3 Kelebihan As Syifa Boarding School Subang | Biaya Masuk Lengkap

Posted by

As Syifa Boarding School Subang | Kami sangat kagum dengan boarding school yang satu ini, karena ketika kami eksplorasi di internet tentang dunia pendidikan, terutama terkait Islamic Boarding School, namanya sering muncul.

Oleh sebab itu kami ingin mengulas As Syifa Boarding School Subang dari beragam aspek. Terutama profil, kelebihannya, biaya masuk, prestasi dan beragam unsur lainnya yang kami himpun dari beragam sumber.

Profil As Syifa Boarding School Subang

As Syifa Boarding School Subang merupakan lembaga pendidikan yang berkiblat pada model Islamic Boarding School. Yaitu pendidikan yang merujuk kepada kurikulum nasional. Biasanya kemenag atau diknas. Sedangkan Islamic Boarding School yang satu ini lebih kepada diknas.

Jika dilihat, pendidikan di As Syifa Boarding School Subang menekankan kepada pendidikan umum. Ini khas boarding school.

Sedangkan dalam aspek keislaman lebih ditekankan pada unsur pendampingan karakter di asrama. Biasanya untuk keislamannya bernuansa tahfidz Quran. Begitu pula dengan boarding School yang satu ini. Tinggal seberapa banyak juz yang dihafal.

Proses pendidikannya berbasis IT. Kurikulum nasional yang sedemikian lupa dibuat lebih efektif. Sehingga mampu meningkatkan pencapaian dalam pembelajaran. Hasilnya akan kita lihat dari prestasi yang diraih.

Tahfidz Quran di As Syifa

Kami ketika ingin melihat karakter pendidikan dari sebuah lembaga, maka bisa dilihat dari jadwal hariannya. As Syifa Boarding School memiliki jadwal yang dimulai dengan shalat malam. Nah selepasnya dimulai dari jam 5 hingga jam 6 adalah tahsin dan tahfidz Al Quran.

Begitu pula kegiatan sepulang sekolah. Dari pukul 13:15-15:00, melakukan tahsin dan tahfidz Al Quran untuk kedua kalinya. Selepas ashar dilanjutkan kegiatan tersebut hingga 16:30. Sehingga nuansa tahfidz Quran lebih dominan.

Pencapaian dalam progam ini untuk SMP rata-rata 5 juz. Sedangkan SMA di brosurnya rata-rata tertulis 7 Juz. Bahkan banyak yang melampaui. Artinya semua akan kembali pada kemampuan masing-masing.

Islamic Boarding School di Subang As Syifa

Selain tahfidz Quran ada beberapa pendidikan keislaman yang bisa menjadi perhatian. Pertama pembiasaan melafalkan al Ma’surat di pagi dan sore hari. Yaitu di waktu subuh dan selepas magrib.

Kedua, ada pembacaan hadist di waktu dhuhur. Ini kajian rutin yang biasanya dilaksanakan di sekolah-sekolah dengan identitas religius. Diharapkan siswa bisa memahami aspek-aspek penting dalam islam.

Ketiga, ta’lim selepas magrib hingga isya. Inilah porsi terbesar dalam pendidikan keislaman di As Syifa Boarding School. Biasanya dalam bentuk kajian-kajian. Baik tauhid, tafsir dan lain sebagainya.

Dari sisi waktu, maka porsi keislaman lebih banyak untuk tahfidz Quran dan pembiasaan melaksanakan ajaran islam seperti Qiyamullail dan lain sebagainya. Artinya kita tidak bisa menyamakan dengan pesantren semodel Gontor Ponorogo, atau Sidogiri Pasuruan. Ini adalah Islamic Boarding School di Subang.  

Bahasa dan Asrama

Islamic boarding school yang demikian juga selalu memiliki keunggulan bahasa. Begitu pula dengan As Syifa Boarding School Subang. Ada beberapa porsi untuk program bahasa selain di kelas. Yaitu pagi hari 7:00-7-15. Kemudian dilanjutkan malam selepas isya hingga pukul 20:00.

Untuk asrama, sekolah boarding school memiliki kelebihan siswa yang heterogen. Di sinilah siswa bisa merasakan pendidikan bermasyarakat. Satu kamar terdiri sekitar 10 orang. Mereka bergaul dengan karakter yang berbeda-beda.

Di asrama tentunya akan dilaksanakan kegiatan yang membangun kebersamaan, kepemimpinan, juga beberapa hal positif lainnya.

Fasilitas di Islamic Boarding School Subang

Sebelum melihat fasilitas, mari kita lihat suasana di As Syifa Boarding School. Terletak di Blok Lw. Peuris RT/RW 07/02 Kel. Wanareja Kec. Subang, Kab. Subang, gedungnya terletak di antara lahan terbuka yang luas.

Dari website https://www.accuweather.com, diketahui bahwa cuaca di wilayah itu rentangnya antara 22-31 derajat celcius. Bisa dikatakan cukup lumayan nyaman. Meski tidak sedingin wilayah Bogor atau Batu Malang yang sampai di bawah 20 derajat. Ini persoalan wilayah.

Ada beberapa fasilitas ekstra yang tertera, seperti Gedung Olahraga, lapangan basket. Ada dua laboratorium, seperti IPA dan Komputer. Yang lain adalah fasilitas wajib untuk sekolah berasrama, seperti lahan parkir, masjid dan lain sebagainya. Sedangkan gedung-gedungnya menurut kami standard.

Untuk asramanya satu kamar terdiri dari 10-12 orang. Biasanya boarding school memang demikian. Bahkan ada yang hanya 6 orang seperti di Al Hikmah Batu. Ranjangnya bertingkat. Setiap orang memiliki lemari. Ada laundry pula. Siswa disuguhkan kenyamanan.

as syifa boarding school subang
ilustrasi dari pixabay.com

Prestasi Islamic Boarding School Subang

Jika ingin melihat kualitas sekolah, memang bisa dilihat dari prestasi atau alumninya. Mari kita lihat prestasi As Syifa Boarding School. Di website, brosur, tertera, prestasinya cukup banyak, foto-fotonya terpampang.

Kalau untuk akademik, biasanya bisa dinilai dari OSN (Olimpiade Sains Nasional). Lomba ini jenjangnya ketat, seleksi dari yang paling bawah kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional. Nah kalau sudah menang di nasional, bisa ke luar negeri.

Pokoknya kalau ada sekolah anak didiknya langganan OSN, pasti seleksi masuknya ketat sekali. Seperti MAN 2 Malang.

As Syifa pada ajang ini pernah menjadi juara umum tingkat kabupaten Subang. Juga pernah menjadi finalis OSN Matematika mewakili Jawa Barat. Yang kami lihat dua prestasi ini dalam OSN. Anda bisa menilai bagaimana pendidikan di As Syifa Boarding School Subang.

Adapun prestasi lain yang internasional adalah peringkat 9 lomba roket tingkat Asia Pasific di Australia. Ada juara pencak silat, pernah menjuarai web disain. Juara 2 nasional english contest. Serta juara lain sebagainya variatif.

As Syifa Boarding School juga meraih prestasi hifdzil Quran di STEI Tazkia. Juga syahril Quran. Cukup lengkap prestasinya. Oleh sebab itu menjadi salah satu Boarding School Favorit di Subang.

PanduanTerbaik.id

Biaya Masuk As Syifa Boarding School Subang

Sisi terakhir yang akan kita ulas dari As Syifa Boarding School subang adalah biaya masuk. Ada tiga jalur yang bisa dipilih. Masing-masing sangat menentukan besaran biaya yang harus dibayarkan kepada pengelola.

Pertama adalah jalur reguler dan prestasi. Untuk jalur ini biaya yang harus ditunaikan kurang lebih 25 jutaan, sedangkan SMA kurang lebih sekitar 26 jutaan. Menurut kami untuk ukuran Islamic Boarding School di wilayah Jawa Barat cukup kompetitif.

Kedua adalah jalur mandiri. Ini yang menurut kami menjadi jalur yang patut diperhatikan. Biayanya untuk SMP sekitar 70 jutaan. Sedangkan untuk SMA sebesar 71 jutaan. Cukup lumayan ya. Hehehe. Islamic Boarding School memang dikenal biayanya tinggi.

Ada satu lagi jalur inden, untuk tahun-tahun berikutnya. Nilainya sekitar 27 jutaan. Artinya pendaftaran tahun aktif ditambah satu juta untuk pendaftaran berikutnya. Adapun biaya SPP bulanan nilainya kurang lebih sebesar 2.2 juta untuk SMP, sedangkan untuk SMA sekitar 2.5 jutaan.  

Pendaftaran As Syifa Boarding School Subang

Inilah As Syifa Islamic Boarding School Subang. Salah satu islamic boarding school terbaik, favorit yang ada di wilayah Subang. Semoga informasi ini menjadi bermanfaat. Pendaftaran bisa diklik link berikut ini.

Jika lembaga pendidikan Anda ingin direview bisa kirim brosur dan biaya pendidikan ke affany1986 at gmail.com. Disclaimer on.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *