7 Pesantren Terbaik di Trenggalek | Murah Berkualitas

Posted by

Pesantren terbaik di Trenggalek | Trenggalek dikenal sebagai kota gaplek. Mirip dengan Wonogiri. Wilayahnya berbatasan dengan Pacitan, Tulungagung, Ponorogo, dan Samudera Hindia. Sehingga wilayahnya banyak berada di pesisir pantai.

Ternyata di kota yang naik daun ketika dipimpin Emil Dardak ini menyimpan banyak pesona. Seperti wisata, plus beberapa lembaga pendidikan seperti pesantren. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa pesantren terbaik di Trenggalek.

Dasar kami adalah review di Internet, rating Google, beberapa unsur subjektivitas dan pertimbangan yang kami miliki. Jika ingin melihat kriteria pesantren terbaik bisa dibaca di sini.

Pesantren Tengah Hidayatut Thullab Kamulan

Pesantren ini merupakan pesantren tertua di Trenggalek. Berdiri pada tahun 1790, pesantren ini juga salah satu yang tertua di Indonesia. Namun pesantren ini lebih dikenal sebagai pesantren Tengah, dan pesantren Kamulan. Meskipun nama aslinya pesantren Hidayatut Thullab.

Identitas pesantren ini khas Salafiyah Jawa Timur. Yaitu memiliki pendidikan yang fokus pada kajian kitab klasik. Sedangkan pendidikan lainnya adalah tahfidz Quran. Pendidikan formalnya diwadahi dalam Tsanawiyah dan Aliyah.

Yang menarik adalah pesantren ini memudahkan siapa saja yang belajar. Terutama dalam aspek biaya. Biayanya hanya Rp15.000. Untuk bulanannya sekitar belasan ribu. Padahal brosur yang kami lihat adalah tahun 2019. Artinya sekarang tidak jauh berbeda biayanya. Oleh sebab itu pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Trenggalek.

pesantren terbaik di Trenggalek
sumber gambar laduni.id

Pesantren Darussalam Bakalan

Nama pesantrennya adalah Darussalam yang berarti tempat kedamaian. Alamat lengkapnya di Jl. Sumbergayam, Durenan, Bakalan, Sumbergayam Trenggalek. Pesantren ini merupakan cermin pondok salafiyah tradisional.

Terutama adalah pembelajaran kitab kuning yang ada di pondok pesantren bersama kyai dengan metode sorogan dan bandongan. Seperti layaknya pesantren-pesantren klasik di Jawa Timur. Gedung-gedungnya pun terlihat bergaya klasik.

Sedangkan lembaga pendidikan formalnya ada MI, MTS, MA, sehingga setiap santri tidak hanya dibekali pendidikan agama, namun juga formal. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Trenggalek.

Pesantren Modern Raden Paku Trenggalek

Pesantren ini berdiri sekitar tahun 1995. Corak pendidikannya kombinasi antara salafiyah tradisional, dengan pendidikan formal, juga pendidikan pesantren modern. Semua karena ilham dari masyarakat yang menginginkan adanya pesantren yang berkualitas.

Untuk pendidikan ngaji kitab kuning menggunakan metode tradisional. Yaitu sorogan dan bandongan seperti layaknya pesantren lainnya. Pendidikan formalnya juga disediakan dengan jenjang enam tahun di MTS dan MA.

Nah yang unik dari pesantren ini adalah sistem modern yang diterapkan dalam pengaturan keseharian, keorganisasian, waktu, disiplin dan bahasa. Sehingga santri memiliki wawasan yang cukup luas. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Trenggalek.

Pesantren Putri Qomarul Hidayah

Beralamat di Gondang, Tugu, Trenggalek, pesantren ini sudah tumbuh sejak 1960-an. Memiliki banyak jenjang pendidikan, dari MI hingga Aliyah dan SMK. Namun demikian kami lebih mengulas pesantren khusus tahfidz putri sebagai salah satu pesantren terbaik di Trenggalek.

Pesantren khusus tahfidz Quran putri di Trenggalek ini didirikan pada tahun 2010. Kekhususan kepada putri membuat pesantren ini spesial. Karena akan menjadikan pesantren lebih kondusif. Setiap akhir tahun nantinya akan ada khataman tahfidz Quran.

Pesantren ini memiliki karakter sebagai pesantren santri kalong. Maksudnya adalah ada yang menetap atau berasrama di pesantren, ada juga yang tinggalnya masih di rumah sekitar. Jumlah santri secara keseluruhan di pesantren Qomarul Hidayah 1400-an. 250 di antaranya yang tinggal di pesantren. Cukup banyak.

website resmi bisa diperiksa di sini, http://www.qomarulhidayah.or.id/

Pesantren Subulussalam Gandusari

Pesantren ini berdiri sebelum masa kemerdekaan, sekitar 1942-an. Model pendidikan di pesantren ini adalah salaf, yaitu tradisional yang mendalami kitab kuning. Tafsir, Akidah, Fiqh, Hadist, dan lain sebagainya menjadi pembahasan penting di pesantren ini.

Aktivitas ekstra di pesantren ini juga menarik, seperti ke sawah, bekerja di luar pesantren, atau pendidikan kemasyarakatan lainnya. Mungkin dalam istilah sekarang adalah menanamkan jiwa entrepreneur. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Trenggalek.

Yang istimewa dari pesantren ini adalah seringnya kunjungan tamu dari publik figur. Seperti pernah hadirnya Puti Guntur Soekarno. Kemudian La Nyalla. Juga beberapa tokoh lainnya. Terutama di masa kampanye.

Pesantren Terbaik di Trenggalek | Modern Tahfidz Quran

Inilah beberapa pesantren terbaik di Trenggalek versi panduanterbaik.id. Kami belum mencantumkan nomor 6 dan 7 menunggu usulan pembaca. Jika pembaca mengetahui ada pesantren terbaik lainnya, bisa cantumkan di kolom komentar. Jika ada yang ingin berkomunikasi dengan admin bisa hubungi affany1986@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *