7 Pesantren Terbaik di Lampung Timur | Disertai Biaya Masuk

Posted by

Pesantren terbaik di Lampung Timur versi kami adalah pesantren-pesantren yang memiliki reputasi tinggi di pengguna, salah satu ukurannya adalah rating di Google. Dipadukan dengan review yang tersebar, plus pertimbangan subjektif kami.

Kami menghimpun dari pesantren modern, pesantren tradisional, pesantren tahfidz Quran, bahkan pesantren di Lampung Timur yang memiliki pengaruh besar. Kami review satu persatu terutama dari sisi kelebihan yang dimilikinya. Nomor yang tertera bukanlah ranking.

Assahil Islamic Boarding School

Secara nama yang tertera adalah boarding school, namun konsepnya sangat identitk dengan pondok pesantren. Alamatnya di Jl. Kauman, RT.004, RW 006, Ds. Tanjung Wangi, Kec. Waway Karya. Berdiri dari tahun 1980-an, sehingga sudah mapan dalam menyelenggarakan lembaga pendidikan.

Identitas paling kuat dari pesantren ini adalah aspek pendidikan formal dan tahfidz Quran. Untuk pendidikan formalnya memiliki jenjang SMP dan SMA untuk putra dan putri. Pernah meraih nilai tertinggi rata-rata UN sub rayon pada tahun 2017/2018.

pesantren terbaik di lampung timur

Prestasi juga diraih di aspek Al Quran. Pesantren ini pada tahun 2018 meraih juara tingkat provinsi Lampung. Yaitu Musabaqah Fahmil Quran. Oleh sebab itu ponpes ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Lampung Timur.

Biaya masuknya juga tidak terlalu mahal, sekitar 6.150.000 dengan biaya bulanan sekitar 550 ribu. Menurut kami angka ini tidak terlalu mahal dibandingkan pesantren terbaik di Lampung lainnya. Website resminya di sini, https://assahil.org

Ponpes Darussalamah

Ini merupakan pesantren salafiyah, yang artinya adalah menjaga tradisi dalam pembelajaran, terutama dalam aspek kitab kuning. Alamat lengkapnya adalah Braja Dewa, Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur.

Namun yang istimewa dari pesantren ini adalah pengaruhnya di Lampung yang cukup besar di antara para tokoh, ulama, juga pesantren lainnya. Bahkan presiden Joko Widodo pernah hadir ke pesantren ini. Oleh sebab itulah menjadi salah satu pesantren terbaik di Lampung Timur.

Bahkan harlah NU juga pernah diadakan di pesantren ini. Kalau dari jumlah santri masih standard, tidak banyak sekali seperti Tebu Ireng, atau Darunnajah, tapi juga tidak sedikit. Tempatnya juga tidak terlalu mewah, sederhana.

Namun demikian pesantren ini memiliki kelebihan dalam pembelajaran kitab kuning. Ilmu alat dikuasi benar-benar oleh santri sehingga mampu mengkaji kitab gundul. Padahal hal demikian sekarang semakin menipis. Sayangnya kami tidak berhasil mendapatkan biaya masuk.

Pesantren Riyadlatul Ulum Batanghari

Satu lagi pesantren terbaik di Lampung Timur adalah Riyadlatul Ulum yang beralamat di Jalan Pesantren Riyadlatul Ulum Bumiharjo 39 B, Kecamatan Batanghari. Model pendidikannya ada formal di jenjang MTs dan MA, bahkan ada perguruan tinggi.

Ada diniyah di waktu selepas pembelajaran formal dengan materi seperti Tauhid, Akhlaq, dan Tajwid. Pesantren ini juga punya takhassus, yaitu pembelajaran khusus pada materi Nahwu, Sharf, dan Fiqh. Yang paling istimewa memang pada aspek ini.

Untuk pembelajaran kitabnya dengan model khas pesantren NU, sorogan dan bandongan. Kegiatan rutin seperti manaqib juga dijalankan. Kemudian ada juga ro’an bersama. Barjanji dan kegiatan khas lainnya.

Sedangkan untuk biaya masuk di kisaran 3.2 untuk jenjang MA, dan 5 juta untuk pendidikan MTs. Adapun biaya bulanannya sebesar 360. Termasuk pesantren murah di Lampung Timur tapi berkualitas. Website resminya bisa dikunjungi di sini, http://riyadlatululum.org

Pondok Pesantren Subulussalam

Pesantren ini terletak di Raman Utara, Lampung Timur. Dari model pendidikannya, pesantren ini lebih ke model sekolah Islam terpadu, atau sekolah Islam unggulan namun dengan basis pesantren. Sehingga menjadi pendidikan berbeda di tengah pesantren salafiyah.

Fokusnya selain pendidikan formal di jenjang SMP dan SMA adalah Bahasa arab dan tahfidz Quran. Bahkan jika akan masuk jenjang SMA, namun belum menguasai Bahasa arab, maka harus masuk kelas khusus masa persiapan terlebih dahulu selama satu tahun.

Untuk bahasa arabnya full selama 24 jam, kemudian untuk jenjang SMP memiliki target hafalan Quran sebanyak enam juz. Jumlah yang cukup banyak untuk jenjang SMP. Tahfidz Quran memang menjadi program wajib di pesantren ini.

Diakui kami secara fasilitas, pesantren ini memang cukup baik. Kamar menggunakan ranjang bertingkat, kemudian terlihat bersih dan representatif.

Oleh sebab itu biaya masuknya lumayan, hampir 11 juta, sedangkan untuk SPP bulanan sekitar 850 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di https://subulussalam.net

Pesantren Modern Minhajut Thullab

Yang satu ini adalah pesantren modern di Lampung Timur. Alamatnya di Jl. Syuhada Km. 3 Labuhan Ratu Baru Kec. Way Jepara. Pesantren ini bahkan memiliki program khusus informatika di jenjang SMP.

Namun demikian ada tiga identitas kuat di pesantren ini. Pertama adalah pendidikan formalnya yang cukup variatif, terutama programnya cukup kekinian. Kedua adalah pendidikan diniyyah yang santri akan mendapatkannya di waktu sore hari dan malam hari.

Ketiga adalah ibadah rutin yang cukup baik, seperti yasinan, baca Al Mulk, Al Waqiah, Asmaul Husna dan lain sebagainya. Sehingga bisa dikatakan banyak program ibadah untuk perbaikan akhlaq santri. 

Biaya pendidikan di pesantren ini tertulis dalam satu tahun 8.5 juta, kemudian ada biaya lain-lain sekitar satu jutaan. Info lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://mt-lampung.org/

Pesantren Gontor 8

Ini merupakan cabang dari pesantren Gontor Ponorogo Pusat. Alamatnya di di Desa Labuhan Ratu VI kecamatan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur. Secara identitas pendidikan bisa dikatakan sama dengan yang ada di Ponorogo.

Kelebihan pesantren Gontor adalah pada aspek pembelajaran agama dan umum yang sudah menjadi satu di kelas melalui kurikulum yang bernama KMI. Sehingga pembelajaran di luar kelas fokus pada tiga aspek.

Pertama adalah pembangunan karakter melalui disiplin yang tinggi. Kedua adalah pembelajaran bahasa. Gontor dikenal sebagai pesantren yang mengamalkan dwi bahasa dengan baik. Terakhir adalah peningkatan kreativitas santri melalui kegiatan ekstra. Lebih lengkap tentang kelebihan pesantren Gontor bisa dibaca di sini

Adapun biaya masuk, setahu kami jumlahnya mengikuti pusat, yaitu sebesar 5.5 juta. Adapun untuk bulanannya sebesar 640 ribuan. Jika ditambah uang jajan, mungkin sebulan kisaran satu juta. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini

Pesantren Khidmatussunnah Lampung Timur

Dari namanya pesantren ini berkiblat pada pengamalan sunnah dalam kesehariannya. Mulai dari cara berpakaian dan lain sebagainya. Untuk alamatnya di sini, Ds. Adirejo, Kec. Pekalongan, Kab. Lampung Timur.

Pesantren ini memiliki jenjang bertingkat, untuk yang pesantren dimulai dari jenjang SMP yang dinamai dengan salafiyah wustho program tahfidz. Bisa menerima putra dan putri. Ada juga yang program setara SMA.

Nah di sisi lain ada program khusus tahfidz Quran intensif. Pendidikan ini memang difokuskan untuk hafal hingga 30 juz. Sehingga menjadi program khusus. Yang terakhir adalah program pengkaderan dai.

Santrinya tidak banyak. Model pesantren demikian biasanya menggunakan kuota untuk pendaftar. biaya masuknya tertulis enam juta, tapi ini ditahun 2017. Mungkin kalau sekarang sudah di angka 8 jutaan. Informasi lebih lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://khidmatussunnah.com

Daftar Pesantren di Lampung Timur

Inilah beberapa daftar pesantren di Lampung Timur yang terbaik menurut kami. Tentu masih banyak pesantren terbaik lainnya yang belum berhasil kami himpun karena keterbatasan informasi.

Jika ada lembaga pendidikan yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com, kami akan membantu review agar muncul informasi di internet. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *