Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo | Pendidikan dan Biaya

Posted by

Pesantren Darul Huda Mayak merupakan salah satu pondok pesantren besar di Ponorogo selain Gontor. Pondok pesantren ini letaknya sangat dekat dengan pusat kota. Juga lalu lalang santri begitu ramai. Ini merupakan salah satu tujuan pendidikan masyarakat Ponorogo dan sekitarnya.

Oleh sebab itu kami akan merangkum informasi tentang ponpes Darul Huda Mayak Ponorogo berdasarkan website resmi, brosur yang kami dapatkan, disertai komentar. Di antara yang kami sajikan adalah pendidikan dan biaya masuk.

Pesantren Darul Huda Mayak

Ponorogo memang dikenal sebagai salah satu kota pesantren di Indonesia. Pesantren Darul Huda Mayak berdiri di kota tersebut pada tahun 1968. Pendirinya adalah KH. Hasyim Sholeh. Ini salah satu pesantren legendaris.

Santrinya berasal dari banyak daerah, terutama Ponorogo dan sekitarnya, jumlahnya mencapai kurang lebih 5000-an. Tergolong pesantren dengan jumlah santri terbanyak di Ponorogo. Sistemnya bisa mukim, bisa juga santri laju, atau istilah terkenalnya adalah santri kalong.

pesantren darul huda mayak

Pendidikan di Pondok Pesantren

Pondok pesantren di Ponorogo ini pada awalnya adalah pesantren dengan basis pendidikan salafiyah diniyyah. Yaitu pendidikan yang fokus pada mendalami kitab-kitab Islam. Namun kemudian berkembang hingga menjadi kombinasi dengan pendidikan formal.

Oleh sebab itu hingga sekarang pendidikan yang tersedia adalah kombinasi diniyyah dengan pendidikan formal. Untuk diniyyah disebut Madrasah Miftahul Huda atau biasa disebut dengan MMH.

Adapun untuk pendidikan formal tersedia jenjang Tsanawiyah dan Aliyah yang merujuk kepada kemenag. MTs, dan MA. Pendidikan ini dilengkapi dengan sistem pondok pesantren untuk putra dan putri.

Meskipun ada sistem santri laju atau kalong, namun ada beberapa ketentuan yang wajib diikuti. Santri dari luar Ponorogo harus berada di pondok pesantren. Tidak boleh kost, kontrak, atau model tempat tinggal apapun di luar pesantren.

Kalau santri laju, pulang pergi, adalah santri yang hanya berangkat dari rumah orang tua. Bukan dari rumah kakaknya, atau saudaranya. Ini dilakukan biasanya untuk menjaga ketertiban dan kepribadian santri.

Sedangkan santri yang berada di dalam pesantren, wajib baginya untuk mengikuti pendidikan formal dan madrasah. Istilahnya pagi berangkat sekolah, sore berangkat mengaji. Sehingga santri memiliki pendidikan yang lengkap.

Keunggulan Pondok Pesantren

Prestasi santri Darul Huda Mayak juga cukup bagus. Yang kami dapatkan informasi di tahun 2016, yaitu juara 1 putra dan putri baca kitab kuning se-Eks Karisidenan Madiun yang diselenggarakan di STAIN Ponorogo. Artinya pendidikan diniyyah yang dimiliki cukup bagus.

Sisi lain yang menurut kami unggul adalah sarana dan prasarana. Pondok pesantren ini memiliki gedung-gedung yang cukup luas dan bertingkat. Semuanya sudah standar dan cukup untuk santri. Anda bisa lihat di video yang kami sertakan.

Pendaftaran Pesantren

Jika ingin mendaftar, calon santri bisa melalui online, cukup kunjungi website resminya, kami akan cantumkan di bawah. Namun demikian ada beberap syarat yang harus dipenuhi untuk mengisi secara online. Yaitu,

  • FC Kartu Keluarga
  • NISN
  • Kartu Indonesia Pintar jika ada
  • Nomor yang bisa dihubungi.

Nanti setelah usai tahapan pengisian, maka ada pendaftaran di tahun ajaran baru. Biasanya dibawa ketika awal masuk tahun ajaran. Di antaranya persyaratan yang dibutuhkan adalah,

  • FC Ijazah tiga lembar
  • FC NISN satu lembar
  • Foto hitam putih 3 x 4 sebanyak 4 lembar
  • FC akte kelahiran
  • FC KK
  • FC KIP/KPS/KKS/PKH jika ada.

Biaya Masuk Pesantren Darul Huda

Biaya masuk pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo banyak pilihannya sesuai dengan jenjang. Kami sajikan melalui tabel agar lebih mudah dibaca.

JenjangPutraPutri
MTs MukimRp2.325.000Rp2.530.000
MA MukimRp2.345.000Rp2.550.000
Madrasah Diniyah MukimRp1.756.000Rp2.073.000
MTs dan Diniyah LajuRp1.105.000Rp1.289.000
MA dan Diniyah LajuRp1.205.000Rp1.389.000
Diniyah LajuRp338.000Rp633.000
MA LajuRp1.055.000Rp1.101.000

Yang kami cantumkan ini biaya masuk pesantren Darul Huda Ponorogo pada tahun 2021-2022, jadi kalau melihatnya di tahun berikutnya kemungkinan sudah berubah. Namun setidaknya bisa menjadi pedoman.

Biaya ini menurut kami terjangkau untuk wilayah Ponorogo, apalagi SPP perbulan bagi yang mondok sekitar Rp450.000, sedangkan untuk yang laju tergantung jenjang. Kalau diniyah saja Rp30.000, sedangkan yang MA Rp110.000, Adapun untuk MTs plus diniyah Rp90.000.

Biaya bisa dibandingkan dengan pesantren terbaik lainnya di Ponorogo di link ini. Kami sudah sajikan dari keunggulan dan biaya masing-masing. Bisa dijadikan sebagai perbandingan dalam aspek biaya antara satu dan lainnya.

Alamat Lengkap

Alamat lengkap pondok pesantren berada di Jalan Ir. H. Juanda VI/38 Mayak Tonatan Ponorogo. Atau bisa ikuti link yang kami sajikan di bawah ini. Jika ingin komunikasi atau bertanya-tanya bisa hubungi 0352 461093.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih update bisa kunjungi website resmi di sini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pendidikan terbaik di wilayah Ponorogo dan sekitarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *