5 Pesantren Terbaik di Karawang | Anak Kecil Hafal Quran

Posted by

Pesantren Terbaik di Karawang | Kota Karawang sangat dikenal melalu tembang Goyang Karawang. Namun demikian saat ini juga dikenal sebagai kota industri, di mana banyak pabrik muncul di kota ini.

Meskipun bukan kota pesantren, namun ternyata banyak pesantren terbaik di Karawang. Hal ini kemungkinan besar karena letaknya yang tidak jauh dengan kota-kota besar semacam Jakarta dan Bekasi. Oleh sebab itu kami mereview pesantren terbaik di Karawang.

Kriteria pesantren terbaik di kami berdasarkan review di Internet, rating Google, unsur subjektivitas PanduanTerbaik.id yang tujuannya untuk mempermudah para pencari informasi lembaga pendidikan di Internet.

Kriteria pesantren terbaik bisa dibaca di sini.

Pesantren Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal

Pesantren ini pada hakikatnya memiliki banyak jenjang, dari TK hingga jenjang Sekolah Menengah Atas. Namun demikian kami ingin mengulas pesantren terbaik di Karawang dari sisi pesantren untuk anak-anak kecil. Dari namanya “Wildan” menandakan salah satu fokusnya memang untuk anak kecil.

Pesantren ini berdiri pada tahun 1992. Masih cukup muda, namun demikian kemudian berkembang pesat dengan total santri untuk semua jenjang sekitar 2000-an. Untuk wilayah Karawang, tentu menjadi salah satu pesantren terbesar di Kawang.

Di pesantren ini setiap anak dididik Al Quran, dari mulai membaca hingga menghafal. Dimulai dari waktu subuh untuk shalat berjamaah. Pukul 6-7 setiap anak akan mengaji.

Uniknya, pukul 7-9 ada waktu untuk makan plus bermain. Jadi tidak melupakan kodrat anak untuk bermain. Siang tidur, sore mengaji, hingga kegiatan ditutup di waktu malam pukul 21:00.

Tarbiyatul Wildan Nihayatul Amal merupakan salah satu pesantren favorit di Karawang.

Pesantren Al Quran Nurhasanat

Namanya pesantren Al Quran, maka banyak fokus pendidikan di pesantren ini adalah Al Quran. Namun saran kami lebih baik yang SMP, meskipun di pesantren ini ada jenjang SMP dan SMA, alasannya sederhana, pendidikan di SMP dalam website nurhasanat.or.id memiliki akreditasi A. Sedangkan SMA hanya B.

pesantren terbaik di karawang

Kedua, jika masuk di pesantren hanya mengikuti program biasa, maka targetnya adalah mengikuti pendidikan formal, plus tahfidz 7 juz. Sebenarnya yang bagus di pesantren ini adalah takhassus yang tahfidz Quran hingga 30 juz.

Sayangnya biaya di pesantren ini cukup lumayan dibandingkan yang lain. Untuk pendaftaran sebesar Rp17 jutaan. Sedangkan untuk biaya bulanan mencapai Rp1.5 jutaan. Info lengkap bisa mengunjungi nurhasanat.or.id

Pesantren Al I’tishom

Ini adalah pesantren yang mengedepankan manhaj nabawi, atau mengikuti sunnah nabi dalam setiap perbuatan. Biasanya orang menyebut dengan pesantren sunnah. Baca jenis-jenis pesantren di Indonesia di sini. Di atas lahan seluas kurang lebih lima hektar, pesantren ini cukup baik.

Jenjangnya sangat lengkap, dari SD hingga SMK. Namun berkaitan dengan pesantren, maka kami lebih merekomendasikan yang jenjang SMP dan SMK. Masing-masing memiliki syarat kelulusan hafal 9 Juz Al Quran. Kecuali untuk pendidikan khusus tahfidz, maka menghafal 30 Juz Al Quran.

Ciri-ciri yang lain dari pesantren ini adalah ada hafalan hadist dengan jumlah ratusan untuk santrinya. Juga hafalan beberapa matan kitab klasik, seperti Jurumiyah, Tuhfatul Athfal, Hadist Arba’in, dan lain sebagainya. Kekuatan hafalan memang cukup penting di pesantren ini. Prestasi dalam bidang tahfidz Qur’an juga cukup bagus. Terutama di tingkat kabupaten.

Untuk biayanya sekitar Rp11 jutaan untuk SMP dan SMK. Sedangkan SPP di kisaran Rp1.2 juta. Info lengkap bisa berkunjung ke website resminya di sini, https://www.alitishom.sch.id/.

Pesantren Tahfidz Quran Al Jannah

Satu lagi pesantren tahfidz Quran di Karawang, yaitu Al Jannah. Sebenarnya yayasan ini merupakan yayasan yang bergerak dalam banyak bidang. Di antaranya adalah sosial keagamaan, usaha dan lain sebagainya. Salah satu gerakannya adalah memiliki lembaga pendidikan tahfidz Quran.

Jenjang di pesantren ini masih SD. Sehingga kalau kita melihat masih kecil-kecil. Namun semakin lama kita melihat pasti tersentuh. Di samping itu santrinya masih sedikit. Biasanya santri yang sedikit akan membuat pengelolaan lebih mudah dan fokus.

Pesantren Asshiddiqiyah Cabang Jakarta

Ini merupakan pesantren cabang. Pusatnya ada di Jakarta. Pesantren ini memiliki banyak cabang di wilayah kota sekitar Jakarta, seperti Tangerang, Bogor, Cianjur, juga beberapa kota lainnya. Pesantren ini merupakan pesantren dengan nuansa NU yang kental.

Jumlah santrinya di atas lima ratus, dengan santri putra dan putri mengisi pesantrennya. Setiap kamar rata-rata kapasitasnya sampai 30 orang. Jenjang pendidikannya sangat lengkap. Dari MI hingga sekolah Tinggi. Pesantren yang berdiri pada tahun 1991-an ini memang dikenal jenjang pendidikannya lengkap.

Model pendidikannya adalah pendidikan formal di waktu pagi, kemudian madrasah diniyyah di waktu sore hingga malam. Kajian kitab kuning menjadi menu utama. Modelnya sorogan. Sehingga setiap santri bisa mendapatkan pengetahuan Islam disamping pendidikan formal.

Untuk biaya masuk sekitar 8 jutaan. Tergolong standard. Adapun bulanannya mencapai 1 jutaan. Jika ingin info lengkap tentang pesantren ini bisa mengunjungi, http://asshiddiqiyah-krw.id/.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Karawang versi panduanterbaik.id, di antaranya juga ada pesantren tahfidz Quran terbaik, jika ada usulan pesantren terbaik bisa cantumkan di kolom komentar. Jika ada informasi tidak lengkap bisa cantumkan di kolom komentar agar kami lengkapi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *