7 Pesantren Terbaik di Nganjuk | Trah Kiai Besar di Jawa

Posted by

Pesantren terbaik di Nganjuk | Nganjuk dikenal sebagai kota angin, karena anginnya memang sangat kencang. Daerah ini juga diapit oleh dua gunung, yaitu gunung Wilis, dan pegunungan Kendeng.

Pesantren di Nganjuk ternyata cukup banyak. Salah satu faktornya karena bertetangga dengan Kediri yang dikenal memiliki banyak pesantren terbaik. Juga bertetangga dengan Jombang. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami ingin mengulas pesantren terbaik di Nganjuk.

Dasar kami adalah review di internet, rating Google, juga beberapa unsur subjektif lainnya.

Pesantren Al Huda Bonggah Ploso

Bisa dikatakan Nganjuk adalah rumah sejarah bagi pesantren. Beberapa pesantren berdiri di masa kemerdekaan, seperti Pesantren Al Huda Bonggah Ploso Nganjuk yang juga berawal sejak tahun 1940-an. Pesantren ini lahir akibat kegelisahan melihat keadaan masyarakat yang banyak berbau mistis.

Pesantren ini identitasnya adalah pesantren salaf dengan tradisi baca kitab yang kental. Namun demikian seiring berjalannya waktu pesantren ini kemudian berkembang mengikuti kurikulum nasional dengan tetap mempertahankan tradisi-tradisi salaf dalam bentuk madrasah diniyah.

Pesantren ini juga dikenal memiliki relasi yang baik dengan masyarakat, juga dengan instansi seperti koramil dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Nganjuk.

Pesantren Darul Ihsan Payaman

Pesantren ini unik, karena menggabungkan antara kurikulum pesantren modern dengan pesantren salafiyah, plus kurikulum kemenag. Pesantren dengan model demikian memiliki komposisi pendidikan yang patut dipertimbangkan.

Biasanya di kelas akan menggabungkan antara kemenag dan modern. Kurikulum modern identitasnya selalu menjadikan pembelajaran agama dengan model kelas, klasikal. Bukan sorogan. Lengkap penjelasan jenis pesantren di sini.

Tapi pola pendidikan dengan kyai sima’an kitab tetap berjalan. Inilah model yang cukup unik.

Sedangkan pola asrama menggunakan model pesantren modern yang diatur waktunya, diatur kamarnya. Sehingga mengajarkan disiplin. Bahasa juga diajarkan sebagai alat komunikasi, bukan sebatas belajar di kelas. Di brosur tahun 2018, tertera biaya pendaftaran hanya 150.000. Murah sekali. Oleh sebab itu bisa menjadi opsi pesantren terbaik di Nganjuk.

Pesantren Mojosari Loceret

Dalam catatan sejarah, pesantren ini didirikan oleh Kiai Ali Imron pada tahun 1720M. Cukup tua sekali. Kemudian yang paling mashur adalah KH. Zainuddin (Generasi 7)yang mana darinya banyak santri yang juga dikenal luas, seperti Kiai Wahab Hasbullah, Kiai Mashudi Blitar, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu dikenal dengan pesantren kiai besar dan para sesepuh.

Salah satu pesan yang paling dikenal dari Kiai karismatik tersebut adalah “santri-santriku masio nakal sesok bakal dadi wong” santriku meskipun nakal, di hari esok akan menjadi orang.

Kini pesantren tersebut tetap berdiri kokoh dengan identitas salafiyahnya. Baik dari tradisi, pembelajaran, bahkan dari bangunan. Masjid bahkan asrama sangat kental sekali dengan bangunan dengan model zaman dahulu, dinding tebal dan lain sebagainya.

Yang paling penting dari pesantren ini adalah pendidikan tauhid dan akhlaq semacam kesabaran yang memang dididik dengan kesungguhan.

pesantren terbaik di Nganjuk
Sumber: Youtube

Pesantren Al Ihsan Baron

Pesantren ini lebih dikenal dengan pesantren Baron. Pesantren di Nganjuk yang memiliki beberapa cabang di Indonesia. Ada yang di Bogor, Kendari, hingga Pangkalan Bun. Pesantren ini modelnya lebih kepada boarding school. Yaitu lebih menekankan kemampuan akademik dengan target jumlah hafalan tertentu.

Contoh untuk jenjang SMP, target hafalannya 5 juz. Sedangkan SMA memiliki kewajiban menghafal sebanyak 10 juz dengan pengembangan akademik yang intens. Di sini juga ada program khusus tahfidz Quran dengan target 30 juz.

Memang salah satu kelebihan pesantren ini programnya yang sangat beragam. Ada program The Winner, yaitu penekanannya pada potensi akademik di MIPA. Ada program Moslem Scholar yaitu penekanannya pada tahfidz Quran dan menjadi orator yang ulung. Program ketiga adalah entrepreneur, yaitu penekanannya pada pengembangan jiwa wirausaha. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Nganjuk.

Website resmi bisa dikunjungi di sini, http://ponpesbaron.id.

Pesantren Terbesar Miftahul Mubtadiin Krempyang

Ini merupakan salah satu pesantren tua dan inspiratif di Nganjuk. Berdiri pada tahun 1940-an pesantren ini didirikan oleh KH. Ghozali Manan. Sosok ini pernah nyantri di Lirboyo, Jampes Kediri, dan beragam pesantren lainnya. Sehingga identitas pesantren ini jelas, lebih kepada tradisi mengaji kitab.

Selain kajian kitab yang mendalam, lembaga yang dikenal dengan Pesantren Krempyang ini justru lebih identik dengan pesantren tradisional yang diajarkan wirausaha dengan kental. Semua diajarkan melalui praktik, bukan hanya teori.

Contoh usaha penggemukan sapi. Di pesantren ini santri diterjunkan untuk ikut serta dalam usaha penggemukan hewan ternak tersebut. Sehingga mereka langsung tahu dan mengerti. Bahkan di belakang pesantren ada lahan tiga hektar yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan mendidik santri bercocok tanam.

Santrinya sangat banyak, lebih dari 2.500-an. Tentu menjadikan pesantren ini sebagai salah satu pesantren terbaik di Nganjuk. Info lengkap bisa mengunjungi websitenya di sini, http://pondokkrempyang.org/.

Pesantren Al Arfiyah Mojoduwur Berbek

Satu lagi pesantren legendaris di Nganjuk, yaitu pesantren Al Arfiyah yang berawal dari masjid legendaris Al Arfiyah dibangun pada tahun 1726-an. Pesantren ini kemudian resmi lahir di tahun 1987. Meskipun demikian sejak awal masjid tersebut menjadi basisnya.

Masjidnya kharismatik. Begitu juga asrama santri yang terdiri dari dua lantai. Pesantren ini memiliki karakteristik salafiyah dan tahfidz Quran. Yaitu pendidikan berbasis pesantren tradisional dengan pengajaran kitab kuning yang mendalam. Tradisi bahsul masa’il menjadi satu hal penting yang tidak ditinggalkan.

Unsur lain tentu saja tahfidz Quran. Apalagi pesantren ini memiliki basis pendidikan masjid, yang mana banyak mendalami tentang Al Quran. Santrinya berjumlah ratusan yang uniknya rata-rata berasal dari Jawa Tengah.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Nganjuk. Kami sengaja kosongkan nomor tujuh. Jika ada kesalahan dan kekurangan informasi bisa dicantumkan di kolom komentar. Jika ada usulan pesantren terbaik di Nganjuk juga bisa dicantumkan di kolom komentar.

Jika lembaga pendidikan Anda ingin diprofil di PanduanTerbaik.id bisa mengisi form di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *