pesantren sidogiri pasuruan

Ponpes Tahfidz Al Muqoddasah Ponorogo | Keistimewaan dan Biaya

Posted by

Al Muqoddasah Ponorogo | Pesantren ini dikenal luas sebagai pesantren khusus tahfidz Quran. Bukan pesantren atau sekolah yang ada tahfidz Qurannya. Secara geografis letaknya di dekat dengan pesantren Modern Gontor. Secara historis pesantren ini juga didirikan oleh Kyai Gontor.

Namun demikian tidak banyak ulasan tentang pesantren ini, oleh sebab itu kami ingin menulis dari beragam informasi yang kami himpun, kedatangan, dan lain sebagainya tentang pesantren tahfidz Quran Al Muqoddasah Ponorogo.

Profil Pesantren Tahfidz Quran Al Muqaddasah

Pesantren Muqoddasah li tahfidhil Quran berdiri pada tahun 1992. Didirikan oleh Kyai Karismatik KH. Hasan Abdullah Sahal, yang juga merupakan pimpinan pesantren Darussalam Gontor. Pesantren ini sejak awal memang fokus pada tahfidz Quran. 

Kalau dari bangunan dan luas wilayahnya tidak terlalu besar. Kira-kira dua lapangan sepakbola lebih sedikit. Namun animo masyarakat untuk hadir di pesantren ini cukup besar. Setahu kami selalu tidak muat ketika ada pendaftaran. 

ponpes al muqoddasah ponorogo

Alasannya, pesantren ini menerima tahfidz Quran dari anak-anak hingga dewasa. Dalam keterangan pendaftaran pesantren Muqoddasah disebutkan minimal enam tahun. Ketika kami datang ke pesantren rata-rata sudah usia menjelang SMP dan di masa SMP. Yang anak-anak lumayan. Mungkin karena banyak orang tua tidak tega. 

Tapi secara garis besar, profil dari pesantren ini lebih banyak diketahui oleh alumni Gontor atau afiliasinya. Apalagi kalau kakaknya di Gontor dan kemudian ingin sekalian mondokkan anaknya untuk tahfidz Quran, maka pilihannya di Muqoddasah Ponorogo agar bisa dekat. Namun sekarang sudah banyak khayalak yang mengetahuinya. 

Keistimewaan Pesantren Tahfidz Quran Anak Ponorogo

Saya ingin mengulas sedikit kelebihan dari pesantren tahfidz Quran di Jawa Timur ini. Pesantren ini karena hanya fokus dalam tahfidz Quran, maka kegiatan dominan adalah tahfidz Quran. Dari selepas subuh hingga jam tujuh. Kemudian selepas ashar hingga jam lima. 

Dilanjutkan lagi pukul enam hingga jam delapan malam. Semua untuk menghafal Al Quran. Jadi kalau Anda ke pesantren ini pagi hari, akan melihat santri kecil-kecil lesehan dengan peci yang asal numpang di kepala hafalan Quran, indah. 

Tapi pesantren ini juga tidak melupakan pendidikan formal. Rata-rata jenjangnya adalah SD, SMP, dan SMA. Semua diterima putra dan putri. Pagi hingga dhuhur. Selepas dhuhur semua makan dan istirahat siang. 

Sedangkan untuk berapa lama menghafal, setiap santri kemampuannya berbeda. Tapi standard dari pesantren minimal satu hari satu halaman. Ada yang lebih cepat. Bahkan ada yang sudah kelihatan bakatnya pasti cepat. 

Uniknya, meski di pesantren ini semuanya menghafal Quran, tidak semua mampu menghafal 30 juz. Konon sulit untuk bisa lulus mutqin 30 Juz. Jadi kalau ada yang punya ijazah lulus tahfidz Quran 30 juz dari pesantren tahfidz Quran Al Muqoddasah, itu artinya cukup istimewa. 

Sistem Pesantren Al Muqoddasah Ponorogo

Dari sistem pendidikan di pesantren Al Muqoddasah, pesantren ini kiblatnya adalah Gontor. Tentu karena kyainya juga dari Gontor, plus guru-guru yang menjaga keasramaan di pesantren ini rata-rata dari Gontor. 

Ada waktu yang teratur. Ada ekstra kulikuler yang melimpah seperti pencak silat, multimedia, hadrah, kaligrafi, dan lain sebagainya. Setiap santri punya banyak kesempatan untuk menumpahkan kreativitasnya. 

Disiplin juga cukup ketat. Santri tidak bisa terlambat, ada yang menjaga waktu di pesantren ini. Semuanya dikelola dengan cukup rapi. Efeknya karakter santri juga terbentuk dengan baik. 

Sedangkan untuk fasilitas di pesantren Al Muqoddasah begitu sederhana. Tidak seperti boarding school yang wah. Satu kamar bersama-sama. Isi kamar tergantung luas. Bisa sepuluh atau lebih dari itu. 

Syarat Santri Pesantren Al Muqaddasah 

Kalau Anda ingin masukkan anak ke pesantren Al Muqoddasah maka harus mengetahui beberapa syaratnya. Pertama adalah usia minimal enam tahun atau sudah tamat TK ketika mendaftar. Kedua, duduk di kelas 1, 2, 3, dan 6 SD saat mendaftar. 

Tapi syarat pendaftaran di Ponpes Al Muqoddasah yang paling penting adalah siswa jangan ngompol. 

Panduanterbaik.id

Selanjutnya Anda sebagai orang tua harus mengantarnya sendiri atau wali yang bertanggung jawab atas anaknya. Tidak cukup itu, ada ujiannya juga, terutama membaca Al Quran. Kalau masih kelas 1, 2 atau 3, setahu kami mampu membaca Iqra jilid sekian. Tidak buta. 

Kalau sudah berhasil masuk santri tidak boleh dikunjungi kecuali setelah dua bulan tinggal di asrama. Kalaupun sudah dua bulan, tidak boleh dikunjungi lebih dari sebulan sekali. Soalnya nanti nangis minta pulang. Hehehe.

Anak juga tidak diperbolehkan untuk membawa uang jajan lebih dari lima ribu. Ada yang ngatur, soalnya anak kecil, dikasih dua puluh ribu juga habis. Perasaan orang tua juga gitu deh. Wkwkw.

Pendaftaran Pesantren Quran Al Muqoddasah Ponorogo

Untuk pendaftaran waktunya di bulan Desember, akhir bulan. Tepatnya biasanya di liburan semester. Kira-kira tanggal 23-26 Desember. Biaya pendaftarannya sekitar Rp220.000. Menurut kami tidak terlalu mahal untuk biaya sekian.

Nantinya kalau sudah mendaftar santri barulah melaksanakan ujian dari tulis hingga lisan. Dari ujian baca Al Quran hingga IQ. 

Biaya Masuk Ponpes Al Muqoddasah Ponorogo

Untuk biaya masuk ponpes Al Muqoddasah di tahun 2021/2022 ada bermacam-macam komponen.

  • Biaya pangkal sebesar Rp1.920.000
  • Biaya daftar awal tahun Rp3.520.000
  • SPP setiap bulan Rp715.000
  • Perlengkapan santri Rp560.000
  • Total pembayaran untuk santri baru Rp6.710.000
  • Sedangkan untuk santri lama Rp4.230.000

Untuk santri putri ada perbedaan lebih mahal 30.000. Sedangkan uang saku bisa sekitar lima ratus ribuan. Sehingga kalau Anda masukkan anak ke pesantren ini harus siap sekitar 1.2 juta setiap bulan. Halaman facebook pesantren bisa dikunjungi di sini.

Alamat Pesantren Al Muqoddasah

Berikut alamat pesantren Al Muqoddasah Ponorogo, kami sediakan google maps.

4 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *