7 Pesantren Terbaik di Cianjur Salafiah, Modern, dan Lapas

Posted by

Pesantren terbaik di Cianjur | Cianjur merupakan salah satu kota pesantren di wilayah Jawa Barat. Bahkan dari situs pasundanradio.com tertulis bahwa pesantren di Cianjur mencapai 1500. Dari yang besar hingga yang kecil. Namun demikian yang terdata di kementrian agama hanya 700-an.

Artinya Cianjur memang tempat yang nyaman untuk pesantren. Salah satu sebabnya adalah kotanya yang memang cukup indah. Buktinya banyak tempat wisata di kota ini. Maka sudah menjadi rahasia umum pesantrennya juga cukup banyak.

Pesantren terbaik di Cianjur yang kami tulis merupakan versi PanduanTerbaik yang kriterianya bisa dilihat di sini. Juga berdasarkan review di internet, dan rating di Google. Sehingga menjadi kumpulan informasi yang dibutuhkan oleh pencari informasi pondok pesantren di kota wisata ini.

Al Musri Pesantren Salafiyah Terbesar

Pesantren tradisional murni memang sudah semakin berkurang, termasuk di Cianjur. Namun demikian tetap ada pesantren yang mampu bertahan bahkan digandrungi santri, yaitu Pesantren Al Musri.

Berdiri sejak 1947 pesantren ini memiliki metode pendidikan tradisional namun cepat. Yaitu menguasai beragam materi yang di pesantren dalam jangka waktu sekitar lima tahun. Biasanya di banyak pesantren memang enam tahun. Oleh sebab itu santrinya sudah mencapai 1000 lebih, putra dan putri.

Kelebihan selanjutnya adalah, pesantren ini memiliki pendidikan kejar paket untuk santrinya. Sehingga lulus dari pesantren akan memiliki ijazah formal seperti laiknya pesantren-pesantren tradisional lainnya. Hebatnya lagi kepedulian terhadap masyarakat juga sangat tinggi. Masyarakat sekitar diajak untuk bisa merasakan pendidikan plus digerakkan ekonomi melalui kegiatan agraris.

Di sisi lain perhatian terhadap pendidikan agama masyarakat juga diperhatikan secara penuh melalui pengajian-pengajian rutin. Sehingga masyarakat sekitar terbina dengan baik. Biayanya cukup terjangkau Rp1.3 jutaan sudah termasuk dengan SPP bulan pertama. Info lengkap bisa kunjungi website resmi di sini. https://almusripusat.ponpes.id/.

Pesantren Annaba

Pesantren terbaik di Cianjur selanjutnya adalah An Naba. Ini sudah seperti boarding school. Pendidikan utama di sini lebih banyak terkait dua hal, pendidikan formal, plus pendidikan tahfidz Quran. Bisa dilihat dari kegiatan hariannya yang lebih banyak aspek halaqah Quran.

Jenjang pendidikan yang ada di dalamnya mulai dari SD hingga SMA, namun yang populer adalah SMP dan SMA. Rujukannya adalah diknas, bukan kemenag. Kelasnya bermodel sekolah Islam terpadu. Satu meja dan kursi diisi satu orang.

Ada yang menurut kami spesial di pesantren ini yaitu tahfidz Quran yang dibimbing oleh syeich di Madinah. Caranya unik. Setiap anak diminta untuk menyetor hafalan melalui online, seperti zoom kalau sekarang. Oleh sebab itu tertulis tahfidz international. Bagi kami ini unik.

Adapun biaya pendaftarannya cukup mahal untuk wilayah Cianjur, hampir Rp16 jutaan. Tapi jika anak Anda sudah hafal 5 juz, ada potongan 40%, keren ya. Website resmi bisa dikunjungi di sini, http://annaba.sch.id/.

Pesantren Persis 04

Mirip dengan pesantren Al Musri, pesantren Persis 04 berdiri pada tahun 1947. Pesantren ini sebuah wujud dari organisasi Persis yang berusaha berdakwah melalui pendidikan khususnya di wilayah Jawa Barat. Cianjur merupakan salah satunya.

Pesantren ini memiliki beberapa jenjang, SD, Tsanawiyah, dan Aliyah. Namun sistemnya tidak semua di pondok pesantren. Ada juga santri yang pulang pergi ke rumahnya masing-masing. Orang dulu menyebutnya dengan santri kalong. Jumlah santrinya mencapai hampir seribu, tapi hanya sepertiga yang bermukim di pesantren.

Sistem pendidikannya bermodel formal dan pesantren. Kalau pagi hingga siang sekolah, nantinya di waktu subuh, sore hingga malam belajar agama.

Adapun untuk biaya masuk pesantren sekaligus asrama harus merogoh sebesar Rp3.600.000-an. Tergolong murah untuk wilayah Cianjur. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Cianjur.

Pesantren Modern Al Musyarafah

Pesantren ini naik daun karena ada berita bahwa santrinya mampu menghafalkan Al Quran hanya dalam waktu 1 bulan saja. Namun demikian yang membuat kami memasukkan sebagai pesantren terbaik di Cianjur adalah sistem pendidikannya.

Pendidikan di pesantren ini menggabungkan sistem pesantren Modern, pesantren tradisional, dan kurikulum nasional. Lihat jenis lengkap pesantren di Indonesia di sini.

Pesantren modern diambil dalam aspek bahasanya, Arab dan Inggris, ada pembelajaran rutin. Sedangkan pesantren tradisional diambil dalam aspek pola belajar agama, plus dengan kajian kitab kuning.

Adapun pendidikan formalnya melalui SMP dan SMK. Uniknya, pesantren ini juga menetapkan pengabdian selama satu tahun setelah kelulusan. Seperti laiknya pesantren-pesantren besar. Sehingga kemandirian, dan kedewasaan santri menjadi lebih matang.

Biaya masuk di pesantren ini tergolong standard, Rp4.000.000-an. Sedangkan bulanannya berkisar Rp400.000-an. Masih terjangkau untuk masyarakat Cianjur. Bahkan santrinya hingga luar Jawa. Website resmi bisa dikunjungi di sini, http://www.almusyarrofah.com/.

pesantren terbaik di Cianjur
Sumber: Detik.com – Pesantren At Taubah Cianjur

At Taubah Pesantren Unik

Jika yang lain merupakan pesantren untuk santri yang mencari ilmu, pesantren unik di Cianjur ini berbeda, justru pesantren untuk para tahanan. Pesantrennya terletak di lapas IIB Cianjur. Kami sendiri pernah melihat pembinaan rohani di Lapas Medaeng Surabaya, cukup berat. Apalagi sampai sanggup menjadi pesantren. Sungguh luar biasa. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Cianjur.

Memang kami tidak menganjurkan untuk masuk pesantren ini, karena yang mondok di sini, itu artinya sedang berada dalam masa tahanan. Namun yang istimewa, beberapa komplek disulap menjadi pesantren.

Blok menjadi kelas. Ada yang baru belajar shalat. Ada yang baru belajar membaca Al Quran. Benar-benar sangat mendasar. Bahkan ada juga prosesi wisuda ketika sudah selesai. Yang lebih istimewa, pesertanya mencapai 95% dari jumlah total sekitar 800-an.

Pesantren Ittihad

Berdiri pada tahun 1997 dengan niatan tulus seorang saudagar untuk beramal, maka Al Ittihad berdiri sebagai tempat menuntut ilmu. Pesantren ini di Cianjur menjadi salah satu pesantren berpengaruh, bahkan Presiden Joko Widodo sudah pernah berkunjung ke pesantren ini.

Pendidikan pesantren formal yang ada di pesantren ini adalah SMP, SMA dan SMK. Adapun pendidikan pesantren jika kami lihat memiliki nuansa khas pesantren tradisional. Pembelajaran kitab klasik melalui sorogan, pendalaman kitab kuning, dan lain sebagainya.

Namun demikian di pesantren ini setiap santri juga diajarkan untuk belajar dua bahasa utama, Arab dan Inggris, bahkan ada tahfidz Quran sebagai program unggulan dari pesantren yang terletak di Kecamatan Karangtengah. Bisa dikatakan pesantren ini memiliki identitas sekolah formal, plus pendidikan pesantren.

Info lengkap tentang pesantren bisa kunjungi websitenya di sini. http://al-ittihad.or.id/

Pondok Pesantren Al Muslimun

Pesantren terbaik di Cianjur selanjutnya adalah pesantren Al Muslimun. Pesantren di kecamatan Sukaluyu ini memiliki identitas pesantren khas salaf, tradisional. Namun demikian pendidikan formal di dalamnya juga dilaksanakan dengan baik.

Dominasi pendidikan Islam sudah diawal dari pagi, yaitu dimulai dengan tahajud, kemudian selepas subuh ada tahfidz Quran, ditambah lagi dengan pendidikan kajian kitab kuning sorogan. Sedangkan sekolahnya digeser di waktu siang hingga sore. Malam mengaji tafsir, plus ngaji kitab kuning di kelas. Ini merupakan semi modern, lengkapnya jenis pesantren bisa dibaca di sini.

Sedangkan untuk pendidikan formal yang ada di pesantren ini tersedia jenjang SD, SMP, dan SMA. Sehingga setiap santri, meskipun pendidikan pesantrennya sangat kental, namun pendidikan formalnya tidak ditinggalkan.

Untuk biaya masuk pesantren ini sekitar Rp5 jutaan. Untuk bulanannya sekitar Rp600.000-an, makannya dua kali sehari (brosur pesantren di FB).

Inilah beberapa pesantren terbaik di Cianjur. Jika ada usulan pesantren terbaik lainnya bisa ditulis di kolom komentar. Atau jika ada tambahan informasi tentang pesantren-pesantren tersebut bisa mencantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *