Pesantren di Pandeglang Terbaik disertai Biaya Masuk

Posted by

Pesantren di Pandeglang memang sangat banyak. Wilayah ini dikenal sebagai salah satu kota pesantren di Provinsi Banten. Mulai dari modern hingga pesantren klasik dengan metode tradisional. Santrinya pun berasal dari banyak daerah di Indonesia.

Kami akan memberikan lima pilihan pesantren terbaik di Pandeglang versi kami. Salah satu dasar kami adalah jumlah pencarian dan rating Google. Kami hadirkan keunggulan masing-masing agar menjadi bahan pertimbangan. Nomor bukanlah ranking.

Pesantren Turus Pandeglang

Berdiri di tahun 1942, Ponpes Turus bisa dikenal sebagai salah satu pesantren di Pandeglang yang terbaik. Luasnya lebih dari tiga hektar. Alamatnya di Jalan raya Rangkasbitung KM 2.5 Pandeglang.

Secara identitas, ini adalah pesantren salaf, klasik yang mengedepankan aspek diniyyah atau kitab kuning namun sudah dikombinasikan dengan modern. Pembelajarannya pagi formal sore diniyyah mulai dari tafsir, hadist, tauhid, nahwu, sharf.

Pesantren Turus Pandeglang

Adapun untuk pendidikan formal tersedia mulai dari MTs, MA, bahkan ada khusus Madrosatul Quran. Meskipun demikian, secara sistem keseharian sudah modern.

Kalau dari fasilitas menurut kami standard. Biaya masuknya di tahun 2022-2023 sebesar Rp3.395.000. Untuk informasi biaya spp bulanan bisa kunjungi link ini sudah tersedia dengan lengkap.

Pesantren Putri Eksklusif Tahfidz Bersanad 30 Juz

Anda mencari pesantren tahfidz Quran 30 juz khusus putri, fasilitas mumpuni, bersanad ke Rasululllah, dengan dibimbing langsung oleh pengasuh dengan biaya masuk akal? Maka Darul Hikam Mojokerto adalah jawabannya. Informasi lengkap kunjungi link ini. Atau bisa menghubungi 0811 3520 100. (Adv)

Ponpes Kun Karima Majasari

Mungkin banyak yang asing dengan pesantren Kun Karima Pandeglang, tapi kalau mendengar Pesantren La Tansa pasti tidak asing. Nah ponpes Kun Karima adalah Pondok  La Tansa 3. Alamatnya di Stasiun Kadomas Kp Ciekek Hilir, Karaton Majasari.

Model pendidikannya adalah modern yang berkiblat ke pesantren Gontor Ponorogo. Yang berarti pendidikan agama dan formal sudah disatukan menjadi satu pendidikan di waktu pagi dalam kelas.

Keunggulan pesantren demikian adalah sisi bahasa asing yaitu arab dan inggris yang dijadikan bahasa komunikasi, plus di sini masih ada pendidikan atau kajian kitab kuning. Jadi sudah lengkap.

Adapun untuk fasilitas juga lengkap, dari akademik, hingga asrama, kantin dan sejenisnya. Biaya masuk Pesantren ini sekitar 9.2 juta. Adapun untuk SPP bulanan bisa dikunjungi melalui link ini.

Rihabul Ilmi Pandeglang Khusus Putri

Satu lagi pesantren di Pandeglang yang kami rekomendasikan adalah Rihabul Ilmi yang beralamat di Kp. Samaboa Lebak, Kelurahan Sukaratu, Kecamatan Majasari. Kalau yang ini lebih dikhususkan sebagai pesantren putri.

Baru berdiri di tahun 2016, ponpes Rihabul Ilmi memiliki kombinasi antara pendidikan formal, agama diniyyah plus tahfidz Quran. Jadi kegiatannya dari pagi hingga sore masuk kelas, tapi selepas subuh, selepas ashar, bahkan selepas magrib adalah tahfidz Quran.

Menurut kami keunggulan utamanya adalah ponpes khusus putri, bahkan dari desain tempat juga memanjakan putri, seperti banyak taman asri, hijau dengan pohon, belajar lesehan, bahkan ekstra juga banyak khusus putri.

Untuk biaya masuk masih cukup oke sebagai pesantren di Pandeglang, yaitu 4.5 juta, ini adalah tahun ajaran 2021-2022. Untuk informasi lebih lengkap tentang biaya bisa kunjungi link ini.

Pesantren Irhamna Bil Quran

Pesantren rekomendasi berikutnya di Pandeglang adalah Irhmna bil Quran. Alamat lengkap di Jalan Raya Pantai Carita Rt 01 Rw 01 Desa Parri, Kecamatan Mandalawangi. Ini pondok fokus pada Al Quran.

Program unggulannya ada dua, yaitu program tahfidz percepatan, adapun yang kedua adalah program tahfidz anak SD, MTs, dan Aliyah. Bisa dikatakan mau yang cepat atau reguler. Plus ada pembelajaran kitab kuning.

Secara fasilitas sudah sangat cukup. Mulai dari lemari, kasur, bantal, seragam sekolah. Ruang terbuka untuk bermain, dan masih banyak lagi. Sederhana tapi sudah cukup untuk santri.

Untuk biaya masuk di tahun 2022-2023 sudah lumayan, yaitu di angka Rp9.900.000. Perlengkapan sebesar Rp950.000. Untuk informasi SPP dan pendaftaran di link ini.

Pesantren Riyadhus Sholihin Cimanuk

Kalau Anda mencari pesantren yang sunnah-sunnah, maka ini adalah rekomendasi pesantren di Pandeglang. Salah satu cita-cita kuatnya adalah pemurnian dari kesyirikan, dan bid’ah. Alamatnya di Jalan Kadukacang KM. 0.5 Rocek Cimanuk.

Secara porsi pendidikan 40% adalah pendidikan umum, sedangkan sisanya adalah agama. Ini khas pesantren Sunnah di Indonesia. Ijazah yang didapat nantinya ijazah pesantren dan ijazah formal.

Model pendidikan formal menggunakan sekolah islam terpadu dengan jenjang SMP dan SMA. Namun bagi yang ingin khusus tahfidz Quran, bisa mengikuti program paket C. Begitu juga bagi yang ingin masuk pendidikan khusus ilmu syari’ah.

Menurut kami salah satu keunggulannya adalah aspek bahasa arab yang cukup baik. Kemudian ekstra juga unik, ada cyber club. Namun biaya masuknya tergolong paling mahal, sekitar 22 juta. Untuk SPP bulanan dan video profil bisa dilihat di link ini.

Pesantren Al Mizan Pandeglang

Pesantren terbaik di Pandeglang berikutnya adalah Ponpes Al Mizan. Di kota ini terdapat dua kampus, yaitu khusus putri di Jalan Amd Lintas Timur Kp Cikole Kecamatan Majasari. Sedangkan satu lagi adalah kampus khusus tahfidz di Kp Kadu Cau, Ds. Gunung Putri, Kecamatan Banjar.

Berdiri pada tahun 1993, pesantren Al Mizan kini memiliki lahan yang cukup luas dan mencapai 15 hektar lebih. Kiblatnya adalah pesantren Gontor Ponorogo. Mulai dari kurikulum hingga filosofi hidupnya sangat mirip sekali.

Yang menarik adalah di sini semua dikelompokkan. Ada yang pendidikan agama, ada juga yang IPA dan IPS. Bahkan sudah ada kewajiban hafalan Quran. Yang reguler juz 30 dan surat-surat pilihan seperti Al Waqiah, sedangkan yang khusus tahfidz 30 juz.

Untuk biaya masuknya di tahun 2019 saja sudah mencapai 9.4 juta. Mungkin sekarang di kisaran belasan juta. Untuk SPP bulanan dan syarat pendaftaran bisa kunjungi link ini. Kami sudah ulas lengkap.

Pesantren Al Quran Al Ihsan

Jika ingin mencari pesantren yang fokus pada Al Quran, kami merekomendasikan Ponpes Al Ihsan dengan alamat Kadomas, Kecamatan Pandeglang. Ini adalah pesantren yang berdiri sejak 1989 dengan program pendidikan salafiyah.

Fokusnya terdiri dari tiga bagian. Yaitu Takhassus Hifdzil Quran atau menghafalkan Al Quran hingga 30 juz, kedua adalah tafsir Al Quran dengan memahami kandungan Al Quran. Ketiga adalah Qira’atul Kutub atau penguasaan kitab kuning.

Target MTs untuk khusus tahfidz adalah minimal 5 juz, tapi rata-rata sudah hafal 20-30 juz. Sedangkan yang khusus kitab, mamapu menghafalkan kitab amil, jurumiyah, yaqulu, I’rab, kailani, mutammimah, dan masih banyak lagi.

Untuk biayanya tergolong murah. Pendaftaran Rp150.000 dengan biaya bulanan Rp625.000 sudah termasuk dengan SPP, laundry dan makan 3x sehari.  Info lengkap atau ingin mendaftar bisa kunjungi website ini.

Inilah beberapa pesantren di Pandeglang pilihan yang bisa menjadi favorit para calon santri di wilayah provinsi Banten. Semoga bisa bermanfaat.  

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *