9 Pesantren Terbaik di Bogor | Keunggulan Disertai Biaya

Posted by

Pesantren terbaik di Bogor bisa menjadi rujukan bagi orang yang tinggal di Jakarta. Terutama karena Bogor dikenal sebagai kota tempat tinggal bagi para pekerja di Jakarta. Juga dikenal sebagai tempat wisata bagi orang yang hidup di Jakarta.

Karena suasana yang begitu nyaman, Bogor juga dikenal sebagai kota dengan pesantren yang cukup banyak. Jenisnya variatif, mulai dari yang kecil hingga besar, bahkan tidak jarang pesantren tahfidz Quran di Bogor. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas 7 Pesantren Terbaik di Bogor.

Pesantren Alannabi

Pesantren Alannabi memiliki identitas sangat kuat, yaitu pesantren tahfidz Quran khusus putri. Sehingga pesantren ini memiliki kelebihan dalam aspek pendidikan yang fokus pada keputrian, juga fokus pada tahfidz Quran.

Sisi lain adalah, di pesantren ini memang menganut bagaimana menjalankan sunnah nabi. Sebanyak mungkin. Maka pemandangan seperti bercadar menjadi hal yang sering dijumpai. Bagi mereka ini merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan bagi kaum hawa.

pesantren terbaik di Bogor

Di sini pendidikannya terdiri dari tiga aspek. Pertama adalah tahfidz Quran itu sendiri, juga hadist-hadist arbain. Kedua adalah program dirosah islamiah, seperti adab santri, akhlaq, penguatan ibadah.

Terakhir adalah ekstra kurikuler seperti komputer, disain, tata boga, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Bogor. Official Website di Sini!

Pesantren PPIQ Ciomas

Kalau yang satu ini adalah pesantren PPIQ Ciomas merupakan pondok pesantren yang memang fokus di pendidikan Al Quran, mulai dari tahsin hingga tahfidz.

Kelebihannya adalah pendidikan Al Quran di sini bersanad muttasil. Yang artinya menyambung ke Rasul. Dan yang utama adalah tidak mementingkan kecepatan, tapi lebih mementingkan mutqin, adalah melekatnya hafalan tersebut.

Baca: 7 Jenis Pondok Pesantren di Indonesia

Di samping itu pesantren putra dan putri ini juga memiliki target yang disesuaikan dengan santri, tidak langsung 30 juz, ada program 5, `10 juz, 20 juz, bahkan 30 juz. Dan tersedia pendidikan formal. Jadi lengkap.

Di pesantren ini santrinya tidak begitu banyak, sehingga pembinaan berjalan optimal. Biaya masuknya juga standar, tidak terlalu mahal. Sekitar 8 juta dengan SPP bulanan antara 800-820. Kami sudah ulas lengkap dan sertakan videonya di sini. Ini memang salah satu pesantren terbaik di Bogor.

Pesantren Ummul Quro

Pesantren terbaik di Bogor lainnya adalah Ummul Quro. Pesantren ini di Bogor cukup terkenal. Berdiri di tahun 1993, pesantren ini sudah memiliki santri kurang lebih 3000-an. Untuk wilayah Bogor, pesantren sebesar ini tergolong pesantren terbesar.

Bisa dikatakan keberhasilan pesantren ini adalah mewadahi pendidikan umum dan pendidikan agama yang standard. Jadi berasrama di pesantren, kemudian sekolah formal, sore dan malam ngaji pesantren.

Karakter demikian bisa jadi memang disukai masyarakat Bogor. Kelebihan lainnya adalah pendidikan yang lengkap hingga jenjang perguruan tinggi.

Jika dilihat dari kegiatan yang dilakukan, beberapa khas pesantren klasik Jawa Timur, ada tahlilan, manaqiban, plus shalat tasbih. Kegiatannya pun tidak terlalu padat. Siang adalah peminatan ekstrakurikuler.

Untuk bahasa juga standard, ada kegiatan pembelajaran kosa kata tapi tidak seperti pesantren-pesantren modern yang fokus di penguatan Bahasa. Untuk pendaftaran standard, sekitar 8-9 juta biaya masuknya.

Daarul Ulum Lido

Satu lagi pesantren terbaik di Bogor versi panduan terbaik adalah Daarul Ulum Lido. Pesantren ini memiliki jenjang pendidikan dari Raudhatul Athfal hingga pendidikan menengah atas.

Pesantren Daarul Ulum Lido bisa dikatakan mirip dengan pesantren Daarussalam Bogor secara model pendidikan. Hal ini dapat dimengerti karena pendiri KH. Ahmad Dimyati merupakan alumni Daar El-Qolam. Sedangkan Daar el Qolam adalah pesantren alumni Gontor.

Berdiri di atas lahan sekitar 9 hektar, pesantren ini memiliki keindahan tempat. Di dalam pesantren suasananya sejuk dan asri. Anda ketika masuk akan merasa nyaman. Karena tempatnya memang naik turun seperti di pegunungan, khas Bogor dataran atas.

Secara kurikulum mengacu kepada nasional, Gontor, dan juga sudah disesuaikan dalam beberapa aspek. Yang istimewa di pesantren ini adalah ekstrakurikuler yang cukup melimpah.

Dari olah raga, seni ketrampilan, sampai dengan keilmuan seperti science club. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam pesantren terbaik di Bogor.

Daarussalam Bogor

Biasanya jika ada nama pesantren Darussalam, maka itu pesantren duplikat dari Gontor. Benar saja, Darussalam Bogor juga demikian. Pesantren ini memang berkiblat dengan Gontor, pola pendidikan modern, hingga pola keseharian diterapkan mirip dengan Gontor.

Perbedaannya adalah memasukkan unsur pesantren klasik seperti ngaji kitab. Di pesantren ini ngaji kitab menjadi sesuatu yang juga dilakukan. Kombinasi dua hal tersebut ditambah dengan unsur pendidikan nasional. Sehingga Darussalam Bogor mengistilahkan dengan Three in One.

Pesantren ini juga menetapkan kemampuan berbahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa yang harus dimiliki santri. Dua bahasa ini menjadi pendukung inti dari arti kemodernan itu sendiri.

Dengan guru-guru yang rata-rata dari Alumni Gontor, maka pesantren ini patut menjadi salah satu alternatif pesantrent terbaik di Bogor.

Pesantren Arridho Sentul

Berikutnya yang kami masukkan sebagai salah satu pesantren terbaik di Bogor adalah Arridho Sentul. Jika pesantren Daarussalam Bogor, Daarul Ulum Lido, berusaha mengkombinasikan kurikulum Gontor dengan yang lain, pesantren Arridho Sentul berusaha semirip mungkin.

Hal ini terlihat dari kurikulum yang diambil adalah KMI, ini kurikulum murni dari Gontor yang sudah menyatukan antara pendidikan agama dan umum dalam satu metode.

Sehingga pesantren ini memiliki jenjang pendidikan enam tahun bagi lulusan SD dan empat tahun bagi lulusan SMP atau SMA. Padahal menerapkan pola pendidikan demikian tidaklah mudah. Namun demikian pesantren Arridho Sentul berusaha menerapkannya.

Kurikulum tersebut sebenarnya yang ditonjolkan adalah pembelajaran kedisiplinan, dan pembelajaran kemandirian. Maka akan terlihat seperti disiplin juga berusaha untuk berbahasa Arab dan Inggris.

Pesantren Al Inayah Bogor Utara Biaya Murah

Ini adalah pesantren yang keunggulan utamanya adalah biaya yang cukup murah. Yaitu sebesar satu jutaan dengan biaya SPP sebesar Rp400.000. Walaupun ini biaya tahun 2021, tapi menurut kami cukup terjangkau. Oleh sebab itu kami masukkan ke dalam Ponpes terbaik di Bogor.

Yang menarik dari pesantren Al Inayah Bogor adalah pendidikannya sangat lengkap, mulai dari MI, hingga setara SMA. Kurikulumnya juga perpaduan antara kemenag dan diknas. Sehingga tetap belajar sains seperti Matematika, Fisika dan lainnya.

Ada juga tahfidz Quran, bahasa arab dan Inggris yang cukup intensif. Eskul juga variatif, mulai dari jurnalistik, latihan pidato, dan lainnya. Bisa dikatakan ini adalah pesantren sederhana, tapi lengkap.

Alamat lengkap berada di Jalan Danau, Bogor Raya, Kampung Pasir, Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara. Untuk informasi lengkap bisa kunjungi link ini, atau hubungi nomor 0821-8379-190.

Pesantren Tarbiyatul Huda Caringin Terjangkau

Jika Anda mencari pesantren modern terbaik di Bogor tapi biaya terjangkau, maka kami rekomendasikan Pesantren Tarbiyatul Huda. Kiblatnya adalah perpaduan antara salafiyah, dan modern.

Adapun kurikulumnya mirip dengan KMI Gontor. Durasi pendidikan enam tahun jika lulusan SD, dan empat tahun bagi lulusan SMP, tambahan satu tahun untuk penyesuaian bahasa dan ilmu syariah.

Unsur batin juga dibina dengan baik. Ada tahlilan, maulid Simtudduror, Maulid Diba’. Ekstranya melimpah, dari olah raga, sampai seni seperti gambus, qasidah, marawis. Jumlahnya 13 lebih.

Biaya masuknya sekitar 5 juta dengan SPP Rp500.000. Ini biaya tahun 2021. Menurut kami biayanya cukup terjangkau dan bisa menjadi pilihan. Alamatnya di Jalaan Veteran 1, Pancawati, Kecamatan Caringin. Informasi lebih lengkap di sini.

18 comments

    1. ada lagi yg the Best. Pondok Pesantren Ilmu Qur’an ( PPIQ ) ciomas laladon bogor.
      Sbb santrinya banyak yang Sukses dalam ke ikut sertaan lomba MTQ dan STQ sampai Internasional.

  1. Saya pensiunan pns, anak saya kls 5 mi, saya bingung pengen pesantren yg unggul tapi biaya tidak terjangkau pensiun saya, apa ada keringanan bagi anak saya, apa ada yg sudi menampung keinginannya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *