pesantren tahfidz quran di kudus

7 Pesantren Terbaik di Kudus

Posted by

Pesantren terbaik di Kudus sudah pasti banyak. Namanya saja kota pesantren. Kudus memang dikenal memiliki banyak pesantren terbaik terutama dalam tahfidz Quran. Oleh sebab itu Kudus menjadi tujuan penuntut ilmu di Indonesia.

Kudus juga dikenal dengan kota wali. Tidak tanggung-tanggung, ada dua wali sekaligus di kota ini. Yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria. Maka bis-bis akan silih berganti datang ke kota ini. Suasana kotanya cukup religius. Nyaman sebagai tempat untuk menimba ilmu-ilmu Islam. PanduanTerbaik.id akan mengulas beberapa pesantren terbaik di Kudus.

Yanbu’ul Quran

Siapa yang tidak kenal dengan pesantren ini, Yanbu’ul Quran, atau orang sering menyebut dengan nama Yanbu’a. Pesantren ini fokus pada aspek pembelajaran tahfidz Al Quran. Trade Mark Kudus sebagai kota penghafal Al Quran berasal dari pesantren ini. Karena lahir setelahnya pesantren lain.

Pesantrennya tidak besar, jauh jika dibandingkan pesantren-pesantren ternama di Indonesia. Namun fokus Pendidikan dan kualitas yang menjadikan nama pesantren ini masuk dalam jajaran pesantren terbaik di Jawa Tengah, bahkan di Indonesia dalam aspek tahfidz Quran.

Yanbu’ul Quran juga memiliki metode sendiri yang disebut dengan Yanbu’a. Ini adalah standard ketat yang menjadikan santri menghafal bukan dalam waktu cepat, tapi hafalan yang melekat. Yaitu musyafabah, resitasi, takrir dan mudarasah.

Di sini segala jenjang Pendidikan bisa masuk. Terutama untuk yang fokus menghafal saja. Dari anak-anak hingga dewasa. Opsinya bermacam-macam. Oleh sebab itu Yanbu’ul Quran kami masukkan dalam pesantren terbaik di Kudus.

Website resmi di sini

Pesantren Nahdlatul Quran

Pesantren terbaik di Kudus selanjutnya masih berkaitan dengan tahfidz Quran, yaitu pesantren Nahdlatul Quran. Dari nama sudah diketahui bahwa pesantren ini memang fokus pada aspek menghafal Al Quran.

Pesantren ini bisa dikatakan alternatif dari Yanbu’ul Quran, letaknya masih satu wilayah dengan Yanbu’ul Quran. Dari profil yang kami lihat, pesantren ini fokus pada pesantren putri. Ini cukup bagus. Tidak banyak pesantren tahfidz Al Quran khusus putri di Indonesia.

Metode yang digunakan adalah Yanbu’a yaitu musyafabah, resitasi, takrir dan mudarasah. Pesantren ini dalam informasi di websitenya menyediakan Pendidikan untuk mereka yang fokus pada aspek menghafal Quran saja. 

Raudlatuth Thalibin

Jika pesantren sebelumnya fokus pada Pendidikan tahfidzul Quran, pesantren yang satu ini tetap fokus pada Pendidikan agama Islam melalui kajian kitab-kitab kuning. Fiqh, Tauhid, Hadist dan lain sebagainya dengan metode sorogan dan bandongan.

Pesantren ini berdiri pada tahun 1927, cukup tua. Bahkan jika datang ke pesantren juga masih meninggalkan kesan bahwa pesantren ini memang cukup berumur panjang. Santrinya hingga sekarang ratusan.

Santri di pesantren ini bermacam-macam, ada yang fokus Pendidikan agama islam saja. Ada yang sembari belajar formal. Oleh sebab itu pesantren Raudlatuth Thalibin bisa menjadi pilihan untuk pesantren terbaik di Kudus.

Pesantren Al Mawaddah Entreupreneur

Pesantren terbaik di Kudus selanjutnya adalah pesantren Al Mawaddah. Rata-rata yang mondok di pesantren ini adalah mahasiswa. Disebut salah satu yang terbaik di Kudus karena pesantren ini fokus pada aspek entreureneurship, wirausaha.

Ada tagline setiap santri tidak boleh dikirimi uang saku dari orang tua. Pesantren ini memang mendidik santri berwirausaha sesuai minat dan bakat yang dimilikinya. Bahkan pesantren ini mendapatkan penghargaan dari Islam Nusantara Centre sebagai salah satu pesantren terbaik.

Jika Anda mahasiswa dan berada di Kudus, pesantren ini bisa menjadi pilihan untuk nyantri yang terinspirasi dari sosok Nabi Muhammad SAW sebagai seorang pedagang ulung.

pesantren terbaik di Kudus
Santri achsaniyah sedang melakukan kegiatan rebana.

Achsaniyah Pesantren terbaik di Kudus untuk Berkebutuhan Khusus

Ini adalah salah satu pesantren terbaik di Indonesia. Kami menyebutnya demikian karena sedikit orang sudi untuk mendidik anak berkebutuhan khusus di pesantren. Pesantren Achsaniyah merupakan pesantren khusus, menyentuh mereka yang kekurangan dengan sentuhan agama.

Bahkan di pesantren ini anak berkebutuhan khusus bisa menghafalkan ayat-ayat Al Quran. Sungguh istimewa. Padahal untuk membuat mereka diam mendengarkan guru sulitnya bukan main. Usia santrinya antara 5 hingga 35 tahunan. Bahkan ada yang dari luar negeri juga.

Pesantren ini memiliki kemampuan menampung santri hanya seratus orang. Sebabnya kemampuan guru di sana hanya berjumlah itu. Gedung bisa diperluas, tapi mencari guru yang telaten mendidik santri berkebutuhan khusus tidaklah banyak.

Darul Falah Jekulo

Pesantren terbaik di Kudus selanjutnya adalah Darul Falah Jekulo. Pesantren ini merupakan kombinasi antara tahfidz Quran, juga Pendidikan kitab kuning, juga Pendidikan formal. Pesantren ini berdiri pada tahun 1970 M.

Pesantren di Jekulo ini terdiri dari komplek putra dan putri. Masing-masing dua komplek. Sehingga antara santri putra dan putri memiliki jarak yang cukup untuk fokus belajar dan tahfidz Quran.

Untuk ektra kulikulernya, pesantren ini memiliki cukup banyak variasi, dari beladiri, pramuka, hadrah dan lain sebagainya. Penataan ruang-ruang cukup sederhana. Sederhananya jika ingin sekolah formal yang ada pesantrennya bisa ke pesantren Darul Falah Kudus.

Usulkan pesantren terbaik di Kudus.

Kami masih mengosongkan satu nomor, menunggu usulan dari pembaca di kolom komentar. Bisa pesantren unggulan, pesantren klasik, pesantren modern, atau pesantren salafi. Hal ini agar menjadi informasi lengkap bagi seluruh pencari informasi pesantren bagus di Kudus.

Jika ada kesalahan informasi bisa dicantumkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *