Taruna Nusa Harapan | Sekolah Berdedikasi dan Toleransi

Posted by

Taruna Nusa Harapan merupakan salah satu sekolah cukup terkenal di Jawa Timur. Salah satu alumninya adalah Bapak Djarot Saiful Hidayat, Gubernur DKI Jakarta periode 2017 silam. Sekolah ini biasa disingkat menjadi Sekolah TNH. 

Sekolah yang terkenal dengan keberagaman dan toleransi yang tinggi antar siswa dan sekolah. Penasaran seperti apa profil Sekolah Taruna Nusa Harapan? 

Di sini kami akan mengulasnya secara singkat profil sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, hingga prosedur pendaftaran yang berhasil kami rangkum dari website resmi dan informasi lainnya di internet. 

Sekolah Taruna Nusa Harapan

Sekolah TNH termasuk sekolah yang cukup legendaris di Kota Mojokerto. Berdiri di bawah binaan Yayasan Taruna Nusa Harapan dan saat ini diketuai oleh Bapak Rudyanto. 

Taruna Nusa Harapan Mojokerto

Sebenarnya sekolah ini berawal dari sebuah Organisasi Pemuda Cina Perantauan (Hua Chiao Tsing Nien Hui / CHTN) di Kota Solo. Hingga pada akhirnya dibukalah cabang pendidikan di Kota Mojokerto pada tahun 1935.

Inilah mengapa Sekolah TNH dengan heterogenitas siswanya. Karena dulu sekolah ini didirikan oleh etnis Tionghoa. Kemudian berkembang hingga sekarang. 

Secara garis besar, identitas yang dimiliki teramu dalam 3 aspek. Friendly, Nationality, Togetherness. Karena sekolah yang siswanya mampu melebur tanpa melihat agama maupun etnis dari mana mereka berasal. 

Kurikulum Sekolah TNH

Sekolah ini memiliki jenjang pendidikan yang beragam. Mulai dari Playgroup, TK, SD, SMP dan SMA. Uniknya sekolah ini membagi lagi program kurikulum pendidikannya. 

Yang pertama ada kurikulum reguler atau kurikulum nasional yang tentunya mengacu pada kurikulum pemerintah (k-13). Dan yang kedua adalah kurikulum nasional plus. 

Jika kurikulum nasional yang pertama untuk semua jenjang pendidikan, maka khusus kurikulum nasional plus ini hanya untuk TK, SD dan SMP.  Yang istimewa dari kurikulum nasional plus adalah penggunaan bahasa Inggris dalam kelas secara aktif. 

Keberagaman Siswa Sekolah

Mempunyai visi mewujudkan siswa – siswi yang beriman, berakhlak mulia, berprestasi, berjiwa nasionalis – pluralisme, dan berwawasan global. Nah, nasionalis – pluralisme ini lah yang menjadi ciri khas Sekolah Taruna Nusa Harapan. 

Setiap siswa diajarkan untuk selalu menghormati dan bertoleransi dalam keagamaan. Baik siswa yang beragama Islam, Kristen, Hindu, Konghucu, maupun Buddha. 

Untuk itu, Sekolah ini memperingati hari raya setiap agama dengan mengadakan kegiatan bersama siswa yang merayakan. Seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal, Hari Magha Puja, Hari Raya Imlek, dan hari besar lainnya. 

Dan menurut kami Sekolah Taruna Nusa Harapan bisa merajut keberagaman Indonesia yang lebih baik karena mampu mengajak serta para siswa dan siswinya untuk turut andil di dalamnya. 

PanduanTerbaik.id

Prestasi Siswa Taruna Nusa Harapan

Untuk prestasi siswa – siswi Sekolah Taruna Nusa Harapan tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah banyak prestasi – prestasi kejuaraan baik akademik maupun non akademik yang berhasil ditorehkan para siswa. 

Dari akademik di antaranya juara 1 OSN Matematika dan juara 3 OSN IPA tingkat kota Mojokerto, juara 2 olimpiade sosiologi. Ini adalah lomba resmi dalam sains dari pemerintah. 

Sedangkan dari non akademik, juara 2 basket tingkat Porto, juara 3 basket di Libasma, juara 3 basket putra di Walikota Cup, juara video kreatif video daring kota Mojokerto dan masih banyak lagi. 

Sarana dan Prasarana Sekolah 

Meskipun berada di samping jalan raya, sekolah ini tetap memiliki lahan sekolah yang cukup luas dan dapat memuat banyak fasilitas. Sarana dan prasarana sekolah juga dibuat sedemikian rupa agar mampu meningkatkan mutu pendidikan dan menunjang aktivitas para siswa selama berada di sekolah. 

Mulai dari ruang kelas yang difasilitasi full AC, laboratorium IPA, bahasa, biologi, juga laboratorium komputer, unit kesehatan siswa (UKS), perpustakaan, dan kantin. 

Selain itu, Sekolah Taruna Nusantara juga menyediakan ruang bagi siswa – siswi untuk meningkatkan kemampuannya dalam berolahraga. Seperti lapangan basket, lapangan voli, bulutangkis, hingga lompat jauh. 

Dan tidak lupa Sekolah Taruna Nusa Harapan juga menyediakan ruang beribadah bagi para siswa. Selengkapnya bisa dilihat dari video yang kami sajikan di bawah ini. 

Pendaftaran dan Biaya Masuk 

Pendaftaran Sekolah Taruna Nusa Harapan cukup mudah. Bapak – Ibu wali murid bisa langsung mengisi formulir pendaftaran yang dapat diakses pada website resmi sekolah. 

Adapun biaya pendaftaran sekitar Rp. 200.000 ribu untuk pendidikan nasional reguler dan sekitar Rp. 250.000 ribu untuk jenjang pendidikan nasional plus. Biaya pendaftaran ini bisa ditransfer ke Bank BCA AC dengan nomor rekening 050 500 5444 atas nama Yayasan Pendidikan TNH. 

Selanjutnya untuk biaya masuk Sekolah Taruna Nusa Harapan akan ada sesi wawancara antara Bapak – Ibu maupun wali murid dengan pihak sekolah. Hal ini bisa ditanyakan langsung ke bagian administrasi Sekolah Taruna Nusa Harapan Mojokerto. 

Jika ingin melihat sekolah lain di Mojokerto bisa kunjungi link berikut ini. Kami sudah sajikan beberapa dengan biaya dan keunggulan masing-masing.

Alamat Lengkap

Alamat sekolah ini berada di pusat kota, tidak jauh dari alun – alun Mojokerto. Yaitu di Jl. Letkol. Sumarjo 67 Kecamatan Magersari Mojokerto. Atau bisa dilihat google maps yang kami sertakan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi hotline sekolah di nomor telepon (0321) 330 465. Atau kunjungi website resmi sekolah di sini untuk informasi lebih valid dan update. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *