pesantren terbaik di NTB

5 Pesantren Terbaik di Wonogiri | Santri Ratusan dan Gratis

Posted by

Pesantren Terbaik di Wonogiri | Wonogiri dikenal sebagai kota gaplek karena mayoritas masyarakat menanam singkong sebagai bahan dasar dari gaplek. Di sisi lain, dengan jalanan berkelok, naik turun, membuat Wonogiri memiliki wilayah yang indah. Sehingga banyak tempat wisata.

Kota yang khas dengan makanan tiwul ini juga memiliki banyak pesantren. Meskipun dalam penelitian kami tidak banyak pesantren besar, bukan pula kota pesantren, namun beberapa pesantren terbaik di Wonogiri bisa menjadi pilihan nyantri bagi para orang tua.

Berikut kami sajikan pesantren terbaik di Wonogiri versi panduanterbaik.id berdasarkan review pribadi, rating Google, unsur subjektivitas lainnya. Nomor bukanlah urutan peringkat.

Pesantren Sunan Gunung Jati

Ini adalah pesantren NU dengan model tradisional modern. Maksud tradisional adalah model pendidikan agama dengan pola sorogan dan kajian kitab kuning, sedangkan maksud modern di sini adalah memiliki pendidikan formal.

Pesantren yang beralamat di Gesing, Kismantoro ini memiliki jenjang pendidikan formal yang cukup banyak, dari TK, MI, hingga MA. Oleh sebab itu bisa dikatakan pesantren Gunung Jati termasuk pesantren terbesar di Wonogiri. Adapun pendidikan agama akan dilaksanakan selepas sekolah, terutama di malam hari dengan model pendidikan diniyah.

Di Wonogiri, pesantren ini termasuk berprestasi, di antaranya adalah di tahun 2018 dua santrinya juara MTQ sekota Wonogiri. Beberapa santrinya ada yang mukim, banyak pula yang tidak mukim. Pesantren ini bisa jadi satu pilihan di Wonogiri.

pesantren terbaik di wonogiri
sumber: laduni.id pesantren Sunan Gunung Jati Wonogiri

Pesantren Al Fattah Wonogiri

Kami belum mengetahui apakah ini cabang pesantren al Fattah Temboro atau bukan. Namun demikian pesantren ini memiliki karakter sehingga kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Wonogiri.

Ini adalah pesantren baru yang berdiri pada tahun 2000-an. Pesantren yang berada jauh dari keramaian ini memiliki tiga identitas utama. Yang pertama adalah kitab kuning dan tahfidz Quran. Keduanya menjadi salah satu inti pokok dari pesantren.

Ciri yang kedua adalah perhatian terhadap dhuafa dan anak yatim. Hal ini membuat pesantren mendapatkan barakah dalam perjalanannya. Ketiga adalah wirausaha sebagai bekal hidup bagi santri setelah usai dari pesantren.

Pola pendidikan di pesantren ini juga bagus. Dari hari senin hingga kami masuk kelas digunakan sebagai pembelajaran agama, sedangkan hari Jumat dan Sabtu digunakan sebagai pembelajaran materi umum. Pendidikan formalnya tersedia jenjang MTS dan MA.

Pesantren Al Iman Cabang Ponorogo

Pesantren terbaik di Wonogiri selanjutnya adalah Al Iman. Ini adalah cabang pesantren Al Iman Ponorogo. Modelnya sama, persis. Pesantren ini memiliki kiblat ke pesantren Gontor yang memiliki sistem sendiri.

Untuk pendidikan di pesantren ini polanya tidak memisahkan antara pendidikan formal dengan pendidikan pesantren. Tapi keduanya digabung dalam pendidikan di kelas. Agama dan formal sudah diramu sedemikian rupa.

Ciri khas dari pesantren yang berkiblat ke Gontor adalah pengelolaan waktu yang disiplin, teratur, dan melatih jiwa kemandirian santri sejak dini. Ektrakulikuler juga cukup banyak. Santrinya juga terus berkembang. Pesantren modern di Wonogiri ini bisa menjadi salah satu pilihan tujuan pendidikan.

Pesantren Mambaul Hikmah

Pesantren Mambaul Hikmah memiliki jenjang pendidikan yang cukup variatif. Dari TK, SD, hingga SMP. Namun demikian yang cukup dikenal justru SMP-nya, yaitu SMP Nawakartika. SMP ini bermodel asrama, dan harus berada di lingkungan pesantren.

Oleh sebab itu SMP yang berada di tempat strategis ini, Jl. Solo Wonogiri KM. 25. Kuotanya yang kami ketahui hanya sekitar 60-an. Mungkin sudah berkembang. Tapi estimasinya sebanyak itu. Sekolah ini di bawah yayasan pesantren Mambaul Hikmah.

Beberapa target dari lulusan SMP ini adalah mampu menghafal juz 30 dan beberapa surat tertentu dalam Al Quran. Pesantren ini bisa menjadi pilihan pendidikan terutama bagi yang menginginkan pendidikan formal yang cukup baik, dengan nuansa pesantren yang kental. Website resmi di sini, http://www.smpnawakartika.sch.id/.

Pesantren Manjung Gratis

Ini adalah pesantren yang didirikan oleh seorang perwira polisi. Ia memang berniat untuk mendirikan pesantren untuk anak yatim piatu. Alhasil semuanya digratiskan. Bahkan hingga saat tulisan ini dibuat sudah lebih dari seratusan santri yang berada di pesantren ini.

Rata-rata memang anak masih usia SD yang mondok di pesantren ini. Rata-rata memang dari Wonogiri, namun ada juga yang dari luar Jawa. Pesantren ini mendidik santri yatim dan dhuafa dengan pendidikan agama.

Kini pesantren ini tumbuh dan berkembang. Jika Anda berada di dekat pesantren ini, saran kami mampirlah dan berikan kelebihan rizki kita. Sangat layak untuk dibantu dengan ketulusan yang dimiliki.

Inilah lima pesantren terbaik di Wonogiri. Jika ada usulan pesantren bisa cantumkan di kolom komentar. Jika ada tambahan informasi juga bisa dicantukamkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *