Pesantren Darul Ulum Lido Bogor | Pendidikan dan Biaya Masuk

Posted by

Pesantren Darul Ulum Lido Bogor atau yang biasa disingkat Pesantren Dulido merupakan salah satu pesantren yang masyhur namanya di kalangan masyarakat kota Bogor dan sekitarnya.  

Berada di bawah bimbingan Yayasan Salsabila Lido, Pondok Modern Daarul Ulum Lido ini berdiri kokoh dengan tiga unit pendidikan yang berbeda-beda. Mulai dari SMP / MTs, MA, dan Raudhatul Athfal (RA) untuk santri putra dan putri. 

Simak ulasan singkat kami yang disadur dari website resmi dan juga brosur pondok. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi para pembaca yang mencari Pondok Dulido ini. 

Sejarah Ponpes Darul Ulum Lido Bogor

Adalah alm. Drs. KH. Ahmad Dimyati pendiri Ponpes Darul Ulum Lido yang merupakan santri kesayangan Drs. KH. Ahmad Rifa`i (Mudir Pondok Pesantren Daarut El Qalam) dan juga menantu dari KH. Elon Syuja`i (Pendiri Pesantren Asy-Syuja’iyah, Bogor). 

Pesantren Darul Ulum Lido Bogor

Sebelum membangun pesantren sendiri, KH. Ahmad Dimyati terlebih dahulu mengabdi pada kedua pesantren tersebut. Hingga diberikan kepercayaan oleh mertuanya untuk mengurus Pesantren Syuja’iyah dan mengembangkannya menjadi Pesantren Darul Ulum Lido Bogor di tahun 1996.

Uniknya, nama Lido yang tersemat pada pesantren beridentitas modern ini bukanlah nama yang diambil dari desa ataupun letak geografis, melainkan singkatan dari limpahan doa yang dikabulkan Yang Maha Esa. Inilah sisi menarik dari ponpes Daarul Ulum Lido Bogor.

Profil Pendidikan di Pesantren

Dari segi akademik, Pesantren Daarul uluum Lido Bogor mengolaborasikan tiga kurikulum yang berbeda-beda. Yakni kurikulum Kemdikbud, Kemenag, dan kurikulum khas pesantren modern dengan tetap mempertahankan tradisi salafus sholeh.

Unit Pendidikan Pondok

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat tiga unit pendidikan yang berbeda di Pondok Modern Daarul Ulum Lido. 

SMP / MTs diperuntukkan santri / santriwati lulusan SD / MI. Seperti laiknya pondok modern, di Pesantren Darul Ulum Lido memiliki masa studi terintegrasi 6 tahun.

MA (Madrasah Aliyah) jenjang pendidikan setara SMA dengan masa studi 4 tahun (intensif). Biasanya satu tahun tambahan untuk penyesuaian masalah bahasa. Pembelajaran terlebih dahulu.  

Tahfidz Al-Qur’an program memperbaiki bacaan dan mengahafal Al-Qur’an (minimal mutqin 8 juz dan khatam qur’an 50 kali) dan program ini adalah program tambahan pilihan. Bisa jadi salah satu yang favorit di Pesantren Daarul Uluum Lido Bogor.  

Kegiatan Santri Ponpes Daarul Uluum Lido 

Apa saja kegiatan santri Pesantren Darul Ulum Lido Bogor selama 24 jam? Nah, berikut ini rangkuman kegiatan santri Dulido dari brosur pondok. 

Kegiatan pagi santri diawali dengan sholat qiyamul lail dan sholat subuh. Kemudian dilanjutkan kegiatan muhadtsah (latihan bercakap-cakap bahasa arab dan inggris), tazwid mufrodat (pembagian kosakata), dan kuliah subuh sampai pukul 6 pagi. 

Setelah mandi, sarapan, dan persiapan sekolah, santri masuk biasa untuk KBM sampai jam 3 sore (diselingi sholat dzuhur dan makan siang). 

Sedangkan di sore hari kegiatan santri diisi dengan ekstrakurikuler. Dan di malam hari setelah sholat magrib, mengaji dan isya, santri biasa bermuwajahah untuk belajar malam. 

Fasilitas Pesantren Modern Darul Ulum Lido

Adapun saran dan prasarana, Bapak / Ibu tidak perlu khawatir lagi. Karena Pondok Modern Daarul Ulum Lido memberikan fasilitas yang cukup lengkap untuk menopang kegiatan santri dan santriwatinya. 

Di antaranya terdapat masjid jami’ pesantren, asrama putra dan putri yang terpisah, dapur santri, kantin, lapangan olahraga, aula, perpustakaan, laboratorium, unit kesehatan santri, agrowisata, tempat menjahit, dan tidak ketinggalan tentu tersedia laundry. 

Selain fasilitas yang memadai, kenyamanan santri juga didukung dengan udara sejuk bogor. Letak geografis pondok yang tepat di bawah kaki gunung Salak, memberikan pemandangan yang indah pastinya.

Pendaftaran Daarul Uluum Bogor

Pendaftaran santri baru Pondok Pesantren Daarul Ulum Lido biasanya dibagi menjadi dua gelombang. 

  • Gelombang pertama : Februari – Maret  
  • Gelombang kedua : Maret – Mei

Prosedur pendaftarannya mudah, Anda cukup mengisi formulir pendaftaran yang ada pada website resmi, dan membayar biaya pendaftaran sekitar Rp. 350.000 ribu rupiah dan bagi santri yang tertarik masuk kelas takhosus tahfidz Al-Qur’an dikenakan biaya pendaftaran tambahan sekitar Rp. 100.000 ribu rupiah. 

Adapun seleksinya, santri akan dites mengaji Al-Qur’an, tes tulis psikotes, dikte bahasa arab (imla’) dan tes potensi akademik. 

Biaya Masuk Pesantren Darul Ulum Lido 

Sedangkan untuk biaya masuk santri baru Pondok Modern Daarul Ulum Lido sekitar 10 juta untuk jenjang pendidikan SMP / MTs dan sekitar 9,3 juta untuk kelas intensif / MA. 

Sayangnya, kami tidak menemukan informasi lebih mengenai detail biaya masuk ataupun uang SPP syahriah atau bulanan santri baru. Anda bisa mengkonfirmasi langsung ke pihak pondok. Kami bantu dengan menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi. 

Menurut kami biaya ini cukup standard. Bisa dibandingkan dengan pesantren terbaik lainnya di Bogor. Kami sudah mengulas disertai keunggulan dan biaya masuknya di sini. 

Alamat Lengkap Pesantren Dulido

Pondok Pesantren Darul Ulum Lido beralamat lengkap di Jl. Mayjen HR Edi Sukma KM 22 Muara Ciburury, Cigombong, Bogor 16110. Jika kebingungan bisa ikuti Google Maps yang kami sediakan. 

Jika Bapak / Ibu mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai pendaftaran dan lain sebagainya, bisa hubungi call center pondok di nomor telepon 0251-8224 754.

Informasi lengkap dan valid klik website resmi Pesantren Darul Ulum Lido Bogor di sini https://daarululuumlido.com/.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *