Pesantren Darussalam Bogor | Sitem Modern Gontor

Posted by

Pesantren Darussalam Bogor merupakan salah satu pesantren yang menyedot perhatian besar. Terutama karena sifat modernitas yang dimilikinya. Sehingga identitas pesantren yang dulu lenyap, pesantren ini hadir dengan jiwa yang lebih segar.

Kami tertarik untuk merangkum informasi dari website resmi ditambah sedikit komentar. Informasi penting seperti profil, biaya masuk pesantren, sampai alamat lengkap kami hadirkan menjadi lebih ringkas.

Profil Pesantren Darussalam 

Nama Darussalam identik dengan pesantren alumni Gontor. Salah satunya pesantren ini yang juga didirikan oleh alumni pesantren Gontor Ponorogo pada tahun 1992. Sehingga banyak hal memang terinspirasi dari pesantren Modern tersebut.

Berdiri di atas lahan seluas 6.400 meter persegi pesantren ini kemudian beradaptasi dengan unsur kultural, sehingga berhasil menggabungkan tiga elemen penting, yaitu aspek nasional dari Kemenag dan Diknas, tradisional khas Bogor, plus modernitas yang diambil dari Gontor. 

pesantren darussalam bogor

Keberhasilan dalam menggabungkan tiga aspek tersebut menjadi faktor kunci paling penting dari kokohnya pesantren Darussalam Bogor di antara pesantren-pesantren lain di sekitarnya. 

Satu identitas penting dari pesantren alumni Gontor adalah aspek pendidikan karakter yang cukup kuat. Pendidikan di luar kelas mengambil peran melalui pendampingan intensif 24 jam dalam wujud kedisiplinan. Asrama menjadi elemen penting pendidikan yang tidak bisa dipisahkan.

Kurikulum Pendidikan Pesantren 

Jika banyak pesantren Alumni Gontor mengambil tidak begitu banyak dari induknya, tapi hal sebaliknya justru terjadi di pesantren ini. Cukup banyak aspek diambil dari Gontor. Terutama kurikulum pendidikan.

Pesantren berkualitas ini menggunakan kurikulum KMI, di mana santri akan terbagi menjadi dua program. Yaitu program reguler selama enam tahun untuk lulusan sekolah dasar. Jenjangnya seperti SMP dan SMA.               

Ada satu lagi program intensif yang diperuntukkan bagi lulusan SMP atau MTs yang masa belajarnya menjadi empat tahun. Ada satu tahun tambahan untuk penyesuaian bahasa arab sebagai basis pembelajaran di kelas. 

Tahun kedua mulai mengejar ketertinggalan. Nantinya di tahun ketiga sudah duduk di kelas lima bersama dengan lulusan SD. Kelas enam, sebagai kelas akhir juga sama-sama dalam satu angkatan. 

Untuk pembelajaran tidak dipisahkan antara pendidikan diniyyah dan formal. Karena keduanya sudah dirangkum menjadi satu di dalam kelas dari pagi hingga pukul 15:00. Jeda terjadi ketika shalat dhuhur. Ini berbeda dengan metode sorogan dan bandongan.

Adapun bahasa pengantar di kelas lebih dominan bahasa arab. Meskipun dalam komunikasi harian bahasa inggris juga digunakan sebagai syarat wajib santri di abad modern seperti sekarang. 

Kegiatan Harian di Pesantren

Adapun kegiatan harian pesantren akan dimulai dari pukul empat pagi, dengan shalat subuh dan membaca Al Quran. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian kosakata bahasa arab atau inggris. 

Kemudian selepasnya lebih banyak kegiatan di kelas. Hingga nanti pukul 15:00. Ada kesempatan olah raga di waktu sore hari. 

Selepasnya ngaji kitab kuning. Dari sebelum magrib hingga malam pukul 20:00. Di sinilah letak perbedaan dengan Gontor yang di Ponorogo. Pesantren Darussalam Bogor menambahkan aspek kajian kitab kuning lebih besar. 

Oleh sebab itu Pesantren Darussalam Bogor dalam sudut pandang kami memberikan warna spiritual yang lebih kental. Namun tetap tidak meninggalkan unsur modernitas dalam sistem pendidikan santri. 

PanduanTerbaik.id

Untuk fasilitas tergolong standard. Jangan dibandingkan dengan Islamic Boarding School di Bogor. Karena di pesantren yang dikedepankan adalah aspek pendidikan bukan fasilitas. Satu kamar lebih dari tujuh orang, belasan.

Pendaftaran Darussalam Bogor

Untuk pendaftaran Darussalam Bogor tersedia beberapa gelombang. Pertama dari November hingga Januari. Biasanya akan diadakan tes masuk akhir Januari di setiap tahun.

Gelombang kedua dari Februari hingga Maret, di mana tes masuk akan diadakan pada bulan April di setiap tahun. Rata-rata pesantren memang demikian. 

Adapun biaya pendaftaran Darussalam Bogor sebesar Rp200.000 di gelombang pertama, sedangkan gelombang kedua biaya pendaftarannya sebesar Rp300.000. 

Biaya Masuk Ponpes Darussalam

Untuk biaya masuk pesantren Darussalam untuk gelombang satu sekitar 5.8 juta, sedangkan gelombang dua sekitar 5.9. Selisih seratus ribu rupiah. Angka ini sudah termasuk biaya pendaftaran di awal.

Namun demikian biaya sebesar ini tidak termasuk perlengkapan santri. Baju, kasur, dan lain-lain seperti sajadah sarung tidak tercantum. Kalau ditotal, mungkin sebagai orang tua harus siap sekitar 9 juta rupiah. 

Jika ingin alternatif pesantren lain di Bogor bisa dibaca di sini. Kami sajikan beberapa pesantren terbaik di Bogor.

Alamat Pesantren Darussalam Bogor

Alamat lengkap pesantren berada di Jalan Taman Pagelaran, RT. 001 / RW. 02, Bubulak, Ciomas, Padasuka, Ciomas, Bogor, Jawa Barat. Atau jika ingin menelpon bisa hubungi (0251) 8631787. Website resminya di http://darussalambogor.ac.id/.

Suhu udara di wilayah ini standard, tidak terlalu dingin, sekitar 28 derajat. Jika sedang rendah berada di 25 derajat celcius. Cocok untuk suasana belajar di pesantren. 

Jika ada lembaga pendidikan lain yang bersedia direview, cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami ingin hadirkan informasi pendidikan agar mudah dijangkau masyarakat luas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *