Pesantren Ibnu Siena Mulia Tasikmalaya | Biaya Masuk Belasan

Posted by

Pesantren Ibnu Siena Mulia merupakan salah satu sekolah berbasis pondok tahfidz terbaik yang ada di Tasikmalaya. Selain memiliki paket program lengkap tahfidz 30 juz, boarding school yang satu ini memiliki banyak keunggulan.

Oleh karena itu kami sangat tertarik untuk mengulas serba-serbi tentang Ibnu Siena Mulia Boarding School. Kami rangkum dari website pondok, video youtube, dan artikel lain yang tersebar di internet.

Ibnu Siena Mulia Boarding School

Ibnu Siena Mulia Boarding School sudah berdiri sejak tahun 1985, hal ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan ini sudah malang – melintang menjadi pondok tahfidz ternama.

Berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Tri Mulia (YPITM), pondok ini beridentitaskan pondok tahfidz qur’an modern. Yang artinya, fokus utama santri bukan hanya menghafal Qur’an saja, tetapi bahkan pembinaan leadership yang diikuti sains teknologi.

Pesantren Ibnu Siena Mulia Tasikmalaya

Pendidikan di Pesantren Ibnu Siena Mulia

Untuk pendidikannya, Pesantren Ibnu Siena Mulia menyelenggarakan dua unit pendidikan. SMP dan SMA dengan kurikulum terdepan. Yakni menggunakan kurikulum berbasis literasi, numerasi dan pembinaan karakter yang dikombinasikan dengan kurikulum jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan kurikulum kepesantrenan.

Bahkan agar mampu memberikan pendidikan dengan kualitas terbaik, pihak pondok bekerja sama dengan SMPIT Al Bunyan, Studente Academi, Microsoft dan Nuadu yang perkembangaan kurikulum dan teknologi terkini.

Keunggulan Boarding School

Menurut kami ada beberapa keunggulan Pesantren Ibnu Siena Mulia Tasikmalaya. Di antaranya berada dalam pengawasan musyrif selama 24 jam selama di asrama.

Secara rutin santri mendapatkan pembinaan karakter kepimpinan yang terintegrasi kurikulum Al Qur’an. Dengan begitu jiwa leadership santri semakin terbentuk dan mampu menjadikan sebagai calon pemimpin ummat yang berintegritas, dan mandiri.

Fasilitas dan Sarana Mendukung

Keunggulan lain yang dimiliki Pesantren Ibnu Siena Mulia Tasikmalaya yakni fasilitasnya yang memadai. Mulai dari perpustakaan, laboratorium komputer dan IPA, masjid, lapangan olahraga, training center, ruang kelas yang representatif, juga lingkungan pondok yang asri.

Dan santri difasilitasi dengan kamar yang luas, ranjang susun, dan bahkan furnitur lemari santri beda dari yang lain. Modelnya modern dengan ukuran yang besar. Jadi santri tidak perlu takut lemarinya kepenuhan.

Apalagi kamar mandi santri juga bersih plus ada showernya, dapur juga disediakan dengan wastafel untuk cuci piring. Dapur dan makanan santri bisa dipastikan bergizi 4 sehat 5 sempurna. Bisa dilihat kenyamanan santri di sini sangat diperhatikan. Ini kelas Boarding School.

Lokasi Pondok yang Strategis

Meskipun pondok putra dan putri terpisah, lokasi keduanya tetap dekat dengan pusat kota dan mudah serta akses yang mudah didapat. Hanya 10 menit dari stasiun Tasikmalaya (putri bahkan 5 menit saja).

Pendaftaran dan Persyaratan Masuk

Pendaftaran santri baru Ibnu Siena Mulia Boarding School biasanya dibuka sekitar bulan Maret – April. Dibuka secara online, santri hanya perlu mengisi formulir registrasi yang ada di website pondok dan membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 300.000 via transfer.

Adapun persyaratan masuk Pesantren Ibnu Siena Mulia Tasikmalaya yakni mengikuti tes seleksi dengan tiga tahapan.

  • Tes potensi akademik (numerasi dan literasi)
  • Tes kepimpinan (survei karakter)
  • Tes tahsin dan tahfidz Al-Qur’an
  • Wawancara santri baru dan wali santri

Persyaratan selanjutnya yakni menyerahkan berkas pendaftaran seperti fotokopi rapor semester akhir, surat keterangan akhlak mulia dari sekolah asal, sertifikat prestasi, dan pas foto 2×3, 3×4.

Dan uniknya, masih ada persyaratan tambahan lho. Di mana para santri diminta untuk menulis essay dengan judul “Motivasi Saya Menjadi Santri Ibnu Siena Mulia Boarding School” sebanyak 1 halaman ukuran kertas A4.

Essay ini harus ditulis sendiri oleh santri ya, jangan diwakilkan orang tua ataupun wali santri, hehehe.

Biaya Masuk Ibnu Siena Mulia

Berdasarkan brosur pondok yang telah kami rangkum, Bapak / Ibu perlu mengeluarkan uang sekitar 15.9 juta untuk dana sumbangan pendidikan (DSP). Sedangkan biaya bulanan atau SPP syahriahnya sekitar 1.450.000 (sudah termasuk SPP, makan santri, dan laundry).

Keseluruhan biaya ini, (dana sumbangan pendidikan dan SPP) baik putra ataupun putri, SMP ataupun SMA tidak ada perbedaan harga. Jadi biayanya sama rata. Jika ingin opsi pesantren lain di Tasikmalaya bisa kunjungi link ini. Kami sudah sajikan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Ibnu Siena Mulia

Ibnu Siena Mulia Boarding School dibagi menjadi dua lokasi yang berbeda. Pondok putra beralamat di Jl. Margaluyu No. 117, Margaluyu, Kec. Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46261.

Sedangkan pondok putri berlokasi di Jl. Siliwangi No.41, Kahuripan, Kec. Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46115. Informasi lebih lanjut bisa hubungi bagian sekretariat pondok di nomor telepon +62811 1111 0674 (Ust. Sugiono). Website resmi bisa dikunjungi di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *