9 Pesantren terbaik di Aceh | Lahirkan Ulama Besar

Posted by

Pesantren terbaik di Aceh | Aceh dikenal memiliki wilayah khusus yang sering disebut sebagai Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Agama Islam menjadi identitas sangat kental, bahkan beberapa hukum Islam diterapkan. Oleh sebab itu pesantren baik cukup banyak.

Kami akan memilah beberapa pesantren pilihan di Aceh berdasarkan ketersediaan informasi, rating Google, juga beberapa aspek lain yang subjektif versi panduanterbaik.id. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda pencari informasi pesantren terbaik di Aceh. Nomor bukanlah ranking.

Pesantren Tahfidz Quran Sulaimaniyah

Pesantren terbaik di Aceh pertama yang kami ulas adalah Sulaimaniyah. Pesantren ini sebenarnya tidak hanya di Aceh, ada banyak tempat di Indonesia. Seperti di Surabaya dan Situbondo. Di Aceh juga beberapa tempat, di Tamiang dan Sabang.

Kelebihan dari pesantren ini adalah sistem pendidikan yang dimiliki, yaitu tahfidz Quran khas metode Usmani. Ada metode khusus yang membuat santri lebih melekat menghafal Quran. Tapi bukan sangat cepat. Ada waktu standard.

Kelebihan lain adalah dari faktor kehidupan santri yang serba modern. Cara berpakaian, memakai celana dan kemeja rapi ketika menghafal, plus makan juga enak. Tempat tinggal juga nyaman. Salah satu alamatnya di sini, Peuniti, Baiturrahman, Banda Aceh City.

Tapi semua kelebihan tersebut tidak bisa dibayar, seleksi sangat ketat, biaya ditanggung gratis, beberapa cabang hanya dibebankan biaya 500k setahun. Informasi lengkap di sini

Madrasah Ummul Quran Pagar Air

Satu lagi pesantren tahfidz Quran di Aceh, yaitu Madrasah Ummul Quran Pagar Air. Alamat lengkapnya Bineh Blang, Ingin Jaya, Aceh Besar. Pesantren ini di bawah naungan dinas pendidikan Dayah Aceh.

Kelebihan dari pesantren ini adalah tahfidz Quran bersanad. Maksudnya silsilah pembelajaran hafalan Qurannya jelas turun temurun guru hingga Rasulullah. Kemudian juga ada pembelajaran bahasa arab dan Inggris. 

Prestasinya dalam tahfidz Quran cukup mentereng. Pernah menjuarai lomba tahfidz Quran tingkat ASEAN yang dilaksanakan di Darunnajah Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, tiga peserta sekaligus meraih juara. 

Biaya masuknya 7.5 juta, sedangkan biaya bulanannya sekitar 700 ribuan. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://dayahmuqpagarair.com/

Misbahul Ulum Lhokseumawe

Pesantren terbaik di Provinsi Aceh selanjutnya adalah Misbahul Ulum Lhokseumawe. Beralamat di Jl Tgk. Chik Di Paloh Simp. IV Meuria Paloh – Kec. Muara Satu  – Kota Lhokseumawe. Ini adalah pesantren modern di Aceh.

Dari sistem pendidikan mengikuti model pesantren Gontor Jawa Timur, kurikulumnya sudah menggabungkan antara umum dan agama menjadi satu. Berdiri pada tahun 1995, pesantren ini memiliki santri lebih dari 1500. Tergolong pesantren besar di Aceh. 

Kelebihan dari pesantren berkiblat Gontor adalah pendidikan karakter. Santri diajarkan disiplin yang tinggi, penggunaan bahasa arab dan inggris, plus ektrakulikuler yang cukup banyak. Sehingga kreativitas santri muncul.

Biaya masuk pesantren Misbahul ulum kira-kira sekitar 4 jutaan. Sedangkan biaya SPP sekitar 700-an. Informasi lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://misbahululum.ac.id/

Pesantren Modern Chik Oemar Diyan

Pesantren terbaik di Aceh berikutnya adalah Chik Oemar Diyan. Identitasnya adalah modern yang berdiri pada tahun 1990. Alamatnya di Desa Krueng Lamkareung, Kec. Indrapuri, Reukih Dayah, Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar.

Ciri khas dari pesantren ini dalam sudut pandang kami adalah keseimbangan antara pendidikan agama dan umum. Hal ini terlihat jelas dari profil alumninya yang tidak hanya tersebar di perguruan tinggi dalam negeri, tapi juga perguruan tinggi luar negeri, seperti Mesir dan lain sebagainya.

Akreditasi pesantren ini juga A untuk jenjang MTS dan MA. Maka wajar jika santrinya mencapai 1100 lebih. Jumlah yang cukup besar. Bahkan santrinya meraih juara bahasa arab tingkat nasional di Jakarta pada 2018 jenjang MA.

Untuk biaya pendaftaran sekitar 4 jutaan. Sedangkan untuk SPP sekitar 700-an. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://www.oemardiyan.com/

Pesantren Alumni Gontor Al Falah Abu Lam 

Satu lagi pesantren terbaik di Aceh, yaitu pesantren Abu Lam. Beralamat di Jl. Lubuk – Seuneulop Lamjampok Kec. Ingin Jaya Aceh Besar. Pesantren ini nuansanya khas Gontor, pesantren ini pernah dipimpin oleh Dail Hikam hingga 2005, alumni Gontor.  

Identitas pesantren ini menurut kami pada aspek pendidikan formalnya, SMP dan SMA. Di antara kelebihannya adalah pembelajaran tiga bahasa, Arab sebagai bahasa pesantren, Inggris sebagai bahasa internasional, plus satu lagi bahasa jerman. 

Pesantren ini memang bekerjasama dengan lembaga Goethe Institut, lembaga pendidikan dari Jerman yang mendampingi dalam beberapa hal. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik.

Biaya masuknya tidak terlalu mahal, hanya sekitar 3 jutaan, sedangkan biaya SPP bulanannya sebesar, 650 ribu. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://www.alfalahabulamu.com/

Dayah Almanar Baronajaya 

Entah kenapa di Aceh cukup banyak pesantren Alumni Gontor, Almanar Baronajaya juga demikian. Pesantren beralamat di Ds. Lampermai Kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar.

pesantren terbaik di Aceh

Identitas dari pesantren ini dalam sudut pandang kami adalah pesantren modern dengan plus tahfidz Quran dan tahsin Quran. Kelebihan yang satu ini menjadi pembeda di antara pesantren modern lainnya. Tentu aspek pendidikan karakter dan ektrakulikuler yang melimpah menjadi kelebihan lainnya. 

Sisi lain dari pesantren Almanar adalah tempatnya cukup luas, santri putra putrinya juga cukup banyak, disiplinnya cukup baik. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Aceh. 

Biaya masuk sekitar 4 jutaan, sedangkan untuk biaya bulanannya sekitar 700 ribuan. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, https://almanar.ponpes.id/

Dayah Darul Ihsan Darussalam 

Pesantren selanjutnya pilihan kami adalah Darul Ihsan yang beralamat di Siem, Darussalam, Aceh Besar. Pesantren ini gabungan antara modern, salafiyah, dan kurikulum nasional. 

Sehingga bukan modern murni, karena ada pendidikan salafiyahnya. Bukan pula salafiyah murni karena metodenya lebih banyak klasikal. Jenjang pendidikannya cukup lengkap, dari Tsanawiyah, Aliyah hingga SMK.

Namun menurut kami yang menarik adalah pendidikan di SMK, jurusannya teknik komputer dan jaringan. Di antara materinya adalah pemrograman, website, dan lain sebagainya, sesuai dengan era millenial. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai pesantren terbaik di Aceh.

Biaya masuknya sebesar 5.5 juta, sedangkan untuk SPP sebesar 625 ribu. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://www.darulihsanabuhasan.com/

Pesantren Darussalam Aceh Selatan

Mungkin ini merupakan pesantren tertua di Aceh, yaitu Dayah Darussalam Labuhan Haji Barat. Berdiri pada tahun 1940, alamatnya di Blang Poroh, Labuhan H. Bar., Kabupaten Aceh Selatan.

Pesantren ini dikenal sebagai penghasil ulama-ulama di Aceh, mirip dengan Pesantren Sidogiri di Jawa Timur. Sehingga namanya sudah cukup harum. Santrinya pun mencapai kurang lebih 2200-an. Padahal pendaftarnya selalu membludak.

Pendidikan di pesantren ini menekankan pada penguasaan agama Islam. Kemampuan membaca kita kuning menjadi inti dari pesantren. Sisi istimewa lainnya adalah pendidikan akhlaq di pesantren ini cukup ketat. Sehingga lahir ulama-ulama yang ahli dalam bidangnya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Aceh. 

Biaya masuk pesantren juga sangat murah, khas pesantren yang ingin menyebarkan ilmu, hanya sekitar 1 juta saja, sudah termasuk spp satu tahun. Uniknya di pengumuman tertera, minimal santri berusia 14 tahun. 

Pesantren Babun Najah Ulee Kareng

Satu lagi pesantren terbaik di Aceh versi panduanterbaik.id adalah Babun Najah. Alamatnya di Doi, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Berdiri pada tahun 1994, pesantren ini sudah berkiprah lebih dari 20 tahun.

Bisa dikatakan pesantren ini merupakan kombinasi banyak kurikulum, dari formal dengan jenjang SMP dan SMA, ada pula pendidikan ngaji kitab kuning, ada pula tahfidz Quran meskipun tidak banyak (2 juz). Lengkap. 

Tempatnya sederhana, bangunan-bangunannya bertingkat, tenang. Cocok untuk pendidikan pesantren. Biaya masuknya sekitar 4.3 juta, sedangkan untuk SPP sebesar 700 ribuan. 

Pesantren Terbaik di Aceh 

Inilah beberapa pesantren terbaik di Aceh versi panduanterbaik.id. Mohon bisa cantumkan di komentar bila ada kesalahan informasi. Atau ada tambahan informasi lainnya yang dibutuhkan bagi para pencari informasi pendidikan.

Jika ada usulan pesantren terbaik bisa dicantumkan ke kolom komentar. Atau lembaga pendidikan Anda ingin direview cukup kirim brosur dan biaya lengkap ke affany1986 at gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *