Pesantren Attahdzib Ngoro Jombang | Fasilitas Pendidikan dan Biaya

Posted by

Pesantren Attahdzib Ngoro Jombang atau dikenal dengan PA merupakan salah satu pesantren besar yang memiliki beberapa kelebihan. Terutama dari segi pendalaman materi yang dikaji oleh para santri.

Oleh sebab itu kami tertarik untuk membahas lebih lanjut dengan cara merangkum informasi dari website resmi dan brosur yang tersedia tentang pesantren ponpes Attahdzib Ngoro, baik itu dari segi profil lembaga, kurikulum pendidikan juga biaya masuk pesantren Attahdzib Jombang.

Pesantren Attahdzib Ngoro Jombang

Pesantren Attahdzib Jombang dirintis pertama kali oleh Hadratus Syaikh Romo KH. Ihsan Mahin di desa Payak Mundil Ngoro Jombang pada tahun 1958. Namun berdirinya pesantren diresmikan pada hari Senin Wage tanggal 17 Agustus 1959 Masehi atau 12 Safar 1379 Hijriyah.

Namun kemudian pesantren ini pindah ke Rejoagung Ngoro Jombang pada tahun  1961. Sehingga dikenal sebagai pesantren Ngoro Jombang.

pesantren attahdzib ngoro jombang

Pondok pesantren ini awalnya hanya mendidik dan mengajari santri-santrinya ilmu agama saja. Seiring berjalannya waktu, dengan tekad kuat pendiri yang bercita-cita agar para santri bisa berkompetensi secara intelektual, maka pendidikan dan pengajaran pesantren salafiyah ini dilengkapi juga dengan pendidikan formal dari berbagai jenjang mulai SD/MI hingga perguruan tinggi.

Kurikulum Pendidikan Pesantren Attahdzib

Yang menarik dari pesantren At-Tahdzib ini adalah memiliki dua jenis sistem pendidikan atau pembelajaran. Diantaranya pendidikan diniyah dan pendidikan formal, yang didukung dengan kegiatan ekstrakulikuler dan life skill (keterampilan hidup).

Untuk pendidikan diniyah, Pesantren At-Tahdzib memiliki cara khusus agar materi ilmu agama dapat terserap dengan baik oleh setiap santri.

Namanya adalah takror, yaitu semacam pendalaman dengan cara diskusi dan sharing dengan atau musyawarah. Ini model pendalaman pendidikan dewasa. Namun dijalankan di pesantren Attahdzib Ngoro Jombang ini.

PanduanTerbaik.id

Adapun untuk pendidikan formal, secara metode pembelajarannya sama dengan lembhaga pendidikan formal lainnya, namun untuk muatan lokal dalam kurikulum nya disesuaikan dengan visi dan misi Pesantren At-Tahdzib. Jenjangnya SD, MTs, MA, SMP, dan SMK.

Fasilitas Pesantren At-Tahdzib

Meskipun secara garis besar Pesantren At-Tahdzib merupakan pesantren salaf, namun dari segi fasilitas cukup baik, diantaranya; Masjid, asrama putra-putri, ruang kelas, perpustakaan, tabungan santri, tempat pelatihan life skill, sarana olahraga, kolam renang, kantin, koperasi pesantren dan poskestren (pos kesehatan pesantren).

Dengan fasilitas di Pesantren At-Tahdzib ini, diharapkan para santri dan sanriwati lebih betah dan lebih bersemangat untuk menuntut ilmu agama, ilmu umum dan life skill bersama segenap ustadz-ustadzah juga teman-temannya.

Review Pesantren At-Tahdzib

Dari brosur dan info yang tersedia di website resmi Pesantren Attahdzib Ngoro Jombang, PA ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya letak geografis yang dekat dengan pedesaan sehingga suasananya asri dan sejuk.

Juga masyarakat di sekitar pesantren sangat bersahaja dengan gaya hidup mereka yang tradisional dalam segala aspek, baik itu aspek budaya, sosial, tradisi keagamaan maupun ekonomi.

Ponpes AtTahdzib Ngoro Jombang memiliki banyak kegiatan bersifat rohaniyah (mujahadah) guna membimbing dan menggembleng para sanri dan santriwati dari segi spiritual. Dan pastinya, akhlakul karimah, nilai-nilai kesopanan (unggah-ungguh) sudah menjadi ruh dan tradisi hidup keseharian di pesantren At-Tahdzib.

Mujahadah ini terdapat beberapa jenisnya. Ada mujahadah yaumiyah (harian), mujahadah usbu’iyah (mingguan), mujahadah syahriyah (bulanan), mujahadah rubu’ussanah (3 bulanan), juga mujahadah nishfussanah (6 bulanan).

Bertempat tidak hanya di pondok saja tapi juga di luar pondok. Kegiatan ini sesuai dengan ajaran dan bimbingan muallif sholawat wahidiyah (KH. Abdoel Madjid Ma’ruf, teman pendiri pesantren At-Thadzib)

Biaya Pendidikan di Pesantren At-Tahdzib

Biaya hidup dan pendidikan di pesantren At-Tahdzib bisa dibilang relatif lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat menengah kebawah. Dan hal ini sudah menjadi tradisi dari semenjak pesantren didirikan.

Mengapa murah? Oleh sebab pendirinya ingin memudahkan masyarakat yang ingin menimba ilmu agama. Jangan sampai keinginan menuntut ilmu agama terhambat hanya gara-gara biaya. Berikut biaya bulanannya

JenjangSPP
SDRp208.000
SMPRp210.000
MARp240.000
SMKRp240.000
PTRp330.000

Biaya ini termasuk makan dua kali sehari. Namun ini biaya yang kami dapatkan di tahun 2020-2021, tapi paling tidak jadi pedoman. Ada biaya lain untuk anak-anak yaitu Rp35.000, untuk kamar dan mencuci pakaian. Menurut kami masih murah. Adapun biaya pendidikan formal adalah sebagai berikut.

MTs IhsanniatAkreditasi APutra Rp585.000
Putri Rp665.000
MA IhsanniatAkreditasi APutra Rp685.000
Putri Rp765.000
SMPAkreditasi B –
SMK– 

Yang kosong karena kami belum berhasil mendapatkan. Dengan biaya yang sedemikian rupa beserta fasilitas yang luamayan banyak dan memadai, maka biaya tersebut dapat dibilang sangat murah.

Bisa dibandingkan dengan biaya pondok pesantren lain di Jombang di link ini. Kami sudah sajikan informasi biaya dan keunggulan masing-masing, dari yang modern, hingga yang salafiyah modern.

Alamat lengkap pesantren At-Tahdzib

            Alamat lengkapnya di Jalan Raya Ngoro-Kandangan Km 3 Rejoagung Ngoro Jombang Jawa Timur . Atau ikuti Google Maps yang sudah sertakan di bawah ini.  

Informasi lebih update dan valid bisa kunjungi website resminya di https://www.attahdzib.org/ atau komunikasi dengan pihak pesantren untuk putra di 0856 4869 0604. Sedangkan untuk putri di 0858 5083 3313.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *