7 SD Islam Terbaik di Padang | Daril Alam dan Tahfidz Quran

Posted by

SD Islam Terbaik di Padang | Padang terkenal dengan religiusitasnya yang tinggi. Kita semua tahu bahwa salah seorang ulama besar negeri kita berasal dari sini, yaitu Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau HAMKA. Karena itulah, tidak heran jika di daerah ini banyak ditemukan sekolah-sekolah Islam yang berkualitas dan pesantren terbaik di Padang.

Berikut ini akan kami sajikan sejumlah SD Islam terbaik di Padang versi panduanterbaik.id. Kami mengulasnya berdasarkan identitas sekolah, kurikulum yang digunakan, dan keunggulan yang dimiliki, baik berupa pencapaian prestasi maupun keunikan yang tidak dimiliki sekolah lain.

Nomor bukanlah urutan.

SDIT Adzkia Kuranji Padang

Pada tahun 1996, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Adzkia berdiri di Jalan Taratak Paneh, Kuranji-Padang. Sekolah ini berada di bawah Yayasan Adzkia Sumatera Barat yang didirikan oleh Prof. Dr. Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat periode 2016-2021, bersama beberapa kawan sejawatnya.

Sekolah ini menerapkan sistem pendidikan “full day school”. Sekolah tidak hanya terjadi di kelas tetapi terintegrasi antara program kurikulum dengan seluruh sisi kehidupan anak, seperti belajar, bermain, beribadah, makan, dan sebagainya. Dasar penerapan program ini adalah “Integrated Curriculum and Integrated Activity”.

Berbagai prestasi telah diraih siswa-siswa SDIT Adzkia, mulai dari cerdas cermat se-Sumatera Barat hingga nilai tertinggi UASBN seprovinsi. Ada juga yang menjuarai tahfiz Al-Qur’an se-Kota Padang. Semua prestasi yang diraih tidak terlepas dari fasilitas lengkap yang dimiliki sekolah ini, dari gedung olahraga, sejumlah lapangan olahraga, hingga kolam renang pun ada.

Wali murid bisa mendaftarkan anaknya secara online melalui website resminya www.ppdb.adzkiasumbar.or.id. Biaya pendaftaran sekitar 12 jutaan Sedangkan uang bulanannya sebesar Rp1.000.000,00. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi (0751) 498901.

SDIT Arafah Andalas Padang

Sekolah Dasar yang satu ini terletak di Jalan Kampung Terendam, Andalas, Padang Timur, Padang, Sumatera Barat. Konsep pendidikan yang diusung SDIT Arafah keterpaduan antara kurikulum pendidikan nasional dan agama Islam, serta mensinergikan antara kecerdasan kognitif, psikomotorik, afektif, dan spiritual.

Pembinaan karakter peserta didik dilakukan melalui program-program kegiatan dan pembiasaan, seperti pembelajaran agama yang dikembangkan melalui aspek ibadah sehari-hari. Salah satunya adalah tadarus Al-Qur’an dan tahfiz setiap hari, shalat Dhuha, shalat Zuhur berjamaah, shalat Ashar berjamaah, serta penerapan budi pekerti luhur sehari-hari.

Program tahfiz di SDIT Arafah dijalankan secara serius dengan mewisuda anak-anak yang sudah hafal 1 juz Al-Qur’an. Tempat belajar pun nyaman dan tenang membuat pendidikan berjalan efektif.

Untuk biaya sekitar 7.8 juta. Sedangkan untuk SPP-nya sekitar 575 ribuan. Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih tentang sekolah ini, silakan menghubungi 0813-7854-3328. Bisa juga mengunjungi website resminya www.sditarafahpadang.sch.id.

SD Islam Kreatif Makkah Padang

Dengan mengusung slogan “terselenggaranya pendidikan Islami yang menghasilkan generasi cendikia”, SD Islam Kreatif Makkah (SD-IK Makkah) menerapkan pola didik belajar sambil bermain, belajar dengan kreativitas, dan belajar dengan dasar iman dan ketakwaan kepada Allah SWT. Oleh sebab itu menjadi salah satu SD Islam terbaik di Padang.

Kurikulumnya diambil dari Dinas Pendidikan Dasar dan Jaringan Sekolah Islam terpadu (JSIT) Indonesia. Kedua model kurikulum tersebut telah dikolaborasi dengan metode pengajaran yang dikembangkan oleh Tim Pendidik Kreatif SD-IK Makkah Padang. Tujuannya adalah menghasilkan suatu program pendidikan kreatif dan menyenangkan bagi peserta didik yang dikenal dengan “Fun Learning Education” dan “Learning By The Games”.

Sekolah ini mempunyai keunikan dalam beberapa programnya. Salah satunya adalah membuka kelas di sawah dan di laut. Kelas di sawah diajar langsung oleh Ibu Petani yang menerangkan cara bercocok tanam padi dengan baik plus praktiknya. Untuk kelas di laut, mereka menaiki empat buah kapal laut. Masing-masing kelas mendapatkan kesempatan berlayar sambil menerima penjelasan tentang hal-hal terkait pelayaran.

Biaya masuk SD Islam favorit yang satu ini sekitar 8 jutaan. Sedangkan SPP sekitar 500 ribuan. Ada juga uang tahunan sebesar 1.2 juta. Informasi lengkap tentang SD-IK Makkah ini bisa Anda dapatkan di website resminya www.sdikmakkah.sch.id atau menghubungi 0823-87274444.

SDIT Buah Hati Padang

Sekolah Dasar Islam yang satu ini berlokasi di dua tempat. Lokasi pertama di Pulai dan yang kedua di Air Tawar Barat, didirikan pada tahun 2002. Sekolah ini bisa menjadi pilihan di Padang.

Guru-gurunya ramah, disiplinnya dikelola dengan baik, dan kurikulumnya merupakan perpaduan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama Islam.

Di sekolah ini, ibadah dan akhlak anak didik benar-benar sangat diperhatikan. Nilai pun diberikan apa adanya karena kejujuran akademik merupakan komitmen SDIT Buah Hati. Peserta didik dibina dengan pendekatan hati, kasih sayang, dan kekeluargaan.

Pendaftaran bisa dilakukan dengan online melalui www.sdit-buahhati.sch.id, website resmi SDIT Buah Hati. Untuk informasi lebih lengkap, terutama terkait pembiayaan selama belajar di sini, silakan menghubungi 0823-8499-5479 atau 0812-7714-6496.

SDIT Dar el-Iman Padang

Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Dar el-Iman didirikan pada tahun 2009, dikelola di bawah Yayasan Dar el-Iman. Cita-citanya menjadi sekolah unggulan, berakhlak mulia, cerdas, dan mandiri dengan cara mengoptimalkan potensi yang dikaruniakan Allah pada setiap anak.

Proses belajar dilakukan dengan metode active learning menggunakan pendekatan classroom teaching (diskusi, persentasi, praktik, dan kisah-kisah), outdoor teaching (outbond dan field trip), dan audio-video presentation. Pembelajaran menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris.

Sekolah ini memiliki program unggulan. Pertama, tahsin dan tahfiz menggunakan buku metode Al-Faruuq. Minimal, siswa mendapatkan hafalan sebanyak tiga juz setelah tamat.

Kedua, shalat berjama’ah di mushala SDIT. Ketiga, pembagian beras dan infak sosial di setiap pekannya. Selain itu, ada ekstrakurikuler meliputi sains, tata boga, futsal, taekwondo, silat, panahan, dan karate. Oleh sebab itu menjadi salah satu SD Islam terbaik di Padang.

Lokasinya ada dua. Pertama, di Komplek Islamic Centre Dar el-Iman, Jalan Gunung Juaro, Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang. Lokasi kedua di Jalan Arai Pinang 1, Toko Sastra Baru/Sastra Mat, sebelah Komplek Griya Elok, Lubuk Begalung.

Biaya masuk SDIT Dar El Iman sekitar 7 jutaan. Untuk informasi pendaftaran, hubungi 0751447438 atau kunjungi www.dareliman.sch.id.

ilustrasi dari pixabay.com

Sekolah Alam Arroyyan Pangambiran

Sekolah Islam yang satu ini berbeda dengan yang lainnya. Yaitu sekolah alam Arroyyan beralamat lengkap di Jl. Bhakti Abri No. 40 B Pangambiran. Berdiri pada tahun 2011, sekolah ini menjadi salah satu SD Islam terbaik di Padang.

Konsepnya sederhana, bahwa anak kecil lebih leluasa bermain. Kecerdasan tidak selalu diukur dari kecerdasan akademis, tapi juga kecerdasan yang lain. Ada namanya kecerdasan majemuk. Masing-masing kecerdasan tersebut harus digali melalui bermain sesuai naluri anak kecil.

Dengan konsep demikian, maka alam menjadi pendekatan yang magis. Rata-rata porsi pembelajaran di ruang terbuka lebih dominan dibanding gaya kaku di kelas-kelas. Dengan lahan sekitar satu hektar, tentu hal ini menjadi tidak begitu sulit.

Setiap kali penerimaan siswa hanya sekitar 50-an. Adapun biaya pendaftaran sekitar 5-6 juta. Dengan biaya bulanan sekitar 500-an. Bisa lebih dan kurang dari yang kami cantumkan.

SDIT Permata Padang

Beralamat di jl. Andalas Baru no. 25, SD Islam Terpadu yang satu ini merupakan salah satu SD Islam favorit di Padang. Dengan akreditasi B, sekolah ini memiliki beberapa keunggulan.

Di antaranya adalah kelas kecil, pesertanya tidak terlalu banyak, maksimal 26, sehingga interaksi antara guru dengan siswa berjalan dengan maksimal. Kedua fasilitas yang memang cukup memadai. Seperti pendingin ruangan, ada arena bermain, sehingga siswa merasa sangat senang.

Adapun biaya masuk SDIT Permata Padang sekitar 6.5 jutaan. Untuk SPP sekitar 350 ribuan. Bisa dikatakan biayanya standard, namun pendidikannya maksimal. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu SD Islam terbaik di Padang.

Info lengkap bisa mengunjungi website resminya di sini.

SD Islam Terbaik di Padang

Itulah beberapa SD Islam terbaik di Padang versi panduanterbaik.id yang bisa kami rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat untuk dijadikan referensi. Anda bisa memilih salah satunya.

Jika lembaga pendidikan Anda ingin direview, cukup kirimkan brosur dan rincian biaya lengkap ke affany1986 at gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *