pesantren terbaik di NTB

3 Keunggulan Pesantren Tebu Ireng Jombang dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Tebu Ireng Jombang merupakan salah satu pesantren legendaris di Indonesia, khususnya bagi masyarakat kaum Nahdiyin. Karena pesantren ini didirikan oleh pendiri organisasi terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama. 

Hingga kini pesantren ini cukup eksis dan memiliki banyak kelebihan sehingga banyak orang tua ingin menyekolahkan anaknya di pesantren ini. Kami akan mengulas dari sejarah Pesantren Tebu Ireng Jombang, keunggulan pondok pesantren, fasilitas pondok pesantren, dan biaya masuk ponpes Tebu Ireng Jombang.

Profil Pesantren Tebu Ireng Jombang

Pesantren ini berdiri dengan landasan keterpanggilan hati untuk berdakwah di masyarakat. Tepatnya pada tahun 1899M, pesantren ini berdiri. Oleh sebab itu Tebu Ireng merupakan salah satu pesantren tertua di Indonesia mengalahkan Gontor Ponorogo. Lebih tepatnya seperti Tremas Pacitan, atau Langitan Tuban.

Didirikan oleh Romo Kiai Haji Hasyim Asy’ari, ulama karismatik di Jawa Timur sebagai pendiri Nahdlatul Ulama. Sehingga diberi julukan Hadratus Syaikh. Faktor ini pula yang menurut kami menjadi salah satu magnet dari pesantren Tebu Ireng Jombang.

pesantren tebu ireng jombang

Selanjutnya pesantren Tebu Ireng tumbuh berkembang hingga sekarang dengan santri ribuan. Kami beberapa kali hadir di pesantren ini dalam kunjungan non formal. Luas, dan memang sudah mapan sebagai sebuah pondok pesantren. 

Identitas Pendidikan Pesantren

Ini yang menurut kami menarik. Kami pernah berkunjung ke pesantren ini tahun 2005, dan beberapa kali hingga tahun 2019. Ada perubahan identitas pendidikan di pesantren Tebu Ireng. 

Tebu Ireng Jombang bisa dikatakan merupakan tonggak contoh pesantren berwarna nahdiyin, NU. Tentu karena asuhan dari pendiri NU, sehingga menjadi salah satu kiblat di antara banyak pesantren tradisional di Indonesia. 

Identitas pendidikan yang dimiliki saat itu adalah salafiyah dengan menekankan kepada penguatan pemahaman tentang pengetahuan Islam berbasis kitab-kitab klasik. Sehingga pendalaman akan nahwu, sharf, juga keilmuan bahasa arab lainnya menjadi sangat dominan. 

Identitasnya seperti Sidogiri Pasuruan. Cara berpakaian pun dominasi menggunakan sarung, kemudian koko, kopyah dan lain sebagainya. Namun demikian seiring berkembangnya zaman, identitas pendidikan di Pesantren Tebu Ireng Jombang bergeser ke modern. 

Terutama sejak kepemimpinan Gus Sholah di tahun 2006. Dalam sudut pandang kami, memang tidak banyak yang mampu ajeg dengan perubahan zaman seperti sekarang. Rata-rata bergeser, begitu pula dengan Tebu Ireng Jombang. Tentu semua demi kebaikan. 

Warna Modern di Pondok Pesantren

Sebenarnya di Indonesia istilah pesantren modern lebih dipopulerkan oleh pesantren Gontor Ponorogo. Tandanya sederhana, sistem pendidikan tidak lagi menggunakan sorogan, bandongan, tapi sudah klasikal dengan sistem kurikulum yang pasti menggabungkan antara formal dan diniyyah. 

Namun di era seperti sekarang modern tidak murni diartikan demikian. Modern berarti ada pendidikan formal mengikuti pemerintah. Modern juga berarti ada pendidikan bahasa asing. Modern juga berarti fasilitas. 

Tebu Ireng bertransformasi perlahan tapi pasti sebagai pesantren yang memiliki pendidikan formal sangat beragam. Mulai jenjang SMP, SMP Sains seperti yang ada di Pesantren Sragen, MTs Salafiyah,  MTs Sains, MA Salafiyah, SMA, SMA Trensains, SMK, ada pula Madrasah Mu’allimin. 

Terlihat keragaman yang begitu banyak. Pesantren Tebu Ireng memfasilitasi setiap calon santri yang menginginkan pendidikan beragam dan berada di pesantren.

Dalam sudut pandang kami, Tebu Ireng yang sekarang menjadi lebih dikenal sebagai pesantren modern seperti Darul Ulum Jombang, dengan varian pendidikan yang cukup banyak. Gedung-gedungnya pun terlihat lebih indah. 

Menurut kami inilah salah satu keunggulan pesantren Tebu Ireng Jombang. Karena tidak banyak pesantren memiliki jenjang pendidikan yang cukup banyak. Rata-rata hanya satu atau dua jenis. Sidogiri identitasnya satu, salafiyah, Gontor juga satu Modern, Isy Karima Solo yang sedang naik daun juga satu IPA Tahfidz Quran. 

Oleh sebab itu siapa saja yang ingin masuk Pesantren Tebu Ireng Jombang bisa memilih sesuai keinginan dan kemampuan. Inilah keunggulan pesantren Tebu Ireng Jombang.

PanduanTerbaik.id

Dengan demikian Tebu Ireng saat ini dikenal dengan sekolah Islam Terpadu mirip dengan full day school dan Boarding School dengan tetap mempertahankan identitas kepesantrenannya. 

Fasilitas Pondok Pesantren Tebu Ireng

Fasilitas Pondok Pesantren Tebu Ireng juga menjelma tidak seperti dulu lagi. Kalau dulu kamar mandi dan lain sebagainya seperti pesantren salafiyah tradisional. Namun sekarang lebih tertata rapi dan bersih. 

Ada biaya untuk sprei dan sarung bantal dalam item biaya masuk menandakan jika saat ini secara tidur juga ditata dengan rapi. Sehingga dari sisi kesehatan santri tidak perlu khawatir. 

Kamar Pondok Pesantren Tebu Ireng

Begitu pula dengan kamar Pondok Pesantren Tebu Ireng. Dulu hanya tersedia tempat menyimpan pakaian, almari untuk santri di kamar, kasur tipis. Namun kini juga tersedia ranjang tingkat untuk santri. 

Tentu tidak semewah boarding school yang satu kamar diisi sedikit orang. Satu kamar masih diisi belasan santri. Namun secara kenyamanan jauh lebih baik dibandingkan dengan pesantren-pesantren tradisional. 

Biaya Masuk Pesantren Tebu Ireng

Untuk biaya masuk pesantren Tebu Ireng antara satu jenjang dengan yang lain hampir sama. Di angka 9,2 hingga 9.9 juta. Namun yang paling tinggi biaya masuk pesantren Tebu Ireng di jenjang Trensains yang mencapai hampir 11 juta rupiah.

Sedangkan biaya bulanan pesantren Tebu Ireng Jombang antara 1.2 hingga 1.6 jutaan. Biaya sebesar ini jika merujuk pada pesantren lainnya di Jawa Timur masuk ke kelas menengah atas. Seperti pesantren modern lainnya semacam Darul Hikam Mojokerto

Alamat Pondok

Untuk alamat pesantren berada di samping jalan utama Jombang ke Kediri. Tepatnya Jl. Irian Jaya No.10, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang. Jika ingin mendapatkan Google Maps ke Pesantren Tebu Ireng bisa ikuti arah ini.

Website resmi ponpes Tebu Ireng bisa dikunjungi di sini.

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *