pesantren terbaik di salatiga

7 Pesantren Terbaik di Blitar | Putra Putri Modern dan Tradisional

Posted by

Pesantren Terbaik di Blitar | Blitar memang dikenal sebagai kota ploklamator karena lahir dan dimakamkan Ir. Soekarno, sang plokamator. Namun demikian daerah yang dikenal sebagai penghasil ikan koi ini juga memiliki segudang keistimewaan, di antaranya adalah banyaknya pesantren.

Pada tulisan kali ini kami ingin mengulas tentang beberapa pesantren terbaik di Blitar. Dasar kami adalah review di Internet, rating Google, dan beberapa unsur subjektivitas lainnya. Harapan kami review ini bisa memudahkan pembaca mendapatkan informasi tentang pesantren di Blitar sesuai kebutuhan. Nomor bukanlah ranking.

Pesantren Nurul Ulum Sutojayan

Pesantren Nurul Ulum didirikan pada 1997. Pesantren ini awalnya hanyalah pendidikan non formal. Pendidikan diniyah dengan santri di wilayah sekitar. Namun demikian beberapa memang menetap di pesantren.

Seiring berjalannya waktu pesantren terus berkembang dan memiliki pendidikan formal. Di sinilah pesantren terus tumbuh berkembang karena ketika MTSN berdiri santrinya harus menetap di pesantren.

Progam unggulan di pesantren ini ada tiga penjurusan minat. Pertama, Tahfidzul Quran. Setiap santri akan difokuskan pada tahfidz Quran. Kedua adalah pendalaman kitab kuning. Pendalaman ini penting agar bisa menguasai pembelajaran agama Islam secara menyeluruh. Dan yang terakhir adalah pembelajaran bahasa arab.

Oleh sebab itu profil lulusannya cukup baik. Karena dikombinasikan dengan 9 unsur ubudiyah, dari tahajud, witir, puasa Senin Kamis dan lain sebagainya. Website resminya ada di sini.

Pesantren Al Falah Jeblog

Nama Pesantren Al Falah memang sangat banyak, salah satu yang paling terkenal tentu saja adalah Al Falah Ploso Kediri. Bisa dilihat di sini. Pesantren Al Falah Jeblog Blitar juga menyebut terinspirasi dan mirip dengan Al Falah Ploso Kediri.

Sehingga beberapa hal di dalam pesantren ini sama. Contoh dalam aspek kurikulum pendidikan. Salaf yang terintegrasi dengan pendidikan formal SMP dan SMA. Sehingga santri tidak perlu khawatir. Tetap bisa mendapatkan pendidikan formal yang layak.

Kedua pendidikan pesantrennya mempelajari ilmu penting dalam Islam. Tajwid, Nahwu, Shorof, Fiqh, Balaghoh, Tauhid, dan lain sebagainya. Bahkan salah satu kekhususannya ada pula tahfidz Quran. Pesantren dengan model demikian juga memiliki program entrepreneur dengan praktik langsung. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Blitar.

Website resmi bisa dikunjungi di sini http://alfalahjeblog.com/

Pesantren NU Mambaus Sholihin

Pesantren yang satu ini merupakan cabang dari Mambaus Sholihin Suci Gresik. Pesantren ini cukup terkenal. Bisa diperiksa di sini. Oleh sebab itu tertulis Mambaus Sholihin 2 dan berafiliasi dengan LP Ma’arif NU. Oleh sebab itu kami menulisnya dengan pesantren NU.

Identitasnya adalah pesantren ini memiliki pendidikan formal setingkat SMP dan SMA yang kemudian melalui diniyah setiap santri akan menikmati pendidikan agama di sore hari. Pelajarannya adalah ngaji kitab kuning, bimbingan Al Quran, juga tahfidz Quran.

Yang menarik menurut kami di pesantren ini adalah aspek ektrakulikulernya yang cukup variatif. Dari beladiri hingga robotic. Mirip seperti Darul Hikam Mojokerto. Pembelajaran bahasa juga ditekankan. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Blitar.

Untuk biaya bulanannya sebesar Rp500.000 dengan makan 3x plus laundry baju seragam, dan kegiatan. Info lengkap bisa mengunjungi website resmi di sini, http://mambaussholihin2blitar.sch.id/

Bustanul Mutaalimin Dawuhan

Ini merupakan salah satu pesantren tertua di Blitar. Dalam sejarahnya tertulis bahwa pendidikan sudah dimulai sejak 1873. Hingga sekarang pesantren ini tumbuh berkembang di bawah kepemimpinan kyai Kharismatik Blitar, KH. Abdul Khalim Zahid yang merupakan rois suriah NU Blitar.

Pendidikan yang tersedia di pesantren ini memiliki pola pendidikan formal yang berasrama. Tingkatannya SMP dan SMA. Nantinya di sore hari santri akan menempuh pendidikan madrasah diniyah yang mengajarkan beragam jenis pendidikan Islam.

Di pesantren ini juga ada program khusus Madrasah Murottilil Quran yang fokus kepada aspek pembacaan Al Quran. Plus ada program live skil di antaranya adalah pertanian, juga perikanan, perdangangan dan sablon. Sehingga santri dididik untuk berwirausaha.

Info lengkap bisa kunjungi websitenya di sini.

pesantren Terbaik di Blitar
sumber: https://www.pesantrenputrialmawaddah.sch.id/

Pesantren Khusus Putri Al Mawaddah 2

Pesantren Al Mawaddah merupakan pesantren khusus putri yang basisnya ada di Ponorogo. Di Blitar memang cabangnya seperti Mambaus Sholihin. Pesantren ini didirikan oleh pendiri Gontor. Hingga sekarang pun masih diasuh oleh Pimpinan Gontor, KH. Hasan Abdullah Sahal.

Namun demikian justru pendidikannya memiliki karakteristik sendiri. Bukan Gontor yang diterapkan di santri putri. Namun memang pendidikan khusus putri. Sehingga memiliki identitas pendidikan yang lebih lembut, lebih santun, dan lebih keibuan.

Al Mawaddah dikenal memiliki karakteristik menyiapkan ibu masa depan. Namun kurikulum sekolahnya memang seperti Gontor. Tamatan SD akan menempuh enam tahun, sedangkan tamatan SMP menempuh waktu empat tahun. Pendidikan formal dan agama berada dalam satu kelas.

Oleh sebab itu pesantren ini kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Blitar. Terutama karena mendidik santri khusus putri.

Pesantren Modern Al Aqso Selopuro

Jika sebelumnya lebih banyak pesantren tradisional, yang satu ini memiliki sedikit perbedaan. Yaitu pesantren modern Al Aqso. Pesantren ini alumni pondok Gontor Ponorogo. Sehingga banyak hal memang mirip dengan pesantren tersebut.

Berdiri di tahun 1987 di desa Jatitengah Kecamatan Selopuro dengan luas sekitar satu hektar. Pesantren ini juga menampung santri putra dan putri yang terpisah. Pendidikannya penuh dengan disiplin dan organisasi. Terutama dalam berbahasa arab dan inggris.

Yang menarik dari pesantren ini adalah adanya aspek tahfidz Quran. Ada jadwal setoran wajib tahfidz Quran tiap pagi dan sore hari. Kurikulumnya disebut dengan KMI yaitu pendidikan enam tahun yang menggabungkan antara pendidikan agama dan formal dengan ijazah resmi dari kemenag.

Ciri khas lain adalah ekstrakurikulernya yang bisa dipilih. Untuk pendaftarannya membutuhkan uang sekitar 4 jutaan. Sedangkan untuk bulanannya Rp650.000-an. Makan tiga kali. Info lengkap bisa mengunjungi website resminya di sini. https://www.ppm-alaqsho.com/

Pesantren Terbaik di Blitar

Inilah beberapa pesantren terbaik di Blitar. Jika ada usulan silakan cantumkan di kolom komentar. Atau ada yang ingin melengkapi juga bisa dicantumkan di kolom komentar. Jika lembaga pendidikan Anda ingin diprofil di PanduanTerbaik.id bisa mengisi form di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *