Jumlah Santri Pesantren Gontor Total | Santri Terbanyak di Indonesia

Posted by

Jumlah santri pesantren Gontor | Gontor merupakan salah satu yang masuk di daftar pesantren terbaik di Indonesia, pesantren terbaik di Jawa Timur dalam panduanterbaik.id. Usianya yang hampir satu abad sudah membuktikan kiprahnya di Indonesia.

Pertanyaan yang biasanya muncul adalah berapa jumlah santri Gontor hingga detik sekarang? Panduan terbaik akan mengulas berdasarkan data yang dihimpun dari beragam sumber.

Profil Singkat Pesantren Gontor Ponorogo

Gontor merupakan pondok pesantren yang terletak di wilayah Ponorogo dan berdiri sejak 1926. Pesantren ini memiliki identitas modern yang tidak lagi menggunakan metode sorogan dan bandongan dalam pendidikan keislaman di pesantren.

Kurikulumnya tidak menginduk pada diknas atau depag, mirip dengan Sidogiri yang memiliki kurikulum sendiri yang bernama KMI. Kurikulum ini sudah menggabungkan antara pendidikan diniyah dan formal di kelas.

Gontor memiliki kelebihan dalam aspek penekanan disiplin dan pembangunan karakter santri. Kurikulum 24 jam yang menempa kepribadian menjadikan alumninya mampu banyak berkiprah di masyarakat luas. Hal inilah yang menjadikan pesantren Gontor semakin dikenal.

Alumninya mulai dari Din Syamsudin hingga MH Ainun Najib, Lukman Hakim Syaifuddin, KH. Hasyim Muzadi, dan lain sebagainya.

Jumlah Santri Pendaftar di Pesantren Gontor 2020

Sebelum mengulas berapa jumlah santri pesantren Gontor, mari kita lihat setiap musim pendaftaran pada bulan syawal. Yang mendaftar di pesantren ini di tahun 2019 mencapai 6.390, tapi yang diterima hanya 4.398. Menurut Kyai Hasan Abdullah Sahal, keinginan Gontor mampu menerima semuanya, tapi kemampuannya belum demikian.

Sedangkan di tahun 2020, Gontor menerima pendaftaran mencapai 7.121, padahal di masa covid-19. Yang diterima berjumlah 5.488. Jumlah ini sangat banyak sekali. Di sinilah mengapa santri Gontor sangat banyak, sekali masuk mencapai 7000-an. 

Dari jumlah ini semuanya tersebar di Gontor pusat dan cabang. Yang laki-laki ada di Ponorogo, dengan Cabang, di Madusari Ponorog, Kediri, Banyuwangi, Magelang, Lampung. Sedangkan untuk putri di Ngawi, dan di Kediri. Semua di sebar dengan porsi kapasitas yang ada di masing-masing wilayah. 

Jumlah Santri pesantren Gontor
Pesantren Gontor Pusat di Ponorogo

Jumlah Santri Pesantren Gontor 

Jika sekali melaksanakan daftar ulang saja jumlah santrinya yang diterima adalah 5.400-an, maka kemungkinan Gontor memiliki jumlah santri mencapai 30.000-an. Karena di Gontor memiliki 6 jenjang, dari kelas satu hingga kelas enam. 

Faktanya ketika wafatnya KH. Abdullah Syukri Zarkasyi (22/10/2020) pimpinan Gontor saat ini KH. Hasan Abdullah Sahal menyebut bahwa Jumlah santri Pesantren Gontor adalah 33.323.

KH. Hasan Abdullah Sahal

Jumlah demikian bukan menetap di satu tempat. Tapi tersebar dari pusat hingga cabang-cabang. Termasuk di kampus mahasiswa UNIDA Gontor.

Jumlah ini berhasil tercapai setelah usia pesantren menginjak 94 tahun, atau hampir satu abad (1926). Tentu pencapaian yang luar biasa. Beberapa faktornya bisa dilihat di sini

Jumlah tersebut masuk di antara golongan pesantren dengan santri terbanyak di Indonesia dengan segala kekurangannya. Pesantren lainnya adalah Sidogiri Pasuruan memiliki santri hampir 20.000. Salafiyah Syafi’iyah Situbondo memiliki santri sekitar 16.000-an. Juga pesantren-pesantren lain dengan jumlah santri terbanyak di Indonesia. 

Berita gembiranya adalah bahwa pesantren di Indonesia memiliki peran cukup penting untuk perkembangan generasi penerus bangsa. Tiga pesantren yang kami sebutkan saja santrinya jika ditotal memiliki jumlah 70.000-an. Belum pesantren-pesantren lain di Indonesia.

Oleh sebab itu tidak berlebihan jika disebut pesantren adalah gudang pendidikan terbaik di Indonesia. Website resmi Gontor bisa diperiksa di sini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *