pondok pesantren terbaik di Jakarta

Mengapa Pesantren Darunnajah Jakarta? Rahasia Ponpes di Kota

Posted by

Pesantren Darunnajah Jakarta | Perkembangan lembaga pendidikan di Indonesia begitu pesat, terutama di sisi pesantren. Salah satu yang berpengaruh di peta perkembangan pesantren adalah Darunnajah Jakarta, selain pesantren berpengaruh seperti Sidogiri, Gontor dan lain sebagainya. 

Kami ingin mengulas apa sebenarnya kelebihan Pesantren Darunnajah dan bagaimana seluk beluk Pesantren di Ulujami Jakarta Selatan. Kami menghimpun berdasarkan beragam informasi yang kami miliki, serta kunjungan tidak resmi ke pesantren tersebut.

Profil Ponpes Darunnajah Jakarta 

Pesantren ini didirikan pada tahun 1974 oleh KH. Abdul Manaf dan dua rekannya. Di antara pesantren besar lain di Jakarta, Darunnajah tergolong pendahulu. Bandingkan dengan Pesantren Darul Rahman yang berdiri pada 1975, kemudian As Sidqiyah berdiri 1985. 

Model sistemnya sangat mirip dengan Gontor, ini memang pondok pesantren alumni Gontor di Jakarta. Dari mencantumkan panca jiwa yang menjadi ruh dari pendidikan di pondok pesantren juga terinspirasi dari Gontor Ponorogo. 

Yang menarik pesantren ini bisa dikatakan menjadi tonggak sejarah pesantren modern di tengah kota. Letaknya cukup strategis dan menjadi kiblat bagi pesantren-pesantren yang berada di tengah kota lainnya. 

Bahkan kini memiliki 17 cabang di seluruh Indonesia. Beberapa di antaranya kami ulas menjadi pesantren terbaik di wilayah masing-masing (versi panduanterbaik.id), seperti pesantren terbaik di Riau

Kurikulum Pesantren Darunnajah

Namun demikian warna Gontor tidak serta merta 100%, seperti layaknya pesantren alumni Gontor yang juga menyesuaikan dengan wilayah masing-masing. Pesantren Darunnajah mengkombinasikannya dengan kurikulum nasional, dan kurikulum salaf.

Semua diajarkan klasikal, di kelas, pendidikan agama Islam diajarkan menggunakan bahasa arab, pendidikan bahasa inggris diajarkan dengan bahasa inggris, kemudian pendidikan umum dan eksakta diajarkan berbahasa Indonesia. 

Nama kurikulumnya TMI, memiliki nama sendiri dengan jenjang enam tahun, seperti layaknya KMI Gontor. Setara SMP dan SMA. Biasanya menggunakan istilah mu’adalah dari kemenag yang diakui secara nasional. 

Kalau lulus SD masuk tingkat enam tahun (SLTA), jika lulus SMP dan masuk pesantren akan digolongkan ke kelas intensif. 

Kombinasi kurikulum yang demikian kemudian menjadi identitas Ponpes Darunnajah. Di kelas bisa dikatakan kurikulumnya sudah dipadukan dengan kurikulum nasional. Di luar kelas dipadukan dengan kurikulum salafiyah seperti ciri khas pesantren di wilayah Jakarta, Bekasi dan sekitarnya. 

Bukan pagi sekolah, sore diniyyah. 

Karakteristik Pendidikan Pesantren Darunnajah

Dari cara berpakaian, dalam masuk kelas khas pesantren modern, berkemeja, celana, kadang dalam satu even tertentu berdasi. Tapi dalam beribadah memiliki cara seperti pondok salafiyah dengan kopyah putih, kemeja putih, sorban dan lain sebagainya.

Pesantren Darunnajah Jakarta tidak berkiblat pada satu ormas tertentu, di sinilah menjadi nilai unggul dari pesantren di tengah kota yang memang tidak mau terlalu pusing dengan hal tersebut. Yang terpenting anaknya terdidik dengan agama yang baik. 

PanduanTerbaik.id

Untuk pendidikan di luar kelas diajarkan banyak aspek, dari berbahasa arab dan inggris. Porsi pemberian kosakata bahasa memiliki porsi besar, di waktu pagi juga di waktu malam. Cukup baik, sehingga santri bisa memiliki pengetahuan bahasa yang baik.

Identitas lainnya adalah ekstrakulikulernya yang melimpah. Dari mulai olahraga, kesenian, ketrampilan, teknologi, akademik, dan beragam life skill lainnya. Di sinilah sebenarnya pendidikan karakter berjalan di pesantren. 

Hanya saja dalam aspek antara santri putra dan putri memiliki model yang terpisah namun tidak jauh. Tentu sudah diperhatikan aturan tentang bagaimana cara dan disiplin agar menjaga antara hubungan laki-laki dan perempuan di pesantren.

Fasilitas Santri dari Asrama hingga Makan

Ini merupakan pesantren di tengah kota, maka unsur fasilitas menjadi sesuatu yang patut diperhatikan. Untuk kamar memakai ranjang tingkat, mirip dengan Islamic Boarding School. Setiap orang mendapat almari. Namun jumlah santrinya tidak sedikit, ada yang belasan.

Untuk kelasnya lebih identik dengan pesantren, bukan kelas kecil seperti SMP SMA unggulan. Untuk fasilitas lainnya menurut kami sangat cukup, seperti kamar mandi, ruang terbuka, untuk santri berjumlah 3000-an memadai. Bisa dilihat dari masjidnya yang begitu baik.

Untuk makannya tersedia setiap asrama, jadi tidak lelah harus ke satu pusat tempat makan bersama. Ada laundry, kolam renang, cukup nyaman. Pesantren Darunnajah Jakarta berusaha melayani dengan baik santri-santrinya. 

Nah yang menurut kami cukup bagus adalah taman-tamannya, tertata dengan rapi, sehingga meskipun pondok pesantren di tengah kota, tapi keadaannya cukup nyaman. Oleh sebab itu masuk dalam pesantren terbaik di Jakarta. 

Biaya Masuk Pendaftaran

Untuk biaya masuk bisa dikatakan standard untuk kelas di tengah kota. Sekitar 25 jutaan. Sedangkan untuk SPP sekitar 1.5 juta. Nanti bisa diperiksa terkait biaya masuk Pesantren Darunnajah Jakarta di website resminya di sini. 

Jika dibandingkan pesantren yang lain di Jakarta bisa dikatakan berada di kelas menengah atas. Menurut kami hal itu karena pendidikan dan fasilitas yang sudah diberikan kepada para santri. 

Jika Anda ingin pendidikan pesantren gratis di Jakarta bisa dilihat di sini.

Pesantren Darunnajah Jakarta

Alamat Darunnajah Jakarta

Untuk Pesantren Darunnajah Jakarta memiliki alamat di Jl. Ulujami Raya No. 86 Pesanggarahan. Cukup strategis di wilayah Jakarta Selatan. Pasti macet masuknya, namun dinikmati saja.

Inilah segala informasi tentang kekurangan dan kelebihan Pesantren Darunnajah Jakarta yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi info bermanfaat bagi wali santri. Jika pesantren Anda ingin direview bisa kirimkan bahan-bahan ke affany1986 at gmail.com.

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *