga berasal dari kota lain di Indonesia, sehingga cukup ramai.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk merangkumnya berdasarkan website resmi pesantren. Kami tulis info-info paling penting. Mulai dari identitas pesantren, kurikulum pendidikan, hingga pendaftaran dan biaya masuk. Semoga bermanfaat. 

Pengasuh Ponpes Darul Ma’arif Kaplongan

Pengasuh ponpes Darul Ma’arif Kaplongan tidak hanya satu, tapi berjumlah tiga, yaitu Buya Mukromin Thohir, KH. Hasbullah, LC, dan K. Sanuri, S.Pd.I. Tiga tokoh ini dibantu oleh direktur yaitu Ust. B. A Faisal Hasri, S. Kom. 

Dalam perkembangannya pesantren di Indramayu ini berkembang pesat hingga memiliki banyak jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP, SMA, MA, SMK, bahkan sekolah tinggi. Sehingga menjadi salah satu lembaga pendidikan terlengkap di Indramayu. 

darul ma'arif kaplongan
advertorial

Profil Pendidikan di Kampus Hijau Indramayu

Kami memang belum menemukan alasan mengapa disebut dengan Kampus Hijau Indramayu. Namun dugaan kami, karena Darul Maarif Indramayu merupakan pesantren bernafaskan Nahdhatul Ulama, NU, maka disebut dengan kampus Hijau Indramayu. 

Nuansanya adalah salafi modern. Di mana secara pendidikan tidak lagi full salaf seperti pesantren kitab kuning, namun sudah mengkombinasikan dengan pendidikan formal berbasis kurikulum nasional, dan pembelajaran bahasa Arab dan Inggris. Ini mirip seperti Tebu Ireng di Jombang. 

Di sinilah menurut kami daya tarik utama dari Darul Ma’arif Kaplongan, yaitu mampu mempertahankan identitas dengan belajar kitab kuning, namun ditambah dengan pendidikan formal. 

PanduanTerbaik.id

Oleh sebab itu pelajaran seperti Aqidatul Awam, Ta’lim Muta’alim, Bulughul Maram, Jurumiyah, Safinatunnajah, dan lain sebagainya menjadi pelajaran penting di pesantren ini di sekolah diniyyah. Sekolah khusus pendidikan Islam selepas sekolah formal. 

Review Pesantren Salaf Modern di Indramayu

Pesantren salaf modern di Indramayu ini memiliki kelebihan dalam beberapa aspek. Pertama adalah identitas Al Quran. Setiap santri di pesantren ini wajib memiliki bacaan Al Quran yang fasih. 

Kedua adalah penguasaan kitab kuning. Rasanya bukan pesantren NU kalau tidak bisa membaca dan memahami kitab kuning dengan lancar. Nahwu sharf adalah ilmu alat yang wajib dikuasai.

Ketiga, memiliki kemampuan bahasa arab dan inggris. Ini yang menjadi ciri pesantren modern. Tidak hanya kemampuan bahasa arab tapi juga wajib bahasa inggris. Sehingga santri bisa bergaul secara internasional. 

Keempat, memiliki ibadah khas ala ahlus sunnah wal jama’ah. Yaitu ala Nahdhatul Ulama. Di antara yang menjadi rutin adalah ratibul haddad. Yaitu dzikir dan doa yang disusun oleh Habib Muhammad Al Haddad. 

Kelima, memiliki akhlaq karimah. Salah satu identitas yang melekat pada pesantren-pesantren NU adalah akhlaqnya yang luhur, tawadu’ dengan keilmuannya yang tinggi. Seperti pesantren-pesantren ternama, Sidogiri Pasuruan, Langitan Tuban, dan lain sebagainya.

Kegiatan Harian Santri Darul Ma’arif

Kegiatan di pesantren ini akan dimulai pada pukul 3:30 melalui shalat tahajud yang dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah, dan membaca ratibul haddad. 

Pukul 05:00 akan diberikan kosakata bahasa seperti layaknya di pesantren modern seperti Gontor Ponorogo.

Kegiatan akan dilanjutkan dengan pembacaan asmaul husna dan shalat dhuha pada pukul 06:30-06:55. Selanjutnya adalah kegiatan sekolah formal. 

Nantinya pada pukul 13:30 hingga ashar akan masuk pelajaran pondok. Sehingga pelajaran pondoknya tidak tersingkirkan oleh formal. Porsinya cukup besar. 

Sedangkan di waktu sore santri akan menikmati ekstrakurikuler dan olah raga sesuai dengan minat dan bakat masing-masing santri. Nantinya dilanjutkan dengan makan sore dan persiapan shalat magrib.

Selepas maghrib kegiatan di pesantren Darul Ma’arif Kaplongan dikhususkan untuk membaca Al Qur’an di tempat yang sudah ditentukan. 

Sedangkan di waktu malam, 20:00-21:00 santri kembali mengaji kitab. Oleh sebab itu pembelajaran umum dan diniyyah berjalan dengan seimbang tidak melemahkan antara satu dengan yang lain. 

Dari kegiatan ini terlihat tiga aspek dominan, yaitu kegiatan dzikir dan membaca doa yang cukup sering dilakukan, kemudian pendidikan di sekolah waktu pagi, plus diniyyah di siang dan malam hari.

Fasilitas Pesantren Kaplongan

Biasanya pesantren NU memiliki fasilitas yang standard, namun di pesantren Darul Ma’arif Kaplongan ini justru berlebih. Dimulai dari kamar yang menggunakan pendingin, jadinya sejuks. 

Kemudian untuk satu kamar 10 orang maksimal satu kamar untuk putri, plus dua kamar mandi di dalam. Sedangkan untuk putra maksimal 20 orang. Kamar mandi tidak di dalam. Dipannya tingkat, mirip boarding school di Bogor, kalau ingin mengintip kemewahannya di sini.

Bahkan santri tidak perlu susah-susah untuk mencuci, karena ada layanan laundry, mulai dari mencuci, dan menyetrika pakaian. Jangan khawatir pula dengan makan. Satu hari tiga kali. 

Biaya Masuk Darul Ma’arif Indramayu

Adapun biaya masuk pesantren Darul Ma’arif Indramayu rata-rata di angka 12 juta hingga 14 juta, tergantung jenjang yang dipilih. Kami cantumkan di tahun 2021-2022, jika melihat di tahun 2023 tentu ada perubahan. 

SMP NU PutraRp1,100,000Rp12,187,500
SMA NU PutraRp1,100,000Rp12,512,500
SMK NU PutraRp1,285,000Rp14,892,500
SMK M.P PutraRp1,150,000Rp13,062,500
SMP NU PutriRp1,100,000Rp12,297,500
SMA NU PutriRp1,100,000Rp12,605,000
SMK NU PutriRp1,285,000Rp14,927,500
SMK M.P PutriRp1,150,000Rp13,172,500

Biaya masuk yang tertera sudah dengan biaya SPP satu bulan. Ada satu tambahan lagi yaitu biaya pendaftaran 300 ribu dan biaya medis 450 ribu. Mungkin Anda harus siap sekitar 15 jutaan untuk masuk pesantren di Karangampel ini.

Kalau ingin mendapatkan pilihan pesantren lain bisa kunjungi beberapa pesantren terbaik di Indramayu di link berikut ini. 

Alamat Lengkap Pesantren Darul Maarif

Adapun alamat lengkap pesantren berada di Jl Raya Kaplongan No. 28, Karangampel, Indramayu, Jawa Barat. Oleh sebab itu sering disebut dengan pesantren Kaplongan.

Untuk lebih jelas bisa komunikasi dengan 087838328240 – Usth Hanin Diva Fatimah Ma’rifah. Website resminya bisa dikunjungi di sini, https://darulmaarif.net/.

Jika ada kekeliruan informasi ini bisa dicantumkan di kolom komentar. Atau ada lembaga yang ingin direview cukup kirimkan biaya pendidikan dan brosur ke affany1986@gmail.com. Semoga bisa membantu pencari informasi lembaga pendidikan di Indonesia. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *