7 Pesantren Terbaik di Kediri

Posted by

Pesantren Terbaik di Kediri

Pesantren terbaik di Kediri sangat banyak, karena kediri memang dikenal sebagai salah satu kota pesantren di Indonesia, selain Jombang atau Ponorogo. Oleh sebab itu tidak hanya satu dua pesantren, tapi juga ratusan lebih dengan yang kecil-kecil. Nama kediri pun pada akhirnya disebut sebagai salah satu kota pencarian santri di novel 29 Juz Harga Wanita.

Panduanterbaik.id akan mengulas pesantren terbaik di Kediri dari banyak aspek. Pesantren modern, pesantren salaf, hingga pesantren khusus Al Quran dan lain sebagainya. Penilaian kami berdasarkan pengalaman datang di pesantren tersebut (beberapa), atau review di Internet, Google, dan lain sebagainya. Tentu penilaian kami mengandung subjektivitas.

Lirboyo Kota Kediri

Siapa yang menyangkal Lirboyo sebagai salah satu pesantren terbaik di Kediri. Lirboyo merupakan salah satu pesantren terbaik di Jawa Timur, bahkan mungkin di Indonesia. Letaknya sangat dekat dengan terminal Kediri, bahkan berada di tengah-tengah kota Kediri.

Lirboyo adalah pesantren dengan identitas khas Jawa Timur bernafaskan Nahdhatul Ulama dengan pendalaman pada kitab-kitab kuning sebagai pusat kajian santri melalui halaqah-halaqah bersama kyai. Istilahnya adalah sorogan dan bandongan.

Pola pembelajaran demikian mengakar kuat, sehingga dilaksanakan dalam kelas diniyah, atau jenjang yang sudah disusun di pesantren. Keunggulannya adalah keistiqamahan, karena tidak boleh absen lebih dari dua puluh kali.

Pola pembelajaran pesantren yang demikian juga memiliki kelebihan dan keunggulan dalam aspek adab dan akhlaq, santri memiliki sopan santun yang kuat sebagai penuntut ilmu. Oleh sebab itu sampai sekarang santrinya sudah lebih dari 20.000 (lirboyo.net).

Al Falah Ploso Mojo | Pesantren Terbaik di Kediri

Pesantren terbaik di Kediri yang selanjutnya adalah Al Falah Ploso Mojo. Pesantren ini juga cukup besar dengan model Pendidikan sangat mirip dengan Lirboyo. Berdiri pada tahun 1924, pesantren ini menjadi salah satu pilihan mondok bagi santri terutama dari Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Jika ada tokoh-tokoh besar ke Kediri, sudah bisa dipastikan akan hadir ke Pesantren Lirboyo, juga ke pesantren Ploso. Kedudukannya sangat penting.

Di pesantren ini Anda bisa fokus pendalaman ilmu keislaman, ada pula yang bisa belajar di sekolah umum di sekitar pada waktu pagi hari. Untuk jenjang Pendidikan di pesantren dari Ibtida’iyah, hingga Tsanawiyah juga ada tingkatan lanjutan. Masing-masing jenjang terbagi lagi.

Salah satu keunggulan pesantren yang demikian adalah biaya Pendidikan yang sangat murah dibandingkan pesantren modern, apalagi boarding school. Untuk perbulan sekitar 250 ribuan. Sedangkan pendaftaran tidak sampai satu juta rupiah. Website resmi di sini.

Daarul Ma’rifat Gurah

Pesantren Daarul Ma’rifat adalah pesantren cabang Gontor. Sering disebut dengan Gontor 3 Gurah Kediri. Pesantren ini modelnya 100 persen seperti Gontor karena memang satu pengelolaan. Sehingga jika Anda mendaftar masuk, harus lewat Gontor yang di Ponorogo.

Pesantren Terbaik di Kediri

Bisa dikatakan Daarul Ma’rifat merupakan salah satu pesantren modern di Kediri. Model pendidikannya menggunakan sistem Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah, yaitu kurikulum yang dirancang sendiri dan sudah menggabungkan antara Pendidikan umum dan Pendidikan pesantren.

Ciri khas pesantren modern Gontor adalah kedisiplinan yang tinggi, juga identitas lainnya adalah kemandirian. Santri diajarkan untuk mendapatkan beban-beban yang melatih kemandirian. Identitas lainnya adalah unsur Bahasa Arab dan Inggris dengan metode aktif selain pasif. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Kediri. Website resmi di sini.

Pesantren Al Amien

Pesantren Al Amien Rejomulyo merupakan salah satu pesantren besar di Kediri namun segmentasinya berbeda. Mayoritas adalah pelajar juga mahasiswa. Sehingga akan terlihat banyak santri yang membawa laptop dan lain sebagainya.

Namun di Al Amien Pendidikan agama masih cukup kental. Yaitu dengan cara seperti pondok pesantren salaf pada umumnya, seperti Al Falah dan Lirboyo. Sorogan bandongan. Hanya saja masalah disiplin, bisa dikatakan lebih longgar dari pesantren yang dibahas sebelumnya.

Salah satu yang istimewa adalah di pesantren ini pembagian Ilmu sesuai dengan anjuran agama Islam, yaitu ilmu fardhu ‘ain yang meliputi keilmuan untuk mengabdikan diri kepada Allah, dan bersosialisasi dengan manusia. Juga ilmu fardhu kifayah yaitu ilmu tambahan sebagai manusia.

Pesantren Kedunglo

Pesantren Kedunglo merupakan salah satu pesantren terbaik di Kediri. Pesantren ini berdiri pada tahun 1902. Atau lebih awal dari pesantren Ploso juga pesantern besar lainnya. Pesantren Kedunglo terletak sekitar satu kilo dari alun-alun kota kediri.

Pesantren ini pada dasarnya memiliki model khas sama dengan pesantren salaf lainnya, hanya saja pesantren ini memiliki penekanan pada aspek pendalaman mujahadah. Yaitu sebuah kegiatan olah jiwa untuk lebih dekat pada Allah selain ibadah yang wajib.

Dengan cara demikian maka pintu hidayah ilmu akan terbuka dengan lebar. Santrinya ribuan, mayoritas memang putri. Yang terkenal dari pesantren ini adalah shalawat wahidiyah. Shalawat ini cukup dikenal di kota kediri. Jika Anda mencari pesantren, sejenak mampir di pondok pesantren ini.

Murottilil Quran

Sebenarnya pesantren Murottil Quran merupakan pesantren yang masih satu lingkup dengan Lirboyo. Namun demikian ini khusus dalam aspek Al Quran. Panduan terbaik sangat menyukai pesantren yang memiliki kekhususan dalam satu aspek bidang Pendidikan.

Di pesantren ini jenjangnya sangat bagus dalam aspek Al Quran, mulai dari membaca Jet Tempur, mungkin Anda kaget, tapi maksudnya adalah juz amma yang ada a ba ta yang diterbitkan oleh Pustaka Jet Tempur, di sini tingkatan dasar yang harus dilalui. Baru kemudian ada tingkatan lanjutan.

Nantinya santri juga fokus untuk menghafal Al Quran. Namun tidak langsung. Ada jenjang-jenjang Panjang yang harus dilalui. Di Kediri, bisa dikatakan pesantren ini sangat bagus dalam menjaga tradisi kurikulum khas yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Kediri.

pesantren terbaik di kediri
Pondok Pesantren Gontor Putri 5 Kandangan Kediri

Gontor Putri Kandangan

Pesantren terbaik di Kediri yang satu lagi adalah pesantren Gontor Putri Kandangan. Ini adalah pesantren khusus santri putri. Tidak ada santri putra. Oleh sebab itu bisa dikatakan ini adalah pesantren khusus putri di Kediri.

Namun demikian seperti pondok Gontor lainnya, ini adalah pesantren cabang, di mana jika Anda mendaftar harus melalui pondok Gontor Putri pusat yang terletak di Ngawi. Baru kemudian hasil tes akan menentukan di tempat mana Anda belajar.

Gontor Putri kandangan terletak di tengah sawah, dekat dengan Pare Kediri. Pesantren ini memiliki suasana yang cukup nyaman. Manajemen cukup baik, dengan pola Pendidikan asrama 24 jam.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Kediri, jika ada usulan silakan dicantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *