Pesantren Minhajul Haq Purwakarta | Biaya Masuk dan Serba-serbi

Posted by

Pesantren Minhajul Haq Purwakarta | Pondok pesantren yang lebih akrab dengan panggilan Pesantren MH ini terletak di Purwakarta. Namanya cukup banyak dicari karena memiliki banyak kelebihan. 

Oleh sebab itu kami ingin mengulas beberapa aspek terkait pesantren Minhajul Haq Purwakarta yang bisa dikatakan lebih mirip dengan Islamic Boarding School di Purwakarta. Informasi yang kami dapatkan berdasarkan review, video, dan sumber lainnya di internet. 

Profil Pondok Pesantren Minhajul Haq 

Secara resmi pesantren ini memang didirikan oleh yayasan Minhajul Haq. Namun demikian profil pesantren Minhajul Purwakarta Haq justru sangat kental dengan sosok yang bernama Hartono, ia merupakan mantan preman yang bercita-cita mendirikan pesantren yang bagus. 

Konon nilai pembangunannya mencapai 80 milyar dan sendirian. Luar biasa. Secara cita-cita ia ingin mendirikan pesantren tahfidz Quran. Oleh sebab itu secara pendidikan pun cita-cita cukup terasa di Minhajul Haq Purwakarta. Bahkan sekarang Hartono tinggal di lingkungan pesantren. 

pesantren minhajul haq purwakarta

Oleh sebab itu secara profil Minhajul Haq tidak identik dengan satu ormas atau warna tertentu. Hanya memang secara berpakaian lebih identik dengan berjubah dan berkopyah, perempuannya berkerudung lebar-lebar. 

Kurikulum Pendidikan dan Tahfidz Quran di Pesantren

Di pesantren ini secara garis besar ada dua macam pendidikan. Pertama adalah pendidikan formal yang merujuk kepada Kemenag, MTs dan Aliyah. Sedangkan kedua yaitu tahfidz Quran seperti yang dicita-citakan oleh sang pendiri. 

Dalam sudut pandang kami pendidikan formalnya standard. Kami belum mendapatkan prestasi-prestasi besar yang dilahirkan dari santri-santri ini dalam perlombaan. Bisa jadi karena masih tergolong pesantren baru. 

Namun demikian secara pelaksanaan pendidikan di pesantren ini cukup baik. Mulai dari kelas yang berjumlah sedikit santrinya. Sehingga mirip seperti sekolah-sekolah unggulan. Sampai dengan bimbingan guru kepada santri yang intensif. 

Memang yang menarik di pesantren Minhajul Haq Purwakarta adalah kombinasi pendidikan formalnya dengan tahfidzul Quran. Ada kelas takhasus tahfidz Quran ada juga daurah. Mirip dengan model-model Islamic Boarding School era modern. 

Panduanterbaik.id

Kalau masuk kelas takhassus, atau MTs Tahfidz Quran, pelajaran umumnya dikurangi, tidak sebanyak yang MTs reguler. Hanya pokok-pokok agama yang dipelajari. 

Di sini tersedia pendidikan untuk putra dan putri, dengan jenjang masing-masing selama tiga tahun. Tapi di jenjang Aliyah ada dua bidang yang bisa digeluti, yaitu dirosah islamiyah, atau pendalaman keilmuan Islam. Satu lagi adalah bahasa. Tentu yang bahasa penekanannya pada aspek bahasa arab dan inggris di pendidikan tersebut. 

Suasana Pesantren Minhajul Haq Purwakarta

Bisa dikatakan keunggulan paling mendasar dari pesantren ini adalah lingkungannya yang besar, modern dan memang megah. Di tengah sawah dan kebun pesantren ini berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Sehingga kesejukan cukup terasa. 

Dengan luas sekitar delapan hektar pesantren ini masih belum menggunakan luas tanah seluruhnya untuk fasilitas pendidikan. Santri putra putri terpisah. Putra di sisi bawah, putri di sisi lebih atas. Tekstur tanahnya memang khas pegunungan. Ruang belajarnya juga sendiri-sendiri. 

Secara tata ruang pesantren ini memiliki disain yang cukup baik. Antara masjid dan gedung sudah ditata sedemikian rupa. Begitu juga dengan taman-taman di pesantren ini yang lebih memperindah lingkungan pesantren. Suasananya mirip dengan Al Hikmah Batu atau boarding school di Bogor. Suhunya berkisar 20-24 derajat celcius. 

Fasilitas Pesantren Minhajul Haq

Menurut kami inilah salah satu aspek yang menonjol dari Islamic Boarding School di Purwakarta ini. Untuk gedungnya saja memiliki lima lantai dengan arsitektur yang cukup baik. Ditambah untuk kamarnya menggunakan ranjang bertingkat dengan luas yang memadai. 

Dengan latar belakang sawah dan perkebunan teh di kaki Gunung Burangrang, ditambah latar Gunung Tangkuban Perahu yang tinggi, tentu membuat view santri terasa istimewa. Apalagi kapasitas yang seharusnya memuat 1000 orang masih hanya diisi sekitar ratusan. 

Santri juga akan dimanjakan dengan fasilitas olahraga, baik indoor maupun outdoor, seperti lapangan voli, bulu tangkis, tenis meja, futsal, sepakbola, intinya yang membuat santri betah tinggal di pesantren ini. 

Kegiatan Ekstra di Pesantren Minhajul Haq

Identitas boarding school kembali muncul di sisi kegiatan ekstra kulikuler. Salah satu yang ditonjolkan adalah science club. Yaitu pendalaman kepada bidang-bidang science yang fokus pada pembelajaran peningkatan kemampuan akademis. 

Kedua adalah bahasa asing. Yaitu bahasa arab dan inggris. Ektra ini umum ada di lembaga pendidikan berasrama. Di Minhajul Haq hal ini sangat tampak baik secara pendidikan di kelas atau di luar kelas.

Ada satu lagi yang menarik yaitu teknologi komputer dan jaringan. Ini adalah dasar sistem IT. mungkin harapannya di pesantren ini santri bisa memulai untuk mempelajari hal-hal mendasar yang dibutuhkan di era teknologi. 

Adapun ekstra yang lainnya menurut kami standard. Seperti jurnalistik, olah raga, dan lain sebagainya.

Syarat Pendaftaran di Ponpes Minhajul Haq

Untuk bergabung menjadi santri, ada syarat yang harus dipenuhi oleh calon santri. Bisa dibilang persyaratan yang harus disiapkan cukup unik dan berbeda, seperti membuat video rekaman bacaan surat Al-Anfal ayat 1-4 bagi yang mendaftar masuk MTs. Sementara untuk calon siswa MA harus menyertakan rekaman video membaca surat At-Taubah ayat 1-4.  

Selain itu, juga ada syarat umum dan syarat adminitrasi seperti scan ijazah dan sebagainya yang harus dilengkapi. Apabila terdapat salah satu syarat yang tidak terpenuhi maka, santri dinyatakan tidak lolos untuk tahap seleksi selanjutnya. 

Tahapan Seleksi Masuk Pesantren 

Setelah memenuhi tahapan administrasi, selanjutnya merupakan tahapan tes dan Seleksi. Pendaftaran PPDB, dalam pendaftaran ini calon santri akan dikenakan biaya tes. Para calon satri akan di seleksi membaca Al-Quran, tes tulis (Tes Bahasa Indonesia, Matematika, Pengetahuan dasar Islam, Bahasa Arab bagi calon santri MA). Selanjutnya calon santri juga akan diinterview dan di tes kesehatannya.

Untuk para calon santri MA ada kriteria khusus seperti mampu berbahasa Arab, baik lisan mapun tulisan. Selain itu, sudah menghafal minimal 3 Juz Mutqin dan hafal Hadits pilihan (20 Hadits). Serta mempunyai nilai Rata-rata rapor minimal 70.

Biaya Masuk Minhajul Haq Purwakarta

Untuk biaya pendaftaran santri baru Tahun Pelajaran 2021/2022  total biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 18.000.000, yang termasuk biaya tes seleksi, uang pangkal dan spp bulan Juli 2021.

Sedangkan untuk biaya SPP bulanannya sekitar 1.7 juta. Di wilayah Purwakarta SPP sekian tergolong lumayan. Bisa dibandingkan dengan lembaga pensantren lainnya di Purwakarta di sini. Namun kualitas dan layanan menurut kami menjadi sisi yang patut dipertimbangkan. 

Segala pertanyaan ,serta informasi lebih lengkap. Dapat menghubungi pesantren MH melalui telepon atau website resmi MH (http://web.minhajulhaq.or.id/ )

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *