Pesantren Yasinat Jember | Tahfidz Quran Biaya Terjangkau

Posted by

Pesantren Yasinat Jember merupakan salah satu pondok pesantre legendaris. Tidak hanya di Jember, tapi juga untuk wilayah Jawa Timur. Alumninya sudah ribuan, santrinya berasal dari banyak daerah di Indonesia.

Oleh sebab itu kami tertarik mengulas informasi lengkapnya berdasarkan brosur yang kami dapatkan dari halaman facebook pesantren. Di antara yang akan kami bahas adalah informasi biaya masuk serta keunggulan pendidikan.

Pesantren Yasinat Jember

Nama aslinya adalah Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah. Yang kemudian disingkat menjadi Pesantren Yasinat Jember. Namun nama terakhir jauh lebih terkenal, mungkin karena mudah diucapkan.

Berdiri pada tahun 1921. Tergolong pesantren tua. Lebih tua dari Gontor Ponorogo. Pendirinya adalah seorang ulama Almarhum KH. Imam Bukhori. Pesantre kemudian diasuh oleh KH. Muhammad Dimyathi Burhan.

pesantren yasinat jember

Pendidikan di Ponpes Yasinat Jember

Pesantren Yasinat Wuluhan Jember pada hakikatnya adalah pesantren khusus tahfidz Quran. Dengan fokus utama mengkhatamkan sampai tiga puluh juz. Oleh sebab itu cukup bagus dan dijadikan rujukan.

Yang menarik, pendidikannya terbagi dua, ada yang tahfidz reguler, ada juga yang khusus tahfidz Quran. Perbedaan keduanya, kalau takhassus kegiatan dalam sehari-hari lebih banyak dikondisikan untuk Al Quran.

Adapun metodenya dalam jurnal pendidikan Agama Islam dibahas adalah metode Yanbu’a. Ini adalah metode tahfidz Quran dari Kudus yang sangat ketat. Kami pernah mengulasnya di sini. Dengan kata lain hasil tahfidz qurannya adalah mutqin, melekat.

Pondok Pesantren Yasinat juga tidak hanya menerima santri putra dan putri, tapi juga menerima santri SD. Artinya bisa sebagai tempat pendidikan santri anak-anak yang ingin menghafal Al Quran.

Pendidikan Formal di Ponpes Yasinat

Adapun pendidikan formalnya tersedia bermacam-macam. Mulai dari SD, Mts Nahdlatuth Thalabah, SMP Nahdlatuth Thalabah, hingga SMK Nahtlatuth Thalabah. Bisa dikatakan lengkap.

Bahkan SMK Yasinat menyediakan dua jurusan yang dibutuhkan di era sekarang. Yaitu Teknik Komputer Jaringan, dan Multimedia. Oleh sebab itu peminatnya cukup banyak.

Fasilitas Pesantren Yasinat

Adapun untuk fasilitas sudah cukup lengkap. Apalagi pesantren ini sudah berdiri dalam jangka waktu puluhan tahun. Mulai dari asrama, masjid yang luas. Lapangan olah raga, futsal, badminton, bola voli, tempat pengembangan minat bakat.

Bahkan untuk SMK ada program life skill menjahit, belum lagi tilawah, rebana, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu kemungkinan santri untuk betah cukup besar. Lebih lengkap bisa melihat video yang kami sertakan.

Pendaftaran Pesantren Yasinat Wuluhan

Biasanya waktu pendaftaran diulai sejak bulan Sya’ban hingga Ramadhan untuk gelombang pertama. Gelombang kedua di bulan Syawwal.

Bagi yang ingin masuk ke pesantren Yasinat Jember, maka datang ke kantor dan sowan ke pengasuh dengan diantar oleh orang tua atau wali santri. Ini ciri khas pondok pesantren. Adapun syarat administratifnya adalah sebagai berikut.

  • Foto copy kartu keluarga dan akte kelahiran 2 lembar
  • Menyerahkan pas foto berwarna 3 x 4 sebanyak dua lembar

Nantinya ada tes masuk seperti baca Al Quran, menghafal surat yang ditentukan penguji, praktek wudlu, shalat, dan tes kesehatan. Jadi cukup ketat sekali.

Biaya Masuk Pesantren Yasinat

Tahfidz RegulerRp2.620.000
SPP Tahfidz RegulerRp450.000
Tahfidz TakhassusRp3.245.000
Spp Tahfidz TakhassusRp450.000

Biaya di atas sudah termasuk SPP bulanan, almari baju, buku, sandal, kegiatan rutin, sumbangan pembangunan dan lain sebagainya. Sedangkan khusus santri SD ada biaya laundry sebulan Rp100.000. Ini biaya di tahun 2021.

Biaya MTs, SMP dan SMK

Biaya MTsRp1.000.000
Biaya SMKRp1.250.000

Untuk biaya SMP kami belum berhasil mendapatkan.  Namun menurut kami semua biaya ini tergolong terjangkau. Bisa disurvey dengan pesantren lain di Jember melalui link ini agar bisa menjadi pertimbangan.

Alamat Lengkap

Adapun alamat lengkap pesantren berada di Jl. KH. Imam Bukhori, Dusun Demangan, Jember, 68162, Krajan, Kesilir, Kec. Wuluhan, Kabupaten Jember. Bisa ikuti Google Maps yang kami sajikan.

Semoga informasi ini bermanfaat. Jika ingin informasi yang lebih lengkap, update, bisa tanyakan ke 0336 881436. Bisa ditelpon untuk mengetahui informasi lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *