pesantren terbaik di Padang

7 Pesantren Terbaik di Padang

Posted by

Pesantren terbaik di Padang, Sumatera Barat sudah barang tentu melimpah. Padang dikenal sebagai penghasil tokoh Islam nasional. Sebut saja Buya Hamka, Tarmizi Taher, dan lain sebagainya. Orang Padang dikenal sangat dekat dengan Agama Islam. Budaya budi pekerti yang tinggi sebagai wujud cerminan dari prinsip tersebut.

Oleh sebab itu kota nan indah yang dikelilingi pegunungan dan pesisir pantai ini menghadirkan pesona tersendiri. Terutama untuk mereka yang ingin belajar di pesantren. Padang adalah tempat yang tepat. Bahkan pendiri Gontor belajar agama juga di Padang. Kami sangat rindu untuk bisa hadir di kota ini. Oleh sebab itu berikut kami sajikan 7 pesantren terbaik di Padang.

Pesantren Thawalib Parabek

Tahukah Anda bahwa sesungguhnya sistem modern pesantren di Indonesia berawal dari pesantren ini? Tapi kemudian dipopulerkan oleh Pondok Pesantren Darussalam Gontor.

Hal ini karena pendiri Gontor belajar di Padang Panjang, tepatnya di pesantren ini. Terbukti pesantren Thawalib lebih dahulu berdiri, 1919, daripada Gontor di tahun 1926. Pesantren inilah yang mengubah pola sorogan dan bandongan menjadi sistem pembelajaran terstruktur di kelas.

Hingga sekarang pesantren ini masih tetap berdiri kokoh. Pesantren ini memiliki ciri khas pembelajaran agama yang dibangun dengan kurikulum yang terukur. Didirikan oleh tokoh-tokoh Islam di masa itu, Haji Abdul Karim Amrullah (Inyiak Rasul), Haji Abdullah Ahmad, dan Zainuddin Labay el Yunisy.

Jika di pondok-pondok pesantren ada istilah Latihan muhadharah, atau pidato, itu juga asalnya dari pesantren ini. Bahkan ada juga debating club. Jadi sudah maju di zamannya. Begitu pula dengan Bahasa arab yang umumnya di pesantren lebih ke pasif, di sinilah awal Bahasa Arab digunakan sebagai Bahasa yang aktif.

Oleh sebab itu pesantren ini merupakan salah satu pesantren terbaik di Padang Panjang, juga di Indonesia dalam sudut pandang kami.

Pesantren Arrisalah

Pesantren Arrisalah merupakan pesantren dengan luas lahan lebih dari 9 hektar. Cukup luas jika dibandingkan dengan pesantren-pesantren lainnya. Pesantren ini memiliki identitas sebagai pesantren yang tetap berpegang pada Pendidikan umum, namun dengan syarat tahfidz Al Quran.

Tempatnya sangat indah, sejuk dengan air yang begitu dingin. Bahkan dikepung dengan pepohonan jika dilihat dari atas. Maka pesantren ini sangat kondusif untuk belajar. Dari banyak sisi, pesantren ini lebih mirip dengan model pesantren Isy Karima Solo dalam sudut pandang kami.

Madrasah Arrisalah dikenal sebagai salah satu madrasah terbaik di Padang. Website resmi di sini.

Untuk setiap siswa disyaratkan hafalan Al Quran untuk kenaikan kelas. Siswa Tsanawiyah harus lima juz, sedangkan Aliyah harus sepuluh juz.

Biaya masuknya juga standard, sekitar Rp 4.000.000. Sehingga pesantren terbaik di Padang ini menjadi tujuan banyak santri untuk mengenyam Pendidikan unggulan di kota Minang.

Pesantren Nurul Ikhlas Bukit Tinggi

Salah satu pesantren unggulan di Padang adalah pesantren Nurul Ikhlas. Ini adalah pesantren modern dengan model sangat mirip boarding school. Yaitu penekanan pada aspek Pendidikan umum lebih diutamakan.

Bahkan di profil websitenya pun yang ditonjolkan adalah akreditasi, program excellent dan lain sebagainya. Kelebihan pesantren ini pada aspek akademis umum. Sehingga beberapa kali meraih prestasi. Bahkan ada satu hal unik, yaitu ada pembelajaran Bahasa Jepang secara intensif.

Sayangnya nama nurul Ikhlas sedikit ternoda, karena ada kasus penganiayaan santri. Lebih disayangkan lagi, berita ini menghiasi banyak media online. Akibatnya ketika mencari informasi tentang pesantren di bukit tinggi ini, akan ditemukan banyak informasi penganiayaan tersebut. Semoga ke depannya publikasi tentang informasi pesantren semakin banyak.  

Pesantren Terbaik di Padang
Pesantren Serambi Mekkah

Pesantren Serambi Mekah

Satu lagi pesantren terbaik di Padang adalah Pesantren Serambi Mekah. Ini memang pesantren besar di Padang dan berdiri pada tahun 1995. Sistemnya modern  seperti layaknya pesantren-pesantren yang ada di Padang dengan inspirasi utama Thawalib.

Pembelajaran yang ada di pesantren untuk pendalaman agama Islam terdiri dari Al Quran, hadits, fiqh, akhlaq, Bahasa Arab, nahwu, sharaf, balaghah dan faroid. Materi-materi ini diajarkan di kelas.

Pesantren Serambi Mekah memiliki arsitektur khas bangunan Padang. Bertingkat dengan atap yang pasti Anda sudah tahu bentuknya. Berhiaskan daerah pegunungan, pesantren ini sangat cocok sebagai tempat menuntut ilmu. Bahkan pesantren ini sudah memiliki perguruan tinggi. Salah satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh pesantren yang lain. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Padang.

Pesantren Pramuka Alhira

Pesantren ini sangat unik. Kalau banyak pesantren ada takhassus ilmu Quran, atau Usul Fiqh, pesantren ini justru mendeklarasikan diri sebagai pesantren pramuka. Bukan berarti aktivitasnya pramuka terus. Tapi unsur jiwa yang ada dalam pramuka menjadi nyawa pesantren.

Didirikan oleh alumni Gontor pada tahun 2008 pesantren ini tumbuh dan berkembang. Di Gontor kegiatan pramuka memang ditanamkan menjadi salah satu nyawa dari Pendidikan kepemimpinan. Mungkin itu yang menjadi inspirasi pesantren Al Hira. Sehingga Pramuka menjadi nyawa Pendidikan karakter.

Hebatnya pesantren ini pernah menjadi tuan rumah event Pramuka Internasional. International Scout Camp (MISC) yang dihadiri 1000 pramuka dari seluruh Indonesia dan tidak kurang 500 urusan dari pramuka negara tetangga.

Pendidikan Agama di pesantren ini juga kental. Khas pesantren modern, yaitu Pendidikan Agama di dalam kelas. Bisa dikatakan ini adalah pesantren tempat menempa karakter. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Padang.

pesantren terbaik di Padang
Pesantren Harakatul Quran Padang

Pesantren Harakatul Quran

Dari namanya kita mengetahui bahwa ini adalah pesantren Al Quran. Pesantren ini merupakan pesantren yang memiliki fokus pada tahfidz Quran. Sehingga kegiatan setiap harinya banyak dihiasi dalam aspek menghafal Al Quran.

Uniknya, pesantren ini justru menggunakan kurikulum KMI, Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah, yaitu kurikulum yang didisain khusus untuk mengakomodir Pendidikan Agama dan Pendidikan Umum dalam satu sistem. Kurikulum ini populer di pesantren Gontor. Sehingga tidak sama dengan kemenag atau diknas.

Kelebihan dengan sistem tersebut adalah kedisiplinan yang diterapkan. Kedisiplinan membuat santri akan tergerak menjadi santri yang lebih mandiri. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam salah satu pesantren terbaik di Padang.           

Usulan Pesantren Terbaik di Padang

Inilah beberapa pesantren terbaik di Padang yang bisa dijadikan bahan informasi untuk pertimbangan Pendidikan anak. Jika ada usulan pesantren tahfidz Quran di Padang, Pesantren Modern di Padang, Pesantren Salaf di Padang, bisa dicantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *