Pesantren Al Hassan Bekasi | Sistem Modern Biaya Menarik

Posted by

Pesantren Al Hassan Bekasi merupakan salah satu pesantren terbaik yang ada di Bekasi. Selain karena program unggulan yang dimilikinya, pesantren ini potensial karena santri diajar dan dibimbing oleh tenaga pendidik yang berasal dari universitas luar dan dalam negeri.

Oleh karena itu kami tertarik untuk mengulas tentang Pesantren Modern Al Hassan Bekasi. Beberapa poin penting yang akan kami bahas yakni profil, pendidikan, fasilitas, biaya masuk, hingga alamat lengkap pesantren.

Pesantren Modern Al Hassan Bekasi

Pondok Pesantren Modern Al Hassan Bekasi lahir dari kesadaran akan kurangnya lembaga pendidikan islam yang sistematis dan terpadu untuk mencetak generasi robbani demi kemajuan umat Islam.

Dengan demikian pesantren yang dimudiri oleh Prof. DR. KH. Ahmad Satori Ismail, MA. ini mulai dibangun di bawah Yayasan Al Hassan yang berdiri pada tanggal 27 Februari 2004.

pesantren al hassan bekasi

Adapun secara identitas, Pesantren Al Hassan adalah pesantren modern. Yang artinya ada untuk semua golongan, menerima semua santri dari berbagai kalangan. Entah ormas NU, Muhammadiyyah, Persis, dan lain sebagainya.

Pendidikan di Pesantren Al Hassan Bekasi

Pendidikan di Pesantren Al Hassan Bekasi terdiri dari dua jenjang pendidikan yang berbeda, yakni SMPIT dan Madrasah Aliyah (MA) dengan kurikulum kemenag dan kurikulum khas pesantren. Kerennya, semua pelajaran pesantren menggunakan bahasa arab sebagai bahasa pengantarnya.

Nah program utama pesantren sendiri adalah tahfidz 30 juz Al Qur’an dan hafal hadist – hadist dari kitabul jami’ (bulughul maram).

Sehingga target kompetensi santri nantinya beraqidah salimah sesuai dengan manhaj salafus shalih dan mampu beribadah secara baik dan benar sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan RasulNya.

Pesantren Hijau

Menurut kami istilah Pesantren hijau cocok disematkan ke Pesantren Al Hassan. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan program peduli lingkungan yang ada di pesantren.

Programnya adalah santri dibimbing membuat ratusan biopori, sumur resapan, daur ulang sampah dan kegiatan penghijauan lainnya. Wah menarik, bukan? Suasananya asri.

Kegiatan Harian

JamKegiatan
04.00 – 05.45Qiyamullail, sholat subuh, tahsin tahfidz Al Qur’an
06.00 – 07.00Persiapan sekolah
07.00 – 07.30Pembinaan bahasa arab dan inggris
07.30 – 15.00Kegiatan KBM sekolah
16.00 – 17.00Olahraga, ekstrakulikuler
17.00 – 18.00Persiapan sholat magrib
18.00 – 19.15Sholat magrib, tahsin dan tahfidz Al Qur’an
19.15 – 21.30Sholat isya, makan dan belajar malam
21.30 – 04.00Istirahat malam

Ekstrakulikuler

Kegiatan eskul Pesantren Al Hassan antara lain kepramukaan, jurnalistik, basket, muhadloroh, futsal, pantonim, nasyid, marawis, tenis meja, dan sebagainya.

Prestasi Santri Al Hassan Pondok Gede

Sederet prestasi gemilang berhasil diraih santri – santriwati Pesantren Al Hassan di berbagai ajang perlombaan. Beberapa di antaranya juara 1 olimpiade bahasa arab tingkat nasional di Al Azhar Pare.

Ada lagi juara umum (piala gubernur jabar) di SMAN 2 se-Jabodetabek, juara 1 lomba pidato bahasa inggris di kodim 0507, dan masih banyak lagi.

Fasilitas di Ponpes Al Hassan Bekasi

Kemodernan terlihat jelas dari bangunan yang berdiri kokoh di Pesantren Al Hassan Bekasi. Gedungnya bertingkat, dengan beberapa fasilitas pendukung mulai dari masjid jami’, kantin sekolah, ruang kelas yang sudah berstandar nasional, laboratorium IPA dan komputer, perpustakaan, green house, dan 4 lapangan olahraga.

Adapun untuk asrama santri sudah cukup baik. Terdapat beberapa ranjang susun di dalam kamar, dan setiap santri mendapatkan kasur yang cukup tebal sekitar 5 cm. Plus ada kipas angin yang menggantung di dinding.  Lebih jelas bisa lihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran Santri Baru

Pendaftaran dibuka mulai dari tanggal 1 Oktober sampai 25 Maret. Nantinya juga ada seleksi masuk, dan yang diuji adalah kemampuan santri dalam membaca Al Qur’an dan tes tulis (MTK, PAI, dan bahasa arab). Untuk biaya pendaftarannya Rp. 400.000 ribu.

Sedangkan syarat pendaftaran antara lain FC akta kelahiran, KK, surat keterangan sekolah asal, dan pas foto ukuran 3×4 (3 lembar), dan surat keterangan sehat.

Biaya Masuk Al Hassan 2022 – 2023

Biaya masuk calon santri baru untuk tahun ajaran 2022 – 2023 yang harus dipersiapkan wali santri ialah sekitar 22.9 juta, dan SPP syahriah / bulanan sekitar 1.8 juta rupiah.

Nah biaya tersebut sudah mencakup apa saja? Biaya tersebut meliputi dana wakaf pesantren, pengembangan SDM dan beasiswa, biaya kelengkapan santri, dana kepesantrenan dan sekolah, SPP 1 bulan, dan laundry (optional).

Menurut kami biaya ini termasuk kelas menengah ke atas. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di sekitar Bekasi melalui link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing.  

 Alamat Lengkap Al Hassan Bekasi

Jika ingin melihat pesantren lebih lanjut bisa datang langsung ke Jl. Jambu Ujung RT. 03 RW. 11 Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi – Jawa Barat.

Informasi selengkapnya bisa dilihat pada wesbite resmi di sini atau hubungi admin PSB di nomor +62 811 1738 556 / +62 813 8338 2399 (Ust. Abi Abdillah, S.Ag). 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *