5 Pesantren Terbaik di Parepare | Banyak Yang Gratis

Posted by

Pesantren terbaik di Parepare | Wilayah Parepare tidak terlalu besar. Hanya 99 kilometer persegi, hanya memiliki empat kecamatan dengan dua puluh dua kelurahan. Namun demikian Parepare justru besar karena melahirkan banyak tokoh. Terutama yang paling terkenal adalah BJ. Habibie. Presiden ke-3 dengan segudang prestasi dan kisah epik yang dimiliki.

Di sisi lain kota yang dihuni sekitar 140 ribu orang ini menyimpan beberapa pesantren terbaik. Di antaranya bahkan pesantren gratis di Parepare, pesantren tahfidz Quran, pesantren modern, dan pesantren tradisional. Panduanterbaik.id akan mengulas pesantren terbaik di Parepare versi kami berdasarkan informasi di internet, rating Google, dan pertimbangan subjektif kami.

Pesantren Gratis Al Mustaqim

Jika banyak pesantren menetapkan biaya untuk santrinya, bahkan semakin mahal hingga puluhan juta, pesantren terbaik di Parepare tidak menginginkannya. Pesantren Al Mustaqim justru menggratiskan segala hal untuk santrinya.

Segala hal karena tidak hanya sebatas biaya pendidikan, tapi juga alat tulis, makan, dan pakaian. Semua benar-benar gratis di pesantren yang berlamat lengkap di JL. Perum Polwil II Tassiso, Bacukiki tersebut. Asal dananya adalah Dana Abadi Umat Islam dari beragam donatur di seluruh Indonesia.

Kini yang belajar di pesantren ini tidak sedikit, ada lebih dari 600 santri yang datang untuk menimba ilmu. Pendidikan formalnya tersedia MTS dan Madrasah Aliyah. Sedangkan pendidikan keagamaannya juga lebih ditekankan ketika di asrama.

Hebatnya lagi, pesantren ini merangkul TNI dalam beberapa pembinaan. Terutama dalam aspek cinta tanah air. Info lengkap pesantren gratis di Parepare ini bisa hubungi, (0421) 3311324

Pesantren Tahfidz Quran Hidayatullah

Hidayatullah merupakan pesantren besar yang memiliki banyak cabang di Indonesia, pusatnya ada di Gunungtembak Balikpapan. Info lengkapnya di sini. Pesantren ini dikenal memiliki lembaga pendidikan yang cukup baik.

Di Parepare berdiri pesantren Hidayatullah Tahfidz Quran. Kegiatannya dimulai sekitar 1994 oleh Ust. Furqon. Pesantren ini memiliki jenjang pesantren SMP dan SMA dengan target hafalan sebanyak 30 Juz. Santrinya sekitar 150-an. Cukup lumayan banyak.

Identitas dari pesantren Hidayatullah adalah pendidikan Al Quran, Tauhid yang kuat, serta pendidikan Adab. Sehingga santri memiliki ciri-ciri tidak hanya mempelajari Islam, namun juga mengamalkan Islam dalam kegiatan sehari-hari santri. Bahkan yang putri rata-rata memakai cadar.

Di sisi lain santri juga belajar pendidikan bahasa Arab dan Inggris untuk komunikasi sehari-hari. Oleh sebab itu Hidayatullah menjadi pilihan pesantren terbaik di Parepare. Alamat lengkapnya di Jl. Sakina Kel. Bumi Harapan, Kec. Bacukiki Barat. Untuk info lengkap bisa hubungi Ahmad Sabil di 0853 4175 1017.

Pesantren Khusus Putri DDI

Tidak banyak pesantren khusus putri di Indonesia. Namun demikian ada satu pesantren terbaik di Parepare yang khusus putri, yaitu Darud Dakwah Wal Irsyad Lil Banat. Beralamat di Jl. Abubakar Lambogo, Ujung Lare, Kec. Soreang, pesantren ini tumbuh menjadi salah satu rujukan. Terutama untuk santriwati.

Jenjang pendidikannya cukup banyak, dari SD hingga Aliyah. Untuk pesantren jenjang Tsanawiyah dan Aliyah sudah terakridetasi dengan nilai A. Tentu hal ini sangat baik. Fokus pendidikannya IPA dan IPS. Untuk ketrampilan yang tersedia cukup banyak, namun yang identik adalah Tata Boga dan Tata Busana.

Adapun pendidikan agama yang di pesantren ini adalah kajian kitab kuning, tahfidz Al Quran, Bahasa Arab dan Inggris. Rata-rata pembina merupakan santri lulusan pesantren DDI. Sehingga paham betul dengan budaya dan tradisi pesantren.

pesantren terbaik di parepare
Pesantren DDI Lilbanat Sumber gambar di sini

Menurut kami tempatnya sederhana, namun cukup hijau. Nyaman sebagai tempat pendidikan santriwati menghadapi usia dewasa. Untuk info lengkap bisa menghubungi nomor berikut, Nurlela Halim, S.Pd.I (085242565162).

Pesantren Al Badar Lemoe

Satu lagi pesantren terbaik di Parepare yaitu Al Badar yang beralamat di Jl. Pesantren No. 10 Bilalang Kel. Lemoe, Kecamatan Bacukiki. Pesantren yang berdiri pada tahun 1996 ini dikenal memiliki penekanan pada pendidikan formal untuk jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. Keduanya memiliki akreditasi A.

Uniknya selain dua jenjang tersebut, tersedia pula jenjang SMP dan SMK dengan nilai akreditasi B. Prestasinya pun lumayan, pernah menjadi finalis di ITS Surabaya dalam lomba karya tulis ilmiah Smart Innovation, 2016. Tidak banyak pesantren yang mampu mencapai prestasi karya tulis ilmiah di ITS.

Dalam pendidikan agama, pesantren ini dikenal memiliki kajian kitab kuning dan tahfidz Quran. Seperti layaknya pesantren yang pagi sekolah sore belajar agama di madrasah diniyah. Plus ada pendidikan ketrampilan yang berupa peternakan seperti sapi kambing dan pertanian di perkebunan mangga.

Untuk biaya masuknya lumayan. Sekitar Rp5 juta. Sedangkan untuk SPP bulanan sebesar Rp680-an. Info lengkap bisa mengunjungi websitenya di al-badar.net

Istana Tahfidz Quran Anak-anak Parepare

Pesantren ini masih belum banyak memiliki informasi. Dibangung tahun 2019, pesantren ini memiliki identitas sebagai tempat tahfidz Quran usia anak-anak, 9 tahun. Santrinya masih sedikit. Namun yang menarik adalah gratis.

Pesantren yang berada di bawah naungan Nahdhatul Ulama ini fokus terhadap pembinaan anak-anak usia dini dan menanamkan Al Quran. Kelebihan pesantren yang baru dibangun adalah fokus terhadap pendidikan santrinya. Karena masih sedikit.

Info pendaftaran bisa hubungi Hannani Yunus (085242383369)

Pesantren Terbaik di Parepare Lainnya

Inilah beberapa pesantren terbaik di Parepare. Jika ada kesalahan informasi dan usulan pesantren terbaik mohon cantumkan pula di kolom komentar.

Jika lembaga atau pesantren Anda yang ingin diulas bisa mengirimkan brosur dan foto-foto pesantren ke affany1986@gmail.com. Karena ada beberapa pesantren terbaik yang belum dicantumkan karena minimnya informasi.



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *