Pesantren Nurul Hidayah Bengkalis | Gontor dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Nurul Hidayah Bengkalis atau yang biasa disingkat PMNH merupakan pondok pesantren dengan luas lebih dari empat hektar untuk putra dan putri dengan asrama dan juga ruang kelas yang terpisah. 

Berikut ini rangkuman kami yang membahas secara singkat Pondok Modern Nurul Hidayah Bengkalis. Mulai dari profil, unit pendidikan, pendaftaran dan biaya masuk hingga alamat lengkap plus kontak yang bisa dihubungi. 

Sejarah Pesantren Nurul Hidayah Bengkalis

Awal mula dibangunnya pondok ini adalah inisiatif masyarakat Kampung Tengah dan sejumlah tokoh masyarakat. Hingga pada tanggal 1 Januari 1989, pondok yang berada di bawah asuhan Yayasan At-Tarbiyah Al-Islamiyah Nurul Hidayah ini mulai dibangun dan beroperasi mensyiarkan agama Islam lewat lembaga pendidikan. 

Sesuai dengan namanya, corak yang pondok ini adalah modern. Yang mana santri bukan hanya fokus mendalami ilmu agama saja, tetapi juga pelajaran-pelajaran umum lainnya. Dan tentu penggunaan bahasa arab dan inggris wajib hukumnya bagi seluruh warga pondok. 

pesantren nurul hidayah bengkalis

Pendidikan Nurul Hidayah Bengkalis

Pondok yang identik dengan warna hijau muda ini memiliki visi menjadi lembaga pendidikan yang mampu mencetak kader-kader pemimpin umat, menjadi tempat muara para santri untuk thalabul ilmi dan menjadi sumber berbagai pengetahuan. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, pondok mengadopsi kurikulum khas pondok modern. Yakni berkiblat pada kurikulum KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo

Unit Pendidikan Pondok Modern Nurul Hidayah Bantan

Nah selain kurikulum Kulliyatul Mua’llimin Wal Mua’llimat Al Islamiyah (KMI), pihak pondok juga menambahkan kurikulum kementrian agama. Agar nilai-nilai pendidikan yang didapatkan santri tetap seimbang

Dengan demikian, unit pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Bengkalis juga menyesuaikan dengan 2 kurikulum tersebut. Sehingga terdapat 2 program pendidikan yang berbeda. 

  • Yang pertama adalah program kelas reguler. Program ini diperuntukkan para santri lulusan SD dan sederajat dengan masa pendidikan 6 tahun. 
  • Kedua adalah program kelas intensif. Program ini khusus untuk para santri lulusan SMP dan sederajat. Dinamakan intensif karena masa pendidikan program ini 4 tahun.

Kelebihan dari kurikulum ini adalah bagaimana pendidikan di dalam kelas dengan di luar kelas terintegrasi menjadi satu kesatuan pendidikan. Inilah yang menurut kami cukup istimewa. Contoh dalam kelas belajar kaidah bahasa inggris, di luar kelas bicara bahasa inggris. 

Meskipun fokus utama pendidikan ini pada kurikulum modern, pondok juga memberikan tambahan ilmu lain dari kajian kitab kuning dan menjadi kelas ekstrakurikuler bagi santri yang tertarik untuk mempelajarinya. 

Ekstrakurikuler Favorit

Ekstrakurikuler pramuka merupakan salah satu ekstrakurikuler yang paling difavoritkan para santri dan santriwati Pondok Modern Nurul Hidayah Bengkalis. 

Dari beberapa cuplikan video youtube pondok, kegiatan kepramukaan yang diadakan di sana sangat seru. Di antaranya pekan pramuka santri, kemah akbar, dan lain sebagainya. 

Kegiatan kepanduan yang mengajarkan cara bersosialisasi dengan teman dan alam ini tampaknya sangat memikat para santri. 

Bahkan pondok ini pernah menjadi tuan rumah perhelatan acara Lomba Perkemahan Penggalang dan Penegak (LP3) antar pondok pesantren se- Riau dan Kepri tahun 2017 silam. 

Pendaftaran Santri Baru

Berdasarkan informasi yang kami rangkum dari website, Pondok Modern Nurul Hidayah membuka dua jalur pendaftaran dengan tentang waktu yang berbeda. 

Pendaftaran jalur online biasanya dibuka pada bulan Februari – Maret, dan jalur offline dibuka pada bulan April – Mei. 

Adapun persyaratannya adalah membayar biaya registrasi sekitar Rp 300.000 ribu (sudah termasuk uang makan 3 hari selama tes seleksi) dan ditransfer ke Bank Syariah Mandiri (BSM) : 7117 536 526 atas nama Pondok Pesantren Nurul Hidayah. Jangan lupa konfirmasi pada nomor berikut 0822-8409-7533. 

Selain itu santri juga diwajibkan mengikuti tes seleksi (lisan dan tulis) selama tiga hari dengan materi psikotes, baca Al-Quran, praktik ibadah, berhitung soal dan angka, bahasa indonesia dan imla’ (dikte) arab.

Biaya Masuk Nurul Hidayah

Sedangkan untuk biaya masuk di pondok ini sekitar 3.6 juta, dengan rincian sebagai berikut : 

  • Dana pembangunan 2 juta
  • Penambahan meja – kursi Rp 400.000 ribu
  • Dana kepanitiaan apel tahunan Rp 250.000 ribu
  • Biaya ujian dan ulangan umum Rp 100.000 ribu
  • Iuran operasional pondok Rp 200.000 ribu
  • Uang makan 1 bulan pertama Rp 400.000 ribu
  • Iuran keorganisasian dan kepramukaan Rp 200.000 ribu, dan 
  • Iuran kalender Rp 20.000 ribu

Dan SPP syahriah atau per bulannya di bawah satu juta, tepatnya sekitar Rp600.000 ribu. Biaya masuk Pondok Modern Nurul Hidayah termasuk murah. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Riau di sini. Kami sudah sajikan info biaya dan keunggulan masing-masing.

Namun menurut kami, Anda perlu mempersiapkan dana lebih, karena buku materi pondok tidak termasuk dalam daftar biaya masuk santri. 

Alamat Lengkap Pondok Modern Nurul Hidayah

Pondok Modern Nurul Hidayah beralamat lengkap di Jl. Rajimun Pasiran Kecamatan Bantan, Riau. Alamat ini mudah ditemukan karena lokasinya yang persis di samping jalan raya dan dekat dengan Masjid Jami’ Khoirul Jamaah. 

Jika Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai pendaftaran dan lain hal sebagainya silakan hubungi bagian informasi pondok di nomor telepon +62 852 1147 2513.

Atau dan klik website resmi di sini www.nurulhidayah.ponpes.id. Jika ada pesantren yang ingin dibantu publikasi di website ini cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *