Ketatnya Tahfidz di Ponpes Yanbu’ul Quran Kudus

Posted by

Ponpes Yanbu’ul Quran Kudus adalah sebuah fenomena dalam dunia Tahfidz Quran di Indonesia. Secara sejarah, pendiri pesantren KH. Arwani Amin berguru kepada KH. Munawwir Krapyak, dan KH. Hasyim Asyari Tebu Ireng. Sehingga memiliki trah pesantren besar.

Pesantren di Kudus ini pun tidak pesantren biasa, yaitu khusus tahfidz Quran, yang kemudian menginspirasi banyak pesantren di wilayah Kudus sehingga dikenal sebagai kota tahfidz Quran. Oleh sebab itu kami akan megulas bagaimana kelebihan pesantren Yanbu’ul Quran Kudus. 

Apa yang kami himpun berdasarkan kumpulan dari review-review, serta beragam hal lainnya. 

Profil Ponpes Yanbu’ul Quran Kudus 

Pesantren ini berdiri pada tahun 1970, jauh sebelum pesantren-pesantren khusus tahfidz Quran atau ilmu Quran berdiri di Indonesia seperti Muqoddasah Ponorogo, PIQ Singosari, atau pesantren tahfidz Quran lainnya.

ponpes yanbu'ul Quran Kudus

Namun yang istimewa dari pesantren ini menurut kami bukan hanya persolan unsur tahfidz Quran, tapi justru tahfidz Quran khusus anak-anak yang membuat kagum.

Di Indonesia pesantren tahfidz Quran khusus anak usia sekitar 7 tahun tidaklah banyak. Meskipun pesantren yang satu induk dengan ini juga ada Yanbu’ul Quran Putri, Yanbu’ul Quran dewasa dan lain sebagainya.

Namun untuk anak perlu ketrampilan khusus plus ketelatenan yang cukup rumit. Dari anak yang kangen orang tua, nyuci baju, jajan boros dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kami memahami betapa istimewanya ponpes Yanbu’ul Quran Kudus. 

Metode Tahfidz Quran Yanbu’a

Jika Anda menemukan brosur pesantren tahfidz Quran, khususnya di Jawa Tengah, pasti pernah mendapatkan metode tahfidz Yanbu’a. Itulah metode yang sesungguhnya lahir dari pesantren Yanbu’ul Quran Kudus.

Apa yang istimewa dari metode Yanbu’a sehingga banyak orang menggunakannya adalah ketatnya tahfidz Quran agar sesuai dengan kaidah tajwid. Metode ini penekanannya bukan pada nada khusus, tapi lebih kepada benar tidaknya tahfidz tersebut. 

Padahal kalau dari pola tahfidz menurut kami klasik, ada dengan murajaah, didampingi ustadz dan lain sebagainya. Tapi jaminan kualitas hafalannya yang bagus tidak semua memiliki. Karena seringkali bisa jadi hanya mengutamakan hafalan saja,  tapi masalah tajwid, kurang.

Maka di Ponpes Yanbu’ul Quran Kudus dikatakan cepat menghafal bukan satu dua tahun, tapi tiga tahun. Itu sudah cepat. Standardnya 4-5 tahun. Hafalannya mutqin, yaitu benar-benar melekat tidak mudah hilang. 

Ponpes Yanbu’ul Quran Kudus bukan mementingkan kecepatan tapi kualitas hafalan Al Quran. 

PanduanTerbaik.id

Seleksi di Ponpes Yanbu’ul Quran Kudus

Untuk mewujudkan hafidz 30 juz anak-anak yang berkualitas maka dibutuhkan seleksi yang ketat. Tidak hanya satu tahap, tapi berlapis-lapis.

Pertama untuk usia sekitar 6-7 tahun. Berarti anak akan masuk SD. Uniknya, di brosur hanya tertulis pendaftaran 1-10 Mei, tapi peminatnya banyak, jadi harus cepat-cepat. Tes seleksinya tanggal 13 Mei. Ini baru tahap tes seleksi satu.

Seleksi kedua yang cukup menegangkan yaitu karantina satu bulan. Karantina ini memiliki tujuan untuk menyeleksi kecerdasan hafalan, keseharian, dan akhlaqnya. Inilah yang membuat seleksi di Ponpes Yanbu’ul Quran Kudus berjalan dengan optimal.

Menurut kami belum banyak pesantren menggunakan model seleksi yang demikian. Anda bisa melihat review kami di pesantren tahfidz Quran anak di Jawa Tengah, dan lain sebagainya, tidak banyak seperti ini. Butuh tenaga lebih.

Jika sudah lulus, maka kemudian baru mendaftarkan biaya pendaftaran dan administrasi lainnya. Bukan bayar kemudian jika tidak lulus tidak dikembalikan biayanya. Adapun yang lulus tahap satu hanya membayar sekitar 1.9 jutaan. 

Lingkungan dan Sarana Pesantren

Tapi jangan mengira di pesantren ini satu hari penuh menghafal Quran. Waktu yang dituangkan untuk khusus menghafal hanya tiga kali, pagi, kemudian sore selepas ashar, kemudian malam. Sedangkan dari pagi hingga siang, merasakan pendidikan formal. 

Untuk budaya yang ada di pesantren ini khas pesantren salafiyah (bukan salafi), yaitu menggunakan sarung, kemudian koko, dan mengenakan kopyah. Tampak khas santri. 

Kalau dari sarana dan prasarana menurut kami standard. Hanya memang pelayanan guru kepada santrinya yang ekstra. Karena mendidik anak-anak. 

Untuk lingkungan, teduh, nyaman, cuacanya setiap hari paling tinggi sekitar 29 derajat celcius, rata-rata 26 derajat. Anda bisa membayangkan di lokasi ini tidak terlalu panas. 

Pendaftaran Yanbu’ul Quran Kudus

Pendaftaran Yanbu’ul Quran Kudus dibuka hanya sekali dalam setahun. Yaitu di tanggal 1-10 Mei, dari pukul 8:00 sd 15:00, selebihnya tutup. Serta tidak buka lagi. Jangan datang selain tanggal itu. Nantinya tes tahap pertama dilaksanakan tanggal 13 Mei. 

Syaratnya usia 6-7 tahun. Tidak tertera dalam brosur di luar usia itu. Mengisi formulir, akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah TK atau TPQ, kemudian membayar uang pendaftaran 200.000. 

Info Lengkap bisa kunjungi website resminya di sini.

Biaya Ponpes Yanbu’ul Quran 

Untuk biaya ponpes Yanbu’ul Quran putra dan ponpes Yanbu’ul Quran Putri ada perbedaan, tapi tidak terlalu jauh. Namun yang akan kami tulis adalah biaya ponpes Yanbu’ul Quran putra sekitar 10 juta. Untuk biaya ponpes yanbu’ul Quran 2021/2022 mungkin lebih sedikit.

Intinya lebih valid untuk masalah biaya datang ke lokasi karena kami melihat dari tahu sebelumnya. Namun paling tidak ada patokan untuk Anda. Untuk SPP bulanan sekitar 1.1 juta. Untuk pesantren tahfidz Quran anak, biaya ini standard.

Alamat Pesantren Yanbu’ul Quran

Untuk alamat lengkap pesantren bisa kunjungi alamat ini Jl. KH Moh. Arwani No.24 03/01, Pejaten, Kajeksan, Kec. Kota Kudus. Atau bisa mengikuti maps yang kami sertakan di bawah ini. Semoga menjadi manfaat. 


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *