pesantren terbaik di NTB

Pesantren Algebra Bogor | Arsitektur Eropa dan Biaya

Posted by

Pesantren Algebra Bogor atau yang biasa disebut dengan Algebra IIBS, merupakan sebuah lembaga pendidikan paket lengkap bersistem pesantren plus Islamic Boarding School. 

Terkenal karena memiliki masjid dengan arsitektur indah bernuansa nusantara, eropa, dan timur tengah, menjadi data tarik tersendiri dari Algebra International Islamic Boarding School ini. 

Oleh karena itu, kami sangat tertarik untuk mengulas berbagai hal yang ada di Algebra IIBS. Kami merangkum mulai dari sejarah berdirinya, kurikulum pendidikan, program unggulan, beasiswa santri, biaya masuk, hingga prosedur pendaftaran. 

Semua informasi kami berdasarkan website resmi, brosur pesantren, dan video youtube dari channel Algebra IIBS. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi pencari Pesantren Algebra Bogor

pesantren algebra bogor

Profil Pesantren Algebra Bogor

Adalah Dr. H. Syahrul Effendi, SH. MM., pendiri Masjid Agung Harakatul Jannah, Pesantren Tahfidz Harakatul Jannah, Diniyyah Harakatul Jannah, dan kegiatan masjid lainnya. 

Tak ingin estafet perjuangan mensyiarkan berhenti sampai sini saja, maka dibangunlah Algebra IIBS dengan konsep penggabungan dari semua lembaga pendahulunya. 

Pesantren ini sangat unik. Karena keterpaduan dari tiga ruh pesantren yang berbeda-beda. Mulai dari pesantren salafi, pesantren modern, dan juga pesantren tahfidz qur’an. 

Istimewanya lagi pendidikan di Pondok Pesantren Algebra Bogor didukung dan dibimbing oleh trustee broad. Maksudnya apa? Keep scrolling ya.

Pendidikan Ponpes Algebra

Dilihat dari segi pendidikan yang ditawarkan dengan dua jenjang pendidikan (SMP dan SMA), Algebra IIBS memang memberikan paket lengkap. Sehingga menjadi wadah yang cukup baik. 

Kurikulum yang digunakannya adalah perpaduan antara kurikulum nasional, kurikulum internasional Cambridge University, Al Azhar Kairo, dan kurikulum khas pesantren dengan pendalaman materi islamic studies (aqidah, tafsir, hadis, siroh, dan fiqih). 

Nah perpaduan kurikulum ini tentunya harus seimbang antara satu dan yang lainnya. Untuk itu trustee broad hadir sebagai perancang pembelajaran para santri. 

Trustee broad Pesantren Algebra Bogor IIBS terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari para kyai yang handal dalam mengelola pesantren, para jenderal dari militer, walikota dari birokrasi, dan para tokoh masyarakat lainnya. Nah trustee broad dengan kata lain pemateri ahli di pesantren ini. 

Dengan beragamnya trustee broad ini, para santri diharapkan bisa mendapat pengalaman-pengalaman dan juga ilmu yang tidak mudah didapatkan di luar pesantren. Ini menurut kami sebuah keistimewaan tersendiri. 

Sekolahnya Para Da’i

Salah satu prestasi yang dimiliki Algebra IIBS adalah program sekolah da’i yang diselenggarakan pada November 2020 silam. Program sekolah da’i yang bekerjasama dengan dompet dhuafa ini mempertemukan 25 santri dari 33 provinsi di Indonesia lho. 

Mereka diterjunkan ke masyarakat selama satu bulan penuh untuk belajar dakwah bukan hanya lewat mimbar, tapi juga memberikan solusi dari permasalahan yang ditemukan di sana. 

Alumni program sekolah da’i ini akan diterjunkan ke daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terpencil) selama satu tahun sebagai proses lanjutan. Waah, keren ya. Oleh sebab itu Pesantren Algebra Bogor menjadi salah satu pondok pesantren favorit. 

Materi Unggulan Boarding School

Selain kurikulumnya yang berstandar internasional, Algebra IIBS meramu materi-materi unggulan untuk meningkatkan kualitas para santri. Apa saja materi tersebut? 

Yang pertama adalah tahsin dan tahfidz Al-Quran. Menerapkan metode muyassar (talaqqi), para santri dibina bukan hanya untuk mengejar target hafalan, melainkan juga tajwid dan pelafalannya diperhatikan dengan baik oleh guru santri. 

Kajian kitab kuning / kitab turats. Sebagai pelengkap, pihak Algebra IIBS memberikan ilmu diniyyah lebih mendalam dengan kitab kuning sebagai pedomannya. Selanjutnya, leadership, science plus pengembangan bakat, information dan technology (IT). 

Dari ketiga materi unggulan yang diramu tersebut, masih dipoles lagi dengan kemampuan santri berbahasa arab dan inggris. 

Jadi pola santri yang ingin dibangun Algebra IIBS adalah mahir dari sisi akademik, ahli ilmu agama, hafidz qur’an, memiliki jiwa leadership yang kuat, dan bisa berbahasa internasional. Paket lengkap yang saat ini banyak dicari-cari oleh orang tua santri. 

Pendaftaran Ponpes Algebra Bogor 2021

Pendaftaran Pesantren Algebra Bogor 2021 dan penerimaan santri baru Algebra IIBS dibagi menjadi dua gelombang. 

  • Gelombang pertama dibuka mulai tanggal 31 Desember 2020 – 28 Februari 2021
  • Gelombang kedua dibuka mulai tanggal 1 Maret – 31 Mei 2021

Bapak / Ibu bisa mendaftarkan buah hatinya dengan mengisi formulir pendaftaran yang ada pada website resmi Algebra IIBS, ataupun datang langsung ke kantor pendaftaran santri baru di pondok. 

Jangan lupa mengupload berkas pendaftaran (selengkapnya bisa dicek pada website) dan membayar biaya formulir registrasi sekitar Rp. 600.000 ribu kemudian dibayarkan melalui transfer ke Bank BNI Syariah di nomor 661 77777 89 A/N ALGEBRA Int Boarding School. 

Konfirmasikan bukti transfer Anda dan kirim ke nomor whatsapp 0822 8520 2306. Adapun materi tes seleksi meliputi tes akademik, wawancara santri dan wali santri, tes praktik ibadah (SMP), baca Al-Qur’an (SMP & SMA) dan tes psikotes (SMA). 

Biaya Masuk Pesantren Algebra Bogor

Lantas, berapa estimasi biaya Pesantren Algebra Bogor yang perlu dipersiapkan orang tua untuk memondokkan anaknya di Algebra IIBS? 

Biaya masuk pertama Algebra IIBS sekitar 29.7 juta (sudah termasuk uang seragam, jas almamater, pakaian olahraga, kasur, ranjang, bantal, guling, dan 2 sprei, buku paket dan buku tulis, SPP satu bulan pertama, uang kesehatan dan ekstrakurikuler santri selama satu tahun, dan uang gedung). 

Adapun SPP syahriah atau per bulannya sekitar 2.7 juta. Menurut kami biaya masuk Algebra IIBS tergolong kelas menengah ke atas. Tidak terlalu mahal juga, karena ada beberapa boarding yang biaya masuknya sampai ratusan juta rupiah, bisa diperiksa di sini.

Jika ingin lembaga pesantren di Bogor yang lebih terjangkau bisa kunjungi review kami tentang pesantren terbaik di Bogor, kami sudah lengkapi dengan biaya. Detilnya di link ini.  

Beasiswa Santri

Nah Algebra IIBS juga memiliki program beasiswa yang diberikan khusus untuk 10 santri SMP dan 10 santri SMA. 

Terdapat 3 jenis beasiswa yang diberikan, mulai dari beasiswa full dan partial, rinciannya sebagai berikut :

  • Bebas uang masuk tahun pertama 10 juta
  • Bebas uang masuk tahun pertama 15 juta
  • Bebas uang masuk dan bulanan selama 3 tahun masa pendidikan full

Beasiswa ini diberikan bagi santri / santriwati berprestasi dan bisa membaca Al-Quran. Syarat dan ketentuan lainnya bisa dilihat pada website Algebra IIBS. 

Alamat Lengkap Algebra

Algebra IIBS berlokasi di komplek Masjid Agung Harakatul Jannah, Ujung Tol Simpang Gadog Ciawi, KM. 71 Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia – 16770. Lokasinya cukup terjangkau.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, hubungi call center Algebra IIBS di nomor telepon +62 251 8246 474 atau selengkapnya kunjungi website resmi klik di sini https://algebraiibs.com/.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *