7 Pesantren Terbaik di Bekasi

Posted by

Pesantren Terbaik di Bekasi seringkali menjadi alternatif bagi mereka yang tidak ingin mengenyam pendidikan pesantren di tengah padatnya kota Jakarta. Baik pesantren modern, tahfidz Quran, salafi, unggulan, dan favorit selalu dicari. Bekasi adalah kota satelit yang dikenal memiliki banyak pekerja menuju Jakarta. Seperti layaknya Sidoarjo bagi Surabaya.

Namun demikian selain dikenal sebagai Kota Pejuang, ternyata Bekasi memiliki segudang pesantren yang tersebar di tengah-tengah berkembangnya industri. Oleh sebab itu PanduanTerbaik.id akan mengulas beberapa pesantren terbaik terutama dari aspek pendidikan, santri, kelebihan pesantren dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini bersifat subejktivitas kami. Semoga menjadi bahan pertimbangan.

Pesantren At Taqwa Ujung Harapan

Pesantren At Taqwa bisa dikatakan sebagai sesepuh pesantren di Bekasi. Didirkan oleh KH. Noer Ali, tokoh perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi penjajahan, pesantren ini tumbuh berkembang di atas tanah seluas sekitar 24 hektar.

Ada satu identitas pesantren At Taqwa yang tidak banyak dimiliki pesantren lain, yaitu usaha membangun desa dengan nuansa Islam, sehingga menjadi desa syurga. Maka ada bauran kental antara masyarakat dan pesantren. Nafas Islam terasa hingga pelosok desa.

Hal positif lain dari pesantren At Taqwa ini adalah terpisahnya pesantren putra dengan putri sejauh sekitar 700 meter, hampir satu kilo. Untuk wilayah kota hal ini sudah termasuk ideal. Sehingga putra putri tidak bercampur. Dalam kamus kami, ini salah satu ciri pesantren terbaik di Indonesia.

Pendidikan di pesantren ini sangat lengkap. Dari TK, MI, hingga SMK dan Perguruan Tinggi dimiliki oleh pesantren ini. Sehingga siapa saja yang masuk di pesantren mendapatkan tempat pendidikan yang layak. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Bekasi. Website resmi di sini.

Pesantren Modern Al Hassan

Pesantren ini identik dengan pesantren Modern di Bekasi. Namanya Al Hassan, berdiri belum lama, di tahun 2005. Namun demikian pesantren ini terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pesantren terbaik di Bekasi.

Diasuh oleh KH. Satori Ismail yang alumni Gontor, maka pesantren ini memiliki identitas yang banyak diadopsi dari pesantren di Jawa Timur tersebut. Salah satunya adalah kurikulumnya. Sekaligus dipadukan dengan kurikulum dari Kemenag.

Selain itu, pesantren Al Hassan juga fokus dalam pendidikan bahasa Arab. Sehingga semua santrinya memiliki kewajiban untuk mampu berbahasa Arab baik pasif maupun aktif. Banyak pelajaran menggunakan bahasa Arab.

Setiap santri juga memiliki kewajiban menghafal Al Quran, kira-kira setiap tahun tiga-empat juz. Oleh sebab itu pesantren modern ini cukup diminati. Biaya perbulan juga tidak mahal untuk ukuran Bekasi, sekitar 1.2 juta sudah termasuk makan dan asrama.

Pesantren Nuu Waar Al Fatih Kaffah Nusantara

Ini adalah salah satu pesantren istimewa yang dimiliki Indonesia. Pesantren ini berada di Kecamatan Setu Bekasi. Diasuh oleh Ust. Fadlan Garamatan, pesantren ini memiliki identitas masyarakat Indonesia Timur.

Maksudnya adalah, Ust. Fadlan memiliki konsep bahwa daerah akan maju jika pendidikannya disentuh. Karena beliau dari Papua, maka ingin menyentuh generasi Papua dengan pendidikan plus agama, yaitu di pesantren. Rata-rata santri di pesantren ini dari Indonesia Timur, yang nantinya harus kembali ke sana untuk membangun wilayahnya masing-masing.

Yang istimewa adalah semua santri di pesantren ini biayanya gratis. Tidak dipungut. Sehingga masing-masing bisa fokus belajar agama Islam dan pendidikan formal. Setiap santri bahkan puasa Senin Kamis. Banyak tokoh-tokoh sudah hadir di pesantren ini, seperti Jusuf Kalla.

Oleh sebab itu pesantren ini kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Bekasi.

Pesantren terbaik di Bekasi
Pesantren Nuu Waar Bekasi

Pesantren An Nida Al Islamy

Di Bekasi nama pesantren An Nida dalam pengetahuan kami ada dua, yaitu Pesantren Modern An Nida, satu lagi adalah An Nida Al Islamy. Kali ini yang kami ulas adalah An Nida Al Islamy. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren tua di Bekasi. Berdiri pada 1963, pesantren ini tumbuh dengan identitas Nahdhatul Ulama.

Oleh sebab itu pesantren An Nida memiliki nuansa pendidikan kitab kuning yang selalu menjadi andalan. Di kota Besar, pesantren yang demikian tidak banyak. Terlebih didirikan oleh KH. Muhammad Muhadjirin, ahli falak di masanya.

Di pesantren ini pendidikan formal juga diselenggarakan dengan baik. Tidak murni hanya mengkaji kitab saja. Ekstra yang paling ditonjolkan adalah tahfidz Quran. Sehingga banyak santri yang memang bersekolah formal, mengkaji kitab kuning, sekaligus menghafal Al Quran. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Bekasi.

Pesantren An Nur YAPINK

Orang menyebut pesantren ini YAPINK, singkatan dari Yayasan Perguruan Islam el Nur el Kasyaf. Pesantren ini berkiblat pada pola pendidikan Nahdhatul Ulama yang memiliki karakter pendalaman kitab kuning.

Pesantren ini berdiri pada 1969, dengan sejarah yang sangat dekat dengan pesantren Tebu Ireng Jombang. Karena di masa pendirian sowan terlebih dahulu ke pesantren sepuh di Jawa Timur tersebut. Hingga kini hubungan keduanya sangat erat.

Bisa dikatakan pesantren ini merupakan pesantren tradisional yang mulai bertransformasi ke pesantren beridentitas modern, seperti memperbanyak ekstra, kemudian komunikasi dwi bahasa. Tapi memang tetap mempertahankan kajian kitab kuning, dengan bahasa arab sebagai penekanan.

Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Bekasi. Website resminya di sini!

Pesantren Al Hunafa Tahfidz Quran

Pesantren terbaik di Bekasi yang selanjutnya adalah pesantren khusus tahfidz Quran. Kami selalu mencari salah satu pesantren khusus untuk kriteria pesantren unggulan di satu kota. Pesantren tahfidz Quran di Bekasi adalah Al Hunafa.

Pesantren ini memang fokus pada aspek tahfidz Quran. Bukan yang lain, bahkan pendidikan formal pun hanya persiapan untuk UAN saja. Materi-materi pokok, yang lainnya dikesampingkan. Tentu ini sangat menarik perhatian. Terutama adalah tahfidz Quran bersanad. Ada sumber guru yang otoritatif.

Program di pesantren ini secara garis besar ada dua. Yaitu madrasah plus tahfidz 30 juz. Atau intensif tahfidz dalam jangka waktu 1-2 tahun. Di pesantren ini juga ada ekstrakurikuler. Seperti komputer, thibbun nabawi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Bekasi.

Pesantren Baqiyatussolihat Cibarusah

Jika berbicara pesantren tertua, maka Pesantren Baqiyatussolihat Cibarusah mungkin paling tua. Dalam catatan yang beredar di internet, pesantren ini berdiri pada tahun 1938. Pesantren ini bisa dikatakan paling kuat memegang tradisi pembelajaran tradisional khas Jawa Timur.

Pesantren ini memiliki lembaga formal. Namun fokus pendidikannya tetap pada kajian kitab kuning, ilmu nahwu dan sorf, dengan model kelas Diniyah Awaliyah, Wustho dan Ula. Sehingga pendalaman pembelajaran Islam berjalan dengan baik.

Salah satu aspek yang menjadi kebanggaan adalah tahfidz Quran. Pesantren ini pernah mengalami masa kejayaan dengan santri berjumlah lebih dari 1000 orang. Namun seiring berjalannya waktu, pesantren ini menampung santri ratusan dengan mempertahankan pembejalan di masa pendirian dengan tidak melupakan pendidikan formal.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Bekasi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk pendidikan anak. Semoga bisa menjadi manfaat. Ketidak sesuaian informasi bisa dicantumkan di kolom komentar. Akan kami perbaiki.

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *