kota pacitan

5 Pesantren Terbaik di Pacitan | Pesantren Legendaris dan Gratis

Posted by

Pesantren terbaik di Pacitan | Pacitan memang dikenal sebagai kota seribu Gua, meskipun wisata pantainya juga cukup menarik, namun objek perut bumi lebih fenomenal di kota ini. Kota kelahiran SBY ini memiliki banyak fakta menarik, di antaranya adalah banyak pesantren terbaik di Pacitan.

PanduanTerbaik.id akan mengulas beberapa pesantren terbaik di Pacitan, terutama berdasarkan informasi yang kami himpun, rating di Google, juga beberapa aspek subjektif yang kami miliki. Nomor bukanlah urutan peringkat.

Pesantren Terbaik di Pacitan | Tremas

Ini adalah salah satu pesantren legendaris di Pacitan, juga di Jawa Timur bahkan Indonesia. Pesantren ini juga salah satu yang tertua selain Sidogiri di Pasuruan, Jamsaren di Surakarta, Tremas di Pacitan. Pesantren ini berdiri pada tahun 1830 M.

Sejarah panjang membuktikan bahwa pesantren ini mampu bertahan di banyak perubahan zaman. Bahkan pesantren ini menjadi rujukan terutama dalam kaitannya dengan pesantren NU yang lekat dengan metode tradisional semacam ngaji kitab kuning, nahwu sharf, dan tradisi nyantri di tanah Jawa Timur.

Jenjang pendidikan di Tremas cukup lengkap, dari TK, Tsanawiyah, Tsanawiyah Salafiyah, Madrasah Salafiyah Muadalah, Ma’had Aly, lembaga vokasi, dan tahfidz Quran. Sehingga sangat banyak yang nyantri di pesantren ini bahkan mencapai 4000-an. Di pesantren ini juga sangat banyak tradisi unik yang berjalan hingga sekarang.

Biaya juga cukup murah. Khas pesantren yang ingin memudahkan santri untuk belajar dan tidak ingin santri terlalu terbebani dengan biaya. Untuk pendaftaran hanya membutuhkan biaya Rp1.000.000-an. Tergantung jenjang dan jenis. Untuk info lengkap bisa dikunjungi di web pondoktremas.com.

pesantren terbaik di Pacitan | Pesantren tremas
Pesantren Tremas | Sumber pacitannews.com

Pesantren Al Anwar

Pesantren terbaik di Pacitan selanjutnya adalah Al Anwar. Berada di Ploso, Pacitan, pesantren ini bermula dari kegiatan di surau seperti laiknya pesantren-pesantren tradisional pada umumnya. Pesantren ini memiliki banyak kiblat, dari Tremas, Arrisalah Ponorogo, hingga Gontor.

Sehingga pesantren ini secara kehidupan mengikuti pola pesantren tradisional, ada tradisi ngendil, masak bersama, kemudian ziarah, dan berbagai macam. Sedangkan pola pendidikannya mengikuti pesantren mu’adalah, yaitu memiliki kurikulum sendiri, seperti KMI Gontor.

Ekstra kurikulernya juga cukup banyak, seperti tahfidz Quran, mengaji kitab kuning, kursus bahasa asing, jadi bukan menu utama. Oleh sebab itu di sini semua dikombinasikan menjadi satu yang istimewa. Informasi lengkap tentang pesantren bisa didapatkan di sini, http://ponpesalanwar.org/.

Pesantren Modern Al Fattah Kikil

Pesantren di Pacitan bisa dikatakan nuansanya adalah khas Jawa Timur yang tradisional. Hanya yang membedakan adalah pola pendidikan formal yang ada di dalamnya. Begitu juga dengan pesantren Al Fattah Kikil. Pesantren ini pada awalnya memiliki warna tradisional yang kental.

Barulah di periode 1976 hingga sekarang, tepatnya selepas KH. Moch Burhanuddin menyelasaikan pendidikan di Gontor, maka beberapa hal disempurnakan untuk menuju kemajuan. Di antaranya adalah pendidikan formal dengan adanya MTS Pembangunan, juga Madrasah Aliyah Pembangunan. Dari sinilah semua berkembang pesat.

Bisa dikatakan kelebihan dari pesantren ini adalah keseimbangan antara pendidikan tradisional, dengan pendidikan modern yang berbentuk klasikal. Sehingga alumninya siap untuk menghadapi perubahan zaman. Ekstra kulikuler juga cukup banyak, dari bahasa hingga latihan pidato.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah, gedung-gedungnya yang modern, plus laboratorium yang bisa menjadi praktik untuk peningkatan pengetahuan. Website pesantren bisa dikunjungi di sini, http://alfattahkikil.net/

Pesantren Ad Dien As Shidieq

Pondok pesantren ini memang sangat sederhana, namun demikian pesantren yang terletak di Ds. Padi, kecamatan Tulakan ini memang memiliki pesona. Terutama kalau dilihat dari atas, berada di jalan yang berkelok dan gedung bertingkat.

Jenjang pendidikannya di pesantren ini ada MTS dan SMK. Dengan model santri modern, pesantren ini menawarkan pendidikan formal sekaligus agama dalam satu bingkai yang cukup baik. Oleh sebab itu santrinya datang dari beragam kota di Indonesia.

Beberapa hal yang menunjukkan kemodernan di antaranya adalah seni kreativitas santri yang diwadahi oleh pesantren dan menjadi pertunjukan bagi masyarakat.

Pesantren Gratis di Pacitan Al Mubarak

Satu lagi pesantren terbaik di Pacitan, yaitu pesantren Mubarak. Visinya unik, yaitu melahirkan santri yang tawadhu, dan tunduk patuh kepada Allah. Oleh sebab itu pendidikan di pesantren ini juga perpaduan antara salafiyah dan modern.

Terletak di jalan Pacitan-Punung KM, 3, Bukit Sundeng, Bangunsari, pesantren ini memiliki model pendidikan Madrasah Diniyah Awaliyah, Madrasah Diniyah Wustha, dan Madrasah Diniyah Ulya.

Yang membuat kami memasukkan ke dalam pesantren terbaik di Pacitan adalah semua biaya gratis. Tentu tidak semua pesantren mampu demikian. Bahkan ada program khusus untuk pendalaman kitab kuning. Ini bisa menjadi salah satu pesantren pilihan di Pacitan.

Inilah beberapa pesantren terbaik di Pacitan versi kami. Jika ada usulan bisa dicantumkan di kolom komentar. Jika ada tambahan informasi juga bisa dicantumkan di kolom komentar untuk perbaikan kami.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *