contoh branding pesantren

5 Pesantren Terbaik di Pasuruan

Posted by

Pasuruan dulunya adalah kota pelabuhan yang sangat ramai. Pasuruan menjadi transit perdagangan antar pulau bahkan antar Negara. Oleh sebab itu pasuruan juga salah satu tempat yang dikenal banyak saudagar arab.

Pasuruan dikenal pula dengan banyaknya pondok pesantren. Bahkan salah satu pondok pesantren tertua di Indonesia berada di Pasuruan, yaitu Sidogiri. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami ingin membahas 5 Pondok pesantren terbaik di Pasuruan.

Pesantren Sidogiri, Kraton

Pesantren Sidogiri bukan hanya sebagai pesantren terbesar, tapi juga salah satu pesantren tertua di Indonesia. Pesantren di pedalaman wilayah Pasuruan ini dalam catatan sejarah berdiri pada tahun 1718, catatan lain menyebut 1745. Tahun berdiri ini jauh lebih tua daripada Gontor yang berdiri di tahun 1926, atau Langitan yang berdiri 1852.

Pesantren ini memiliki identitas pendidikan khas salaf dengan pola pengajaran sorogan dan bandongan seperti layaknya pesantren klasik di Jawa Timur. Kajiannya adalah kitab-kitab ulama klasik. Bahkan ketika banyak pesantren beralih ke pendidikan berbasis kurikulum pemerintah, Sidogiri tetap bertahan dengan identitas pendidikannya.

Bahkan santrinya tidak menyusut, setiap tahun terus dipenuhi santri hingga mencapai puluhan ribu. Magnet pesantren Sidogiri menurut kami adalah para kyainya yang karismatik. Juga kedalaman santrinya terhadap ilmu-ilmu islam, terutama karena penguasaan bahasa arab yang bagus.

Dari pesantren inilah lahir ulama-ulama dan pemimpin pesantren-pesantren di Jawa Timur, seperti pimpinan pesantren Nurul Jadid. Oleh sebab itu Pesantren Sidogiri kami masukkan dalam pesantren terbaik di Pasuruan, Pesantren Terbaik di Jawa Timur, bahkan Pesantren terbaik di Indonesia.

Pesantren Dalwa, Bangil

Dalwa adalah singkatan dari Darul Lugho wad Da’wah, artinya adalah pesantren yang fokus dengan bahasa dan dakwah Islam. Pesantren di Pasuruan yang berdiri pada tahun 1981 ini kini memiliki beberapa tempat pondok pesantren dan jumlah santri yang mencapai 7.500-an.

Yang istimewa dari Dalwa adalah fokus pendidikan yang dimilikinya. Dengan model pesantren yang menjaga sunnah dan berpakaian jubah, pesantren ini juga memantapkan pada aspek pendidikan aqidah bagi para santrinya.

Salah satu yang menjadi kelebihan dari pesantren Dalwa Bangil ini adalah jenjang pendidikan yang sangat lengkap. Dari jenjang pendidikan tingkat anak, hingga pendidikan S2 dan S3. Karena itulah nama Dalwa menjadi salah satu pesantren terbaik di Pasuruan yang patut dijadikan rujukan.

Terlebih biaya pendaftarannya yang standard. Hanya sekitar Rp. 4.000.000,-. Dengan kualitas bahasa yang dimiliki, pesantren ini layak dijadikan salah satu destinasi pendidikan pesantren terbaik di wilayah Pasuruan.

As Salafiah, Panggungrejo

Pesantren As salafiah adalah pesantren yang dikenal diasuh oleh Muhammad Idris Hamid. Kelebihan pesantren ini bisa dikatakan dalam aspek pembinaan santri yang mirip dengan Sidogiri. Kental nuansa Nahdhatul Ulama. Oleh sebab itu kegiatan-kegiatan semacam manaqiban dan lain sebagainya akan sering dijumpai di pondok ini.

Namun demikian tidak seperti pesantren Sidogiri yang menggunakan pendidikan agama penuh. As Salafiah di pagi hari tetap masuk sekolah umum. Di sediakan pendidikan formal, sehingga bisa memilih. Oleh sebab itu pesantren ini bisa menjadi alternatif bagi siapa saja yang menginginkan pendidikan pesantren terbaik di Pasuruan Jawa Timur.

Al Yasini, Wonorejo

Dalam sejarah yang ditulis di website resmi, Pondok Pesantren Al Yasini berdiri pada tahun 1940. Namun demikian, pesantren ini mulai berkibar pada tahun 1990-an. Terutama setelah jenjang pendidikannya lengkap.

Pondok pesantren Al Yasini Wonorejo memiliki kelebihan dalam pendidikan bahasa dan Al Quran. Jika Dalwa adalah bahasa dan dakwah, tapi Al Yasini fokus pada pendidikan bahasa dan Al Quran. Pesantren ini dalam pendidikan agamanya memiliki warna khas pesantren NU. Namun yang istimewa, pesantren ini dilengkapi beberapa sekolah formal unggulan, yaitu SMP Unggulan dan SMA Excellent.

Sekarang santrinya sekitar 3000-an dari total santri putra dan putri. Oleh sebab itu pesantren Al Yasini juga tergolong menjadi salah satu pesantren besar di Pasuruan dan salah satu pesantren terbaik di Pasuruan.

Al Ikhlas, Wonorejo

Kami memasukkan Pesantren Al Ikhlas dalam salah satu pesantren terbaik di Pasuruan karena pesantren ini menggratiskan biaya pendidikan baik madrasah diniyah atau sekolah umum kepada seluruh santrinya.

Bahkan pernah pimpinan pesantren sampai menjual mobil untuk membiayai pendidikan santrinya sendiri. Dengan biaya gratis bukan berarti gurunya tidak dibayar. Gurunya tetap mendapatkan honor.

Kini santri di pesantren Al Ikhlas Pasuruan sudah berjumlah 500 murid, sedangkan gurunya berjumlah sekitar 55-an orang. Bahkan pendidikan yang dilaksanakan pun berjalan dengan baik meskipun gratis. Sehingga kami tidak ragu masukkan pesantren Al Ikhlas Pasuruan ke dalam salah satu pondok pesantren terbaik di Pasuruan.

Jika ada usulan tentang pondok pesantren terbaik di Pasuruan bisa dicantukan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *