Pesantren Al Kamal Blitar | Pendidikan Lengkap dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Al Kamal Blitar berlokasi di kota Blitar. Pesantren ini sudah berdiri sejak tahun 1940. Masih eksis hingga sekarang. Daya tampung santrinya sudah 3000 lebih. Tergolong pesantren besar di Indonesia.

Kami akan menuliskan profil Pesantren Al Kamal Kunir Blitar khususnya dalam aspek profil lembaga, pendidikan yang ada di dalamnya, keunggulan, bahkan seleksi masuk. Kami himpun dari beragam sumber, utamanya adalah website resmi dan brosur yang berhasil kami dapatkan.

Pendidikan Pesantren Al Kamal Blitar

Pendidikan Kepesantrenan diselenggarakan dengan sistem klasikal dan madrasah diniyah dengan kurikulum yang disusun sendiri. Jenjang pendidikan mulai dari TK Al–Qur’an.

Kemudian ada Madrasah Diniyah Ula. Untuk santri setingkat MTsN/SMP. Kurikulumnya adalah dasar fiqih, Nahwu, Shorof, Aqidah tauhid dan akhlaq, bimbingan baca kitab, bimbingan sholawat Diba’ dan bimbingan berbahasa. Pesantren Al Kamal Blitar memang cukup kental unsur kitab kuning.

pesantren al kamal blitar

Berikutnya Madrasah Diniyah Wustha. Untuk santri setingkat Madrasah Aliyah/MA atau SMK. Materinya : Hadits, Fiqih, Ushul Fiqih, Tauhid, Nahwu, Shorof, Akhlaq, kuliyah umum, bimbingan baca kitab, bimbingan sholawat Diba’ dan bimbingan berbahasa.

Berikutnya adalah Madrasah Diniyah Kusus (MDK). Ini khusus bagi santri MAK. Materi sama dengan madrasah diniyah wustha,  tapi metode belajarnya menekankan kemandirian kajian beberapa kitab kuning. Seperti bahsul masail dan lainnya.

Terakhir adalah jenjang Ma’had ‘Aly. Fokusnya adalah bidang fiqih dan usul Fiqih. Jadi dimulai dari jenjang dasar, dan disempurnakan di jenjang tinggi, ma’had Aly. Pendidikan di Pesantren Al Kamal Blitar sangat lengkap.

Pendidikan Formal di Al Kamal Kunir Blitar

Adapun pendidikan formal di pesantren Al Kamal Kunir Blitar adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Ketiganya menggunakan model Kemenag.

Ada juga yang merujuk ke diknas, yaitu Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), dan SMK dalam bidang ekonomi dan jaringan SMEA. Jadi tidak perlu khawatir.

Kegiatan Ekstra Kurikuler dan Ketrampilan

Kegiatan ekstra kurikuler bahasa Arab dan Inggris di Pesantren Al Kamal Bliter sifatnya wajib.  Program Al Qur’an yaitu membaca bi al nadhor, khotmil Qur’an, dan ilmu tajwid juga wajib. Ada juga program muhadhoroh 4 bahasa (Arab, Inggris, Indonesia dan Jawa), dan latihan kepemimpinan.

Juga kegiatan  tahlil, diba’, dan seni baca al–Qur’an. Ekstrakurikuler bidang olahraga, ada senam pagi, jogging, sepak bola dan badminton. Masih ada pilihan kegiatan lain, yaitu pramuka dan drum band, jurnalistik, website, pencak silat, dan grup sholawat.

Kegiatan ketrampilan berbentuk kursus-kursus bersertifikat tingkat nasional. Pondok Pesantren bekerjasama dengan Kementrian Tenaga Kerja dan Kementrian Pendidikan. Ada juga peternakan, perikanan, akutansi, elektronika, sekretaris, menejemen usaha, bahasa Arab dan Inggris, dan komputer. Cukup bagus.

Sarana Fasilitas dan Pengajar

Santri diasuh dan dibimbing dalam belajarnya oleh tiga orang kyai yaitu KH. Asmawi Mahfudz, KH Hafidz lutfi dan KH Hasanudin. Di bantu 170 orang tenaga edukatif (ustadz/ustadzah/guru) dan puluhan tenaga teknis lainnya.

Sarana dan prasarana pesantren sangat memadai. Terdapat 75 ruang belajar/mengaji, 1 ruang laboratorium, juga dilengkapi 3 ruang perpustakaan dan 1 ruang pertemuan/aula.

 Asrama untuk santri ada 18 ruang asrama putra, 26 ruang asrama putri, dengan 2 buah masjid/musholla. Di dalamnya ada 36 unit kamar mandi/WC, 5 unit rumah pengasuh, 4 ruang ketrampilan, 1 bidang lapangan olahraga, 2 ruang kesenian, 2 unit peralatan kesenian.

Pendaftaran dan Biaya Masuk

Pendaftaran dibuka bulan Maret setiap tahun. Pendaftaran dilakukan secara online di website psb.alkamalblitar.com Setelah calon walisantri membayar uang pendaftaran, calon santri melengkapi dokumen.

Proses selanjutnya adalah pembayaran daftar ulang. Berikut rincian perbedaan daftar ulang. Berikut biaya masuk pesantren Al Kamal Blitar

  • Santri reguler : Rp 2.530.000,-
  • Santri MDK (alumni Al Kamal tingkat ula) putra  & Putri : Rp 1.615.000,-
  • Santri Ma’had Aly Al Kamal                                          : Rp 600.000,-
  • Santri non-formal (salafiyah)                                      : Rp 600.000,-

Biaya yang sangat terjangkau menurut kami. Biaya masuk pesantren Al Kamal Kunir Blitar ini kami dapatkan dari brosur TA 2021/2022. Kemungkinan ada perubahan untuk saat ini sesuai kebijakan lembaga. Bisa disurvey pesantren lainnya di Blitar di link ini.

Alamat Lengkap

Pesantren Al Kamal Kunir Blitar berlokasi Jalan KH. Manshur No. 9 Kunir Wonodadi Blitar. Atau bisa klik link Google Maps di bawah ini.

Jika ingin informasi lebih lengkap upadate dan valid bisa kunjungi laman websitenya di sini. Anda bisa mendapatkan informasi lebih update. Semoga informasi ini bisa menjadi pertimbangan bagi anak Anda yang ingin menikmati kehidupan di pesantren terbaik di Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *