Pesantren Al Mizan Pandeglang | Sistem Gontor dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al Mizan Pandeglang bisa dikatakan sebagai salah satu pondok pesantren besar dan memiliki santri cukup banyak. Salah satu yang terkenal dan favorit karena pendidikan yang diberikan.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi terkait Ponpes Al Mizan Pandeglang yang bersumber dari website resmi, brosur yang kami dapatkan, serta beragam informasi penting lainnya.

Pesantren Al Mizan Pandeglang

Pondok Pesantren Al Mizan Pandeglang didirikan pada tahun 1993 oleh Drs. KH. Anang Azharie Alie, M.Pd.I berserta ibunda Hj. Nunung Haeriah, S.Ag. Awalnya hanya sebidang tanah seluas 300-an. Kini sudah menjelma hingga mencapai 15 hektar.

Pondok pesantren Al Mizan secara identitas adalah pesantren modern yang berkiblat pada Pondok Modern Gontor Ponorogo. Dari sisi filosofis, bahkan kurikulum, sangat mirip. Namun lebih dikembangkan dan memiliki banyak variasi.

pesantren al mizan pandeglang

Pendidikan di Pesantren Al Mizan Pandeglang

Kurikulum pendidikan di Ponpes Al Mizan Pandeglang terdiri dari tiga kelompok besar. Pertama adalah kurikulum Tarbiyatul Muallimin Al Islamiyah atau setara dengan SMP dan SMA.

Masa belajarnya selama 3 tahun jika lulusan SMP dan enam tahun jika lulusan SD. Kurikulum ini mirip dengan KMI Gontor. Pendidikan di dalam kelas sudah menggabungkan unsur formal dan diniyyah.

Sedangkan untuk jurusan yang tersedia adalah IPA dan IPS, sama seperti pendidikan formal di umum lainnya. Tapi karena pesantren maka muatan agama juga kental seperti Aqidah, Fiqh, Tafsir, dan lainnya.

Tahfidz Quran di Pesantren

Meskipun demikian semua santri wajib melakukan hafalan Al Quran. Jika yang reguler akan mendapatkan hafalan juz 30 dan surat pilihan seperti Al Waqiah, dan surat penting lainnya.

Sedangkan untuk program khusus tahfidz Quran maka santri akan memiliki hafalan yang berjumlah 30 juz. Menurut kami cukup baik karena dikombinasikan dengan pendidikan modern.

Keunggulan Pondok Pesantren

Menurut kami ada beberapa keunggulan pesantren Al Mizan yang patut menjadi pertimbangan. Di antaranya adalah pendidikan bahasa arab dan inggris yang dibiasakan menjadi bahan komunikasi harian.

Kedua, kegiatan organisasi dan disiplin cukup bagus. Mirip dengan Gontor. Menurut kami ini pesantren duplikasi Gontor di wilayah Pandeglang. Santri memiliki bekal yang bagus untuk kehidupan mendatang.

Ekstrakurikuler Ponpes Al Mizan

Untuk ekstrkurikuler sangat beragam. Di pesantren Al Mizan Pandeglang tersedia marchingband, qashidah, marawis, band, beladiri, jurnalistik, pengembangan sains, teater.

Ada lagi membatik, paduan suara. Olah raga ada basket, voley, futsal, sepak bola, fotografi. Keragaman ini akan membuat santri Ponpes Al Mizan bisa menyalurkan bakatnya dengan baik.

Kegiatan Harian

04.00-06.00Tahajud, subuh, bahasa dan kajian
06.00-07.00Sarapan dan Shalat Dhuha
07.00-12.00KBM
12.00-15.00Dhuhur, Makan Siang, Istirahat, Pramuka dll
15.00-17.00Ashar dan Ekstrakrikuler
17.00-17.30Ke Masjid dan Makan Sore
17.30-19.15Magrib Berjama’ah dan Mengaji
19.15-20.00Isya
20.00-22.00Belajar Terbimbing
22.00-04.00Istirahat

Sarana dan Fasilitas

Menurut kami sarana dan fasilitas yang disediakan di pesantren sudah memadai. Seperti gedung-gedung, kamar, masjid, dan yang pasti lingkungan putra dan putri yang sudah terpisah. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran Pesantren

Bagi yang ingin mendaftar maka biasanya dibuka sejak November. Bisa dilakukan melalui online di website yang kami sertakan di bawah. Pendaftaran akan dibuka sampai Juni.

Ada ujian masuk yaitu wawancara psikotes, Al Quran, wawancara orang tua. Ada juga ujian tulis akademik, Matematika dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, Agama dan dikte bahasa arab.

  • Adapun syarat administratifnya adalah
  • Scan ijazah asli
  • FC STTB ber-NISN dilegalisir
  • FC SKHUN
  • FC Akte kelahiran
  • FC Kartu keluarga
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Foto hitam putih 4×5 ddan 3×4
  • FC KTP wali santri.

Biaya Masuk Pesantren Al Mizan

Adapun biaya masuknya sebesar Rp9.400.000, dengan SPP bulanan sebesar Rp800.000. Sayangnya kami hanya dapat di tahun ajaran 2019. Adapun biaya masuk tahun 2022-2023 belum berhasil kami dapatkan. Bisa jadi sudah di angka belasan.

Menurut kami biaya ini di wilayah Pandeglang tergolong standar. Bisa disurvey dengan pesantren lain di Banten di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.

Jika ingin informasi lebih lengkap, update, dan valid bisa kunjungi website resminya di https://www.al-mizan.sch.id/. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan untuk masuk pesantren di Pandeglang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *