Pesantren Miftahul Mubtadiin Krempyang | Bagus Biaya Murah

Posted by

Pesantren Miftahul Mubtadiin Krempyang atau yang lebih sering disingkat menjadi Ponpes Krempyang merupakan salah satu Pondok yang sudah dikenal banyak masyrakat Nganjuk, tepatnya lingkungan krempyang.

Berikut ini kami rangkumkan serba – serbi informasi mengenai Ponpes Krempyang. Secara khusus kami akan mengulas dari segi pendidikan, profil pesantren, hingga biaya masuk. Kami menyadur seluruh informasi berdasarkan website resmi dan beberapa artikel lain yang tersebar di internet.

Pesantren Miftahul Mubtadiin Krempyang

Pondok Pesantren Miftahul Mubtaddin merupakan ponpes sepuh di daerah Nganjuk. Tepatnya mulai dirintis oleh KH. Moh. Ghozali Manan pada tahun 1940. Secara identitas, ponpes ini adalah Nahdliyin yang berbasis pada aqidah ahlu sunnah wal jamaah an nahdliyah.

Pesantren yang berada di bawah naungan Yayasan Islam Al-Ghozali ini terdiri dari tiga unit yang berbeda namun tetap dalam satu visi misi yang sama. Yakni Pondok Pesantren Putra – Putri Miftahul Mubtadiin Ar-Ridlo, Pondok Pesantren Putra – Putri Al-Hamami, dan Pondok Pesantren Putra Putri Miftahul Mubtadiin An-Nur.

pesantren miftahul mubtadiin krempyang

Oleh sebab itu kami hanya akan mengulas Ponpes Miftahul Mubtadiin (Krempyang) secara garis besarnya saja.

Pendidikan di Pesantren Miftahul Mubtadiin Nganjuk

Secara umum, pendidikan di Pesantren Miftahul Mubtadiin Krempyang diklasifikasikan menjadi dua bagian. Yang pertama adalah unit madrasah salafiyah (dengan fokus pendidikan agama yang merujuk pada kurikulum khas salafi) dan terdiri dari lima jenjang pendidikan, MI, MTs, MA, Madrasatul ‘Ulya, dan Forum Kajian Khusus Kitab Kuning (F4).

Sedangkan yang kedua adalah unit madrasah kemenag (yang khusus berkurikulum-kan kemenag). Di mana bobot pendidikan agama dengan ilmu pengetahuan umum sama ratanya.

Adapun unit pendidikannya mulai dari KB, RA, MI, MTs, MA (penjurusan IPA – IPS), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA) dengan 2 jurusan, yakni program manajemen pendidikan islam (mpi) serta program ahwal al syakhsiyah (syariah).

Kegiatan Ekstrakulikuler

Kegiatan ekstrakulikulernya pun lumayan beragam. Mulai dari public speaking (pidato 3 bahasa, arab – inggris – indonesia), diskusi penelitian ilmiah, bahtsul masa’il, seni beladiri, drumband, qasidah.

Masih ada lagi marawis, pengembangan jurnalistik dan publisistik, lab skill, pelatihan seni baca al qur’an (tartil), pembinaan prestasi, hingga pelatihan keterampilan serta wirausaha.

Pengembangan Keterampilan dan Perekonomian

Nah, bagi santri pesantren Miftahul Mubtadiin Krempyang yang masih haus akan pelatihan dan pengembangan keterampilan, bisa mengikuti unit pengembangan keterampilan dan usaha perekonomian ponpes.

Beberapa jenis pelatihan yang tersedia seperti kursus menjahit, latihan kerja swasta “akroma komputer”, kelompok bimbingan ibadah haji dan umroh (KBIHU), badan sosial peduli umat, usaha peternakan sapi, pertanian, industri tahu tempe, hingga koperasi buku dan kitab.

Melalui pelatihan unit tersebut, para santri Ponpes Miftahul Mubtadiin Nganjuk bukan hanya mengembangkan potensi dirinya, melainkan juga turut membantu usaha perekonomian milik pesantren.

Fasilitas Pondok Miftahul Mubtadiin

Adapun fasilitas yang tersedia antara lain masjid, asrama santri, kantor, dapur, gedung sekolah, koperasi santri, aula pertemuan, perpustakaan, laboratorium bahasa dan komputer, ruang praktikum bengkel.

Bahkan tersedia gedung teater, minimarket, lapangan olahraga, hingga klinik kesehatan. Lebih lengkap bisa lihat video yang kami sertakan di bagian bawah.

Pendaftaran Santri

Ponpes Miftahul Mubtadiin Krempyang membuka pendaftaran santri baru secara online melalui website resmi. Untuk formulir pendaftaran dikenakan biaya sekitar Rp. 100.000 ribu rupiah. Kemudian menyerahkan berkas administrasi sebagai berikut:

  • FC KTP orang tua / wali santri
  • FC KK dan akta kelahiran 2 lembar.
  • Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari polsek (bagi santri yang berusia 17 tahun ke atas), atau
  • Surat keterangan berkelakuan baik (SKKB) dari desa / kelurahan setempat.
  • Pas foto ukuran 3×4 dengan ketentuan santri putra berkopyah hitam dan putri berjilbab sebanyak 3 lembar.

Biaya Pesantren Krempyang Nganjuk

Berdasarkan brosur ponpes yang berhasil kami peroleh, berikut rincian biaya masuk santri Ponpes Miftahul Mubtadiin Krempyang tahun 2020 (sayangnya kami belum mendapatkan informasi biaya masuk tahun ajaran 2022 terbaru).

UnitBiaya MasukBiaya TahunanSPP
PP. Ar RidloRp. 1.100.000Rp. 840.000Rp. 105.000
PP. Al HamamiRp. 673.500Rp. 195.000Rp. 245.000
PP. An NurRp. 345.000Rp. 720.000Rp. 215.000

Dari rincian biaya di atas, total biaya masuk yang perlu dikeluarkan sekitar 1.5 – 2 juta rupiah. Tergolong standar untuk ukuran ponpes di wilayah Jawa Timur, khususnya Nganjuk. Bisa dibandingkan dengan ponpes – ponpes lain di Nganjuk melalui link ini.

Alamat Lengkap Miftahul Mubtadiin Krempyang

Pondok Pesantren Miftahul Mubtadiin Krempyang beralamat lengkap di Jl. KH. Wahid Hasyim 126 Lingkungan Krempyang, Kel. Tanjunganom, Kec. Tanjunganom, Kab. Nganjuk – Jawa Timur.

Jika menginginkan informasi lebih update dan valid bisa menghubungi bagian pusat informasi di nomor +62 813 5945 5933 (Toha Mahsun) / +62 823 3524 4634 (M. Zaenal Mutaqin). Kunjungi laman resmi ponpes di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *