7 Pesantren Terbaik di Madiun | Salafiyah Modern Khusus Putri

Posted by

Pesantren terbaik di Madiun | Madiun merupakan kota pesilat. Banyak pintu masuk desa selalu ada gerbang hitam yang menunjukkan sketsa pesilat. Namun demikian Madiun juga menyimpan banyak pesantren. Di antaranya adalah pesantren terbaik.

Oleh sebab itu PanduanTerbaik.id ingin menyajikan beberapa pesantren terbaik di Madiun. Data ini kami sajikan untuk mempermudah pencari informasi pesantren. Pemilihan kami tentu subjektif berdasarkan review di internet, rating Google, dan beberapa aspek lainnya.

Pesantren Modern Babussalam Kebonsari

Pesantren ini berdiri pada tahun 1986, cukup berumur untuk pesantren di Madiun. Didirikan oleh alumni pesantren Gontor, sehingga banyak hal sangat mirip dengan pesantren di Ponorogo, Gontor tersebut.

Terutama dalam beberapa aspek, yaitu kurikulum yang menggunakan KMI, pendidikan agama Islam dan umum yang digabungkan menjadi satu dalam kelas. Kedua, terkait disiplin yang begitu ketat dalam keseharian sehingga memunculkan kemandirian. Ketiga, adalah bahasa yang digunakan dalam komunikasi setiap hari. Pesantren ini jenjangnya untuk Tsanawiyah dan Aliyah.

Untuk kehidupan sehari-hari waktunya sangat padat. Dari pukul 04:00 pagi hingga berakhir pada pukul 21:30 malam. Ektra kurikuler juga cukup banyak. Bahkan ada pembekalan tentang kewirausahaan untuk setiap santri. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Madiun.

Uniknya biaya pesantren Babussalam cukup terjangkau. Biaya masuknya Rp1.300.000-an, sedangkan untuk SPP-nya setiap bulan sekitar Rp300.000. Info lengkap bisa kunjungi website resminya di sini, http://www.babussalam.ac.id/.

Pesantren Mujaddadiyah Taman

Pesantren ini memiliki sejarah erat dengan dakwah kerohanian Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah. Oleh sebab itu salah satu identitas penting dari pesantren ini adalah pendidikan kerohanian yang cukup baik.

Secara pesantren, nuansanya kental dengan warna salafiyah. Di mana pesantren memegang teguh pendidikan kajian kitab kuning dengan metode sorogan dan bandongan yang khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Identitas lainnya adalah santri melakukan sekolah formal di pagi hari, dan masuk kembali pesantren dari sore hingga malam (madrasah diniyah).

Yang istimewa dari pesantren Mujaddadiyah Taman menurut kami adalah pengelompokkan asrama berdasarkan pendidikan. Ada yang khusus pesantren, ada yang khusus tahfidz Quran. Sehingga pembelajaran berjalan kondusif.

Aspek lain yang tidak kalah penting adalah pendidikan formal, dari MTS hingga MA, keduanya dalam website remi kami lihat masih terakreditasi B. Sedangkan untuk jenjang lain adalah SMK Kimia Industri, ini bidang yang cukup menantang. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Madiun.

Pesantren Subulul Huda Wungu

Dalam sudut pandang kami, pesantren Subulul Huda merupakan pesantren yang memiliki citra cukup bagus. Terutama karena di bawah naungan Gus Azmi, sosok karismatik yang menjadi pimpinan cabang NU Madiun.

Oleh sebab itu salah satu pesantren di Madiun yang sering mendapatkan kunjungan tamu-tamu besar adalah Pesantren Subulul Huda. Dari Gubernur, Panglima TNI, Danrem, dan lain sebagainya. Maka nama pesantren ini pun perlahan-lahan dikenal masyarakat. Pesantren ini juga sering dijadikan tempat mengadakan acara.

Ini merupakan pesantren salafiyah khas NU. Berdiri pada tahun 1970, termasuk pesantren tertua di Madiun. Jenjang pendidikannya lengkap, dari TK, MI, hingga MTS dan MA. Jumlah santrinya sekitar 300-an. Tergolong cukup untuk wilayah Madiun. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Madiun.

pesantren terbaik di madiun
sumber: fkpmbmadiun.blogspot.com | Santri Pesantren Babussalam

Pesantren Salafiyah Kanzul Ulum

Pesantren salafiyah bukan berarti pesantren salafi ya. Itu berbeda lagi. Selengkapnya baca jenis pesantren di sini. Pesantren ini memiliki karakter lembaga pendidikan yang berbasis kajian kitab kuning. Seperti karakter pesantren-pesantren dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berbasis kyai yang kuat.

Namun demikian, pesantren dengan jenjang yang cukup lengkap ini, dari PAUD hingga SMA, memiliki kelebihan dalam aspek ketrampilan bekerja. Sehingga materi untuk bekal hidup cukup banyak dalam pendidikan kurikuler. Tidak lupa dibekali dengan tahfidz Quran.

Santrinya memang belum banyak sekitar seratusan, namun demikian berasal dari banyak daerah, terutama seperti Magetan, Ngawi, Nganjuk, dan lain sebagainya. Sehingga tercipta pergaluan yang heterogen. Bahkan di brosur disebutkan bahwa pesantren ini kombinasi antara pesantren Gontor, Lirboyo, Al Falah Ploso, dan perguruan tinggi luar negeri.

Pesantren Khairunnas Wungu

Pesantren ini didirikan oleh lembaga amil zakat Nurul Hayat. Lembaga amil zakat yang bergerak di bidang penghimpunan dana. Oleh sebab itu pesantren ini didirikan mirip dengan lembaga pendidikan lainnya dalam satu naungan. Seperti di Malang dan lain sebagainya.

Fokus pendidikan di pesantren ini yang pertama adalah tahfidz Quran. Sehingga setiap santri memiliki target hafalan Quran. Yang kedua adalah pendidikan formal. Sehingga setiap santri tidak hanya belajar agama saja, namun juga ilmu umum.

Karena ini dikelola oleh lembaga zakat, maka pesantren ini khusus untuk yatim atau dhuafa, kurang mampu. Artinya memang ini merupakan salah satu pesantren gratis di Madiun. Info lengkap bisa mengunjungi website resmi di sini, https://www.pesantrenkhairunnas.sch.id/

Pesantren Khusus Putri Madiun | Darul Madinah

Ini adalah pesantren khusus putri di Madiun. Tidak banyak pesantren yang demikian. Namun kami menyukainya karena memiliki spesifikasi tertentu. Pesantren ini khusus mendidik tahfidz Quran dan pendidikan formal.

Berbasis lembaga pendidikan Hidayatullah, maka pesantren ini memiliki corak pendidikan pengamalan sunnah Rasul. Tahfidz Quran dan mempraktekkan amalan-amalan sunnah rasul dalam keseharian. Dari berpakaian hingga banyak hal lainnya.

SMP memiliki target hafal 10 juz, sedangkan SMA memiliki target hafal 15 juz. Jika mengambil program khusus, harus hafal 30 juz. Sayangnya pesantren ini dari segi pendaftaran tergolong mahal jika dibandingkan pesantren terbaik di Madiun lainnya. Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh bisa mengunjungi tempatnya.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Madiun. Nomor tujuh sengaja kami kosongkan untuk mendapatkan usulan dari pembaca. Jika ada info kurang tepat atau tambahan bisa isi kolom komentar agar kami perbaiki.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *