5 Pesantren Gratis di Jakarta | Tahfidz Bersih Berprestasi

Posted by

Pesantren gratis di Jakarta | Banyak pesantren terbaik di Jakarta, namun demikian seringkali biayanya cukup lumayan. Antara tujuh hingga puluhan juta. Oleh sebab itu yang tidak mampu sangat kesulitan. Maka pada kami akan mengulas pesantren Gratis di Jakarta bagi siapa saja yang ingin menempuh pendidikan.

Informasi kami himpun dari beragam sumber. Tidak hanya pesantren gratis, tapi ada juga pesantren tahfidz Quran gratis di Jakarta. Ada lembaga yang mencantumkan beberapa persyaratan, ada juga yang full seratus persen gratis, tanpa ada syarat apapun. Inilah beberapa pesantren gratis di Jakarta versi Panduanterbaik.id. Disamping menjadi informasi, harapan kami juga ada donasi untuk beberapa pesantren terbaik di bawah ini.

Pesantren Gratis Al Isyraq Kebon Jeruk

Yang pertama adalah pesantren Al Isyraq yang beralamat di Kampung Perjuangan No. 56, Kebon Jeruk. Pesantren ini bahkan kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Jakarta. Karena bukan hanya persoalan gratis, namun pesantren yang berdiri pada 2009 ini pendidikannya juga bagus.

Pesantren ini modelnya salafiyah, tradisional, dengan mengedepankan kajian kitab kuning tapi dengan kurikulum enam tahun. Lebih khusus pesantrennya untuk dewasa, karena juga kombinasi antara pesantren dan perguruan tinggi. Dilatih tentang penalaran dan intelektual.

Yang bagus lagi, pesantren ini sangat fleksibel, jika tidak bisa sore, bisa memilih pagi. Namun kurikulumnya enam tahun. Setiap semester memiliki target kitab-kitab yang harus dikuasai. Seperti di semester empat ada Fathul Majid, Ummul Barahin, dan lain sebagainya.

Meskipun gratis tapi pendidikannya ketat. Setiap semester ada yang namanya ujian lisan dan tulisan. Juga ada praktek terjun ke masyarakat melalui ceramah di hadapan banyak orang. Ada tugas karya tulis. Menurut kami ini keren. Oleh sebab itu menjadi salah satu pesantren gratis terbaik di Jakarta.

Info lengkap bisa kunjungi websitenya di sini, http://alisyraq.com/

Pesantren Gratis di Jakarta Darul Islah Warung Buncit

Pesantren ini berada di wilayah Jakarta Selatan. Nama lengkapnya adalah Pesantren Salafiyah Darul Islah. Pesantren ini mendidik santri gratis. Syaratnya mau sungguh-sungguh belajar, nantinya biaya belajar, makan, hingga tidur dipikirkan oleh pesantren.

Pola pendidikan di pesantren ini salafiyah, dengan model sorogan dan bandongan, ngaji kitab kuning bersama-sama, juga ada hafalan nadzam. Khas pesantren-pesantren tradisional di wilayah Jawa. Oleh sebab itu pesantren ini mendidik santri untuk menguasai pengetahuan Islam secara mendalam.

Yang istimewa dari pesantren ini adalah aspek kebersihannya. Dari gedung, hingga kamar mandi cukup bersih. Bahkan pakaian santri bersih-bersih. Putih-putih terlihat rapi sekali. Namun pesantren ini khusus putra. Sumber di sini.

Alamat lengkapnya di Jl. Buncit Raya Kalibata Pulo RT.005/05 No.5 Jakarta Selatan. Telp (021) 79182178.

Pesantren Al Islah Cakung

Satu lagi pesantren gratis di Jakarta adalah Pesantren Al Islah yang beralamat di Jl. Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Jika pesantren sebelumnya lebih banyak untuk dewasa, yang satu ini lebih kepada pesantren yatim dan dhuafa dari anak-anak hingga jenjang SMA. Usia minimal 6 tahun.

Pesantren ini khusus Al Quran. Motonya unik Quran dulu, Quran lagi, Quran saja, Quran selalu. Dengan kata lain di pesantren ini selalu bersama Al Quran. Kurikulum tahfidznya terdiri dari enam paket, yang masing-masing paket memiliki porsi masing-masing jumlah hafalan, hingga kemudian hafal 30 juz. Sedangkan untuk pendidikan formalnya ada paket, A, B, dan C.

Semua santri digratiskan, tidak ada beban biaya. Hanya saja kuotanya terbatas. Tidak bisa semua yang masuk mendapatkan beasiswa. Sekitar 50-an. Artinya jika Anda ingin mengikuti pesantren ini harus sungguh-sungguh. Syarat paling utama di pesantren ini adalah atas kemauan sendiri.

Info lengkap bisa menghubungi 0831-4650-100

pesantren gratis di jakarta
ilustrasi dari Pixabay

Maskanul Huffadz Bintaro Khusus Putri

Satu lagi pesantren gratis di Jakarta, yaitu Maskanul Huffadz yang beralamat di Perumahan Kucica, Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan. Meskipun wilayah ini masuk Tangerang, namun kami masukkan di wilayah Jakarta. Karena sangat dekat secara geografis, hehehe.

Bentuk lembaga pendidikannya adalah pesantren tahfidz Quran. Namun tidak seperti pada umumnya, ini pesantren tahfidz Quran khusus putri. Mungkin karena ini didirikan oleh Artis Oki Setiana Dewi. Tapi syaratnya ketat dan jumlahnya yang kami ketahui hanya sepuluh orang.

Syarat utamanya adalah Yatim atau Piatu, atau Muallaf, dan dhuafa. Usia sekitar 15-20 tahun, belum menikah. Ada target pula sanggup menghafal dalam jangka waktu dua tahun. 30 juz ditempuh dalam jangka waktu dua tahun.

Jika ingin mendaftar komunikasi via whatsapp di +62 895 328006701 dengan Format: Nama_Usia_Alamat_NoTlp. Info lengkap di sini .

Pesantren Gratis di Jakarta Lainnya

Inilah beberapa pesantren gratis di Jakarta yang bisa menjadi pilihan. Kami mengharapkan jika ada pesantren gratis lainnya bisa mencantumkan di kolom komentar atau mengirimkan brosurnya di affany1986 at Gmail.com. Disclaimer on.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *