7 Pesantren Terbaik di Lumajang | Berprestasi dan Menjaga Tradisi

Posted by

Pesantren terbaik di Lumajang | Lumajang dikenal dengan kota pisang karena memang produksi pisangnya cukup tinggi, plus varian di dalamnya juga cukup menarik. Dari pisang paling kecil hingga paling besar, dari yang paling manis hingga ada sepet-sepetnya. Di samping itu Lumajang juga memiliki banyak air terjun.

Selain itu Lumajang ternyata memiliki banyak pesantren. Mungkin karena letaknya berbatasan dengan Probolinggo yang memiliki banyak pesantren terbaik. Oleh sebab itu banyak pesantren tahfidz Quran, pesantren modern, hingga pesantren tradisional yang ada di wilayah ini. 

Kami menyajikan beberapa pesantren terbaik versi kami. Tujuannya untuk memudahkan pencari informasi. Dasarnya adalah review di internet, rating Google, pertimbangan subjektif tim, dan lain sebagainya. Nomor urut bukanlah ranking. 

Pesantren Tahfidz Quran Bahrus Syifa

Pesantren terbaik di Lumajang yang pertama kami sajikan adalah pesantren tahfidz Quran Bahrussyifa. Terletak di Bogotsari, Jogotrunan, pesantren ini menyajikan pendidikan unik, karena menyasar jenjang SD, dan Mahasiswa. 

Namun demikian pesantren terbaik yang kami maksud adalah pesantren mahasiswa, disebutnya mahasantri. Alasan mengapa kami masukkan ke dalam sisi terbaik adalah pendidikannya yang gratis selama empat tahun dengan syarat-syarat tertentu.

Alasan kedua adalah kuota santri yang terbatas. Biasanya pesantren menginginkan santri sebanyak-banyaknya. Tapi tidak demikian dengan pesantren ini. Hanya menerima 20 santri saja. Salah satu syaratnya adalah tidak merokok dan bersedia menyelesaikan empat tahun pembelajaran. Plus punya modal hafalan 5 juz. 

Jika dilihat dari kurikulumnya. Butuh waktu sekitar dua tahun untuk bisa menyelesaikan 30 juz. Tergolong waktu yang cukup cepat. Apalagi  ini pesantren tahfidz Quran khusus dewasa. Informasi lengkap bisa mengunjungi website resmi di sini.

Pesantren Miftahul Midad

Pesantren terbaik di Lumajang selanjutnya adalah Pesantren Miftahul Midad. Berdiri pada tahun 1988, pesantren ini beralamat di Sumberejo, Sukodono. Hingga sekarang pesantren ini tumbuh berkembang dengan baik.

Identitas pesantren ini adalah tradisional seperti laiknya pesantren-pesantren khas Jawa Timur dengan mengedepankan kajian kitab kuning. Namun demikian pendidikan formalnya juga tidak hilang. Ada jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. Kemudian sore dan malam akan belajar pendidikan diniyah. 

Beberapa kegiatan bagus di pesantren adalah pengembangan bahasa, bahsul masail, diskusi ilmiah, wirausaha, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu pesantren ini menjadi salah satu pilihan di Lumajang.

Pesantren Khomsani Nur

Kalau dilihat secara fisik, bisa dikatakan ini adalah pesantren yang sederhana. Namun demikian secara perjuangan, pesantren ini patut diapresiasi. Terutama dalam menerjunkan dai ke pelosok desa untuk mendakwahkan Islam. Mirip dengan model Hidayatullah.

Nama pesantrennya adalah Khomsani Nur. Terletak di Klanting Kecamatan Sukodono, pesantren ini mendidik santri-santrinya dengan pendidikan keislaman melalui kajian-kajian. 

Sisi menarik lain dari pesantren ini adalah diajarkannya wirausaha kepada santri melalui praktik. Salah satunya dengan membuat sapu lidi yang dipasarkan ke masyarakat. Oleh sebab itu jiwa kemandirian ditata dengan baik. 

Sisi yang membuat sebagai pesantren terbaik di Lumajang adalah kemampuannya berdakwah di pedalaman seperti Senduro, Tengger, yang bahkan mampu mengislamkan banyak masyarakat. Perjuangan pesantren ini sangat layak diapresiasi.  

Pesantren Miftahul Ulum 

Bisa dikatakan ini merupakan pesantren tertua di Lumajang. Berdiri pada tahun 1930, pesantren ini sudah malang melintang berkiprah di wilayah Lumajang. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Lumajang.

Pesantren ini cukup luas dengan aset yang mencapai hampir 4 hektar. Tidak seluruhnya gedung pesantren, ada pula aset pertanian. 

Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan yang sangat beragam. Seperti laiknya pesantren-pesantren besar dan tua lainnya. Dari Raudhatul Athfal, SD, hingga Madrasah Aliyah.

Aspek lain yang menarik dari pesantren ini adalah jenjang non formal yang beragam. Bisa jadi pilihan santri. Di antaranya adalah madrasah Al Quran, ada pendidikan sains alam, manajemen dan administrasi. Pesantren ini layak untuk dikunjungi sebagai bahan pertimbangan. 

Pesantren Salaf Modern Darun Najah

Jika rata-rata pesantren berwarna modern atau salafiyah, pesantren yang satu ini berbeda, salafiyah tapi modern. Model pesantren yang demikian biasanya memiliki identitas pendidikan formal dan diniyah secara bersamaan.

Pesantren Darun Naja juga memiliki gedung-gedung yang representatif, 3 lantai. Pendidikan formalnya juga variatif, dari pendidikan Tsanawiyah, Aliyah, hingga Sekolah Menengah Kejuruan. Oleh sebab itu bisa menjadi pilihan pesantren terbaik di Lumajang.

Aspek lain yang bisa menjadi kelebihan adalah kajian kitab kuningnya yang tetap dipertahankan. Oleh sebab itu seringkali disebut dengan salafiyah modern. Kajian kitab kuningnya ada di samping formal. Ada pula pilihan untuk tahfidz Quran. 

Ekstra kulikulernya juga melimpah, dari marching band, keputrian, bahasa arab, dan bahasa inggris, imamah, juga lain sebagainya. Beralamat di Jl. KH. Mustafa, Petahunan, Sumbersuko, pesantren ini memiliki tempat yang representatif. 

Pesantren Al Fauzan 

Hampir mirip dengan pesantren Darun Naja, pesantren Al Fauzan memiliki warna salafiyah modern. Namun demikian menurut kami pendidikan formalnya cukup kental dan semua santri wajib berasrama. Alamatnya di Jl. Letkol Slamet Wardoyo, Labruk Lor.

Pesantren ini sering meraih prestasi. Di antaranya adalah juara 3 KSM Mata Pelajaran Matematika se-Kabupaten. Di 2016 pernah menjuarai KSM Mata Pelajaran Fisika se-Kabupaten Lumajang. Sehingga menjadi pilihan pesantren terbaik di Lumajang.

Pesantren Terbaik di Lumajang
Khotmil Quran Pesantren Fauzan : Sumber website pesteralfauzan.com

Untuk pendidikan pesantren ada dua model. Pertama pendidikan khusus Al Quran, tahfidz Quran. Yang kedua ada pendidikan pesantren diniyah, dari ula hingga ulya, kajian 4 madhab dan lain sebagainya.

Biaya pendidikan setiap bulan sekitar 450.000 rupiah. Sedangkan untuk pendaftaran salah satu yang disyaratkan adalah memberikan 2 buku bacaan. Website resminya bisa dikunjungi di sini.

Pesantren Terbaik di Lumajang

Inilah beberapa pesantren terbaik di Lumajang. Bagi Anda yang memiliki informasi pesantren atau ada tambahan informasi bisa dicantumkan di kolom komentar. Atau jika memiliki rekomendasi pesantren juga dicantumkan di kolom komentar. Kami masih menyisakan satu pesantren terbaik di nomor tujuh.

Bagi lembaga pendidikan yang ingin direview bisa mengirim brosur dan biaya pendidikan ke affany1986 at gmail.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *