11 Pesantren Terbaik di Riau | Mewah dan Gratis

Posted by

Pesantren Terbaik di Riau | Dikenal dengan sebutan Lancang Kuning, itu artinya wilayah Riau memiliki tradisi agung yang diibaratkan dengan sebuah perahu besar berwarna kuning bernakhoda mahir dan terampil. 

Di sisi lain tradisi agama di Riau juga sangat tinggi, ulama begitu diagungkan. Oleh sebab itu banyak pesantren terbaik di bumi sawit ini. Panduanterbaik.id merangkum beberapa pesantren terbaik di Riau, dari pesantren modern, tahfidz Quran, bahkan pesantren teknologi. 

Pesantren Teknologi Riau

Menurut kami ini merupakan pesantren spesialis yang unik. Biasanya spesialis Fiqh, atau Nahwu Shorf, tapi ini pesantren spesialis teknologi. Maksudnya adalah menyiapkan santri yang menguasai pendidikan teknologi.

Bentuknya adalah setiap jenjang memiliki identitas khusus dalam teknologi. Di jenjang Tsanawiyah tersedia teknologi terapan pertanian. Di Aliyah teknologi terapan agrikultural dan komputer. Sedangkan SMK ada teknik kendaraan dan multimedia. 

Plus setiap jenjang memiliki akreditasi A. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Riau. Sedangkan untuk pendidikan pesantren ada kajian kitab kuning yang nantinya didalami.

Beralamat di Jalan Raya Pasir Putih, Kampar, pesantren ini memiliki biaya masuk sebesar 8,9 juta. Sedangkan untuk bulanan sebesar 900 ribuan. Informasi lengkap bisa kunjungi websitenya di sini, https://pptr.sch.id

Umar bin Khattab Pekanbaru 

Pesantren ini memiliki alamat di jl. Garuda Sakti, KM. 9 Kampar ada pula yang beralamat di Jl. Delima Gg. Delima XII No. 16 Kelurahan Delima Kec. Tampan Kab. Pekanbaru. Pesantren ini fokus pada aspek pendidikan salafiyah dan tahfidz Quran.

Santri akan dididik dengan program selama enam tahun dengan jenjang pertama, setingkat SD, targetnya adalah hafal 12 juz dan dibekali pembelajaran ilmu umum untuk UAN.

Jenjang kedua adalah Salafiyah wustho dan ulya, jika digabung enam tahun, yaitu setara dengan jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. Targetnya hafal 12 juz, plus menguasai membaca kitab kuning. Ada juga program khusus tahfidz Quran untuk 30 juz.

Pesantren ini bahkan menjuarai Membaca Kitab setingkat SMA se-Provinsi Riau pada tahun 2015-2016. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Riau. Informasi lengkap bisa kunjungi website resmi di sini, http://www.pontren-ubkriau.sch.id/

Pesantren Tahfidz Quran Ummul Quro

Nah kalau yang satu ini adalah pesantren yang fokus pada tahfidz Quran. Bahkan dari namanya sudah terlihat jelas. Alamatnya di jl. Semangka Kel. Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru.

Target pembelajaran di pesantren ini adalah menjadi hafidz Quran 30 juz selama 6 tahun. Target lainnya adalah mampu membaca kitab kuning tanpa harokat. Serta hafal beberapa hadist pilihan. Setiap siswa juga memiliki kemampuan berbahasa arab dan inggris secara aktif.

Namun demikian santri di pesantren ini tidak terlalu banyak, setiap pendaftaran ada kuata khusus, terbatas. Sehingga tidak semua bisa diterima. Namun karena itu juga santri memiliki fasilitas yang nyaman. Seperti hanya 12 orang satu kamar. Masjid full AC dll.

Biaya masuk pesantren ini sebesar 7,5 juta. Sedangkan bulanannya sekitar 990. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://www.ponpesummulquro.com/

Al Anshor Sunnah Kampar

Satu lagi pilihan kami pesantren terbaik di Riau jatuh ke pesantren Al Anshor Sunnah. Alamatnya di  Air Tiris, Kampar. Pesantren ini sederhana, tapi memiliki jenjang pendidikan lengkap. Khas pesantren salafiyah.

Pendidikan di pesantren ini ditunjang formal seperti Tsanawiyah dengan akreditas A, dan Aliyah. Sedangkan untuk pendidikan keislaman pesantren yang menjadi inti adalah tahfidz Quran dan hafalan hadist.

Dari nama pesantren ini yang mencantumkan sunnah, maka secara keseharian banyak mengamalkan sunnah baik dari ibadah hingga cara berpakaian. Oleh sebabitu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Riau. 

Untuk biaya masuk pesantren ini sekitar 4 juta, sedangkan untuk SPP sekitar 900 ribuan. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://ponpes-anshor-alsunnah.sch.id/

Pesantren Ibn Kasir Rumbai

Kali ini pesantren terbaik di Riau yang kami pilih adalah Ibn Kasir yang beralamat di Jl. Lintas Pekanbaru-Minas Kel. Muara Fajar, Kecamatan Rumbai, Pekanbaru. Bisa dikatakan pesantren ini punya kelebihan dalam kenyamanan.

Ya pesantren ini memiliki tempat yang terbilang nyaman untuk santri. Dari ranjangnya setiap anak mendapatkan ranjang bertingkat. Kelasnya di saung, bukan karena tidak ada kelas, tapi memang beberapa diciptakan demikian. Cobalah berkunjung ke pesantren ini.

Sedangkan untuk pendidikan ada formalnya di jenjang MTS, dan MA. Ada satu program lagi yang istimewa, yaitu kelas khusus untuk persiapan bahasa. Ekstra kulikulernya juga baik, ada berkebun, robotik, berkuda, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk biaya masuk memang cukup mahal, hehehe. MTS 12 juta, MA 15 Juta, I’dad lughowi 15 juta. Pesantren ini bisa jadi pilihan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://ibnukatsirriau.com

Pesantren Modern Al Harakah Dumai

Ini merupakan cabang dari pesantren Darunnajah Jakarta, pesantren alumni Gontor yang memiliki cukup banyak cabang di Indonesia. Alamatnya di Jl. Harapan RT. 04 Kelurahan Bukit Kayu Kapur, Kec. Bukit Kapur, Dumai.

Salah satu yang menarik dari pesantren ini adalah tidak berafiliasi dengan ormas, sehingga model pendidikannya netral. Programnya disebut TMI, yaitu kombinasi antara pendidikan agama dan formal dijadikan satu dalam waktu enam tahun. 

Kelebihan lain dari pesantren dengan model demikian adalah pendidikan karakter dan kedisiplinan, terutama di asrama karena menganut sistem manajemen pesantren modern. Ekstra kulikuler santri juga melimpah, dari berbagai macam olah raga hingga seni, sehingga santri tumbuh di pesantren dengan senang. 

Informasi lengkap bisa kunjungi website resmi di sini.

Pesantren Dar el Hikmah

Ini merupakan pesantren yang tergolong tua di Riau. Berdiri pada tahun 1987, pesantren ini memiliki jumlah santri yang mencapai lebih dari 1500. Tergolong salah satu pesantren besar di Riau. Alamatnya Manyar Sakti, Simp. Baru, Tampan, Pekanbaru.

Yang menarik dari pesantren ini menurut kami adalah variasi program. Untuk jenjang biasa ada Tsanawiyah dengan akreditasi A, kemudian Aliyah juga akreditasi A jurusan Sains, Sosial, Religi. Ada pula SMK jurusan teknik informatikan dan perbankan syariah. 

Ada pula program khusus tahfidz hanya empat kelas, yaitu 15 juz untuk 3 tahun, dan 30 juz untuk 6 tahun. Kelasnya full AC. Pesantren ini juga sering berprestasi terutama dalam MTQ tingkat SMP se-Pekanbaru tahun 2019.

Untuk biaya masuk membutuhkan biaya 8.9 juta untuk reguler dengan SPP 1.2 juta, yang khusus tahfidz 9,1 juta. Adapun untuk SPP sebesar 1.4 juta. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di https://www.deha.sch.id.

Pesantren Gratis Nurul Huda Rokan Hulu

Pesantren terbaik di Riau selanjutnya adalah Nurul Huda. Alasan kami masukkan ke dalam daftar adalah pesantren ini gratis. Di tengah banyaknya lembaga pendidikan mahal, pesantren ini justru menghadirkan pendidikan tanpa berbayar.

Santrinya tidak banyak, sekali pendaftaran sekitar 40-an. Alamatnya di  Desa Dayo, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, pesantren ini hadirkan jenjang SMP. Kegiatannya cukup lumayan, dari latihan pidato, pramuka dan lain sebagainya.

Menurut kami secara kualitas cukup. Dengan segala kekurangannya pesantren ini layak jadi pilihan. Website resminya di sini, https://www.nurulhudaashsholihin.or.id/

pesantren terbaik di Riau
ilustrasi dari Pixabay.com

Pesantren Terbaik di Riau Anak Al Kahfi

Ini adalah pesantren tahfidz Quran. Namun bukan jenjang dewasa, ini adalah pesantren tahfidz Quran anak-anak untuk jenjang sekolah dasar. Alamatnya di Jalan Cipta Karya KM. 2 Panam Kelurahan Tuah Karya, Kec. Tampan, Pekanbaru.

Program tahfidznya selama 6 tahun, atau sesuai dengan jenjang SD. Jika ingin masuk pesantren ini minimal harus bisa baca Iqra 4. Dilatih dulu ya dari sekarang. Minimal ketika lulus hafal 10 juz.

Tapi pendidikan di dalamnya lebih banyak tahfidz Quran dari pagi hingga malam hari. Satu kelas berjumlah 30 orang. Ketika lulus tetap mendapatkan ijazah dan bisa melanjutkan ke SMP. 

Untuk biaya pendidikan sebesar 5.1 juta. Sedangkan untuk SPP sebesar 650 ribu. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://tahfidzalkahfi.com/

Ihsan Boarding School

Kali ini adalah boarding school yang beralamat di RT.03/ RW.04, Dusun IV, Desa Kubang Jaya Kec. Siak Hulu Kab. Kampar. Namanya Ihsan Boarding School. Berdiri pada tahun 2008. 

Boarding School lebih sering memberatkan pendidikan formal, istilahnya SMP IT, dan MA IBS. Pendidikan di sini untuk agama Islamnya memiliki target hafal 5 juz, dan 40 hadist. 

Pendidikan lainnya yang menonjol adalah peningkatan skil ketrampilan hidup seperti desain grafis, tata boga, musik islami, dan lain sebagainya. Ada juga target TOEFL dengan nilai 350.

Boarding School juga biayanya lumayan. Untuk SMP sekitar 16,9 juta, sedangkan untuk MA sekitar 17.1 juta. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://ibs.sch.id/.

Pesantren Terbaik di Riau dari Modern hingga Salafiyah

Inilah beberapa pesantren terbaik di Riau. Kami masukkan dari banyak daerah sesuai informasi yang kami himpun dari beragam sumber. Kekeliruan informasi mohon cantumkan di kolom komentar, akan kami perbaiki.

Untuk lembaga pendidikan jika ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya lengkap ke affany1986 at gmail.com. Kami akan review agar menjadi bantuan para pencari informasi lembaga pendidikan di provinsi Riau. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *