SMA Taruna Bumi Khatulistiwa | 5 Kelebihan dari Mandarin dan Disiplin

Posted by

Taruna Bumi Khatulistiwa, merupakan sekolah  swasta plus berasrama untuk putra dan putri dengan jenjang pendidikan khusus untuk SMA. SMA Boarding School di Kubu Raya ini adalah sekolah unggulan yang berdiri kokoh di atas area lebih dari 7 hektar. 

Penasaran seperti apa SMA Taruna Bumi Khatulistiwa ini? Simak ulasan kami selengkapnya hanya untuk Anda dari profil, pendidikan, pendaftaran, hingga biaya masuk yang kami rangkum dari beragam sumber, plus website resmi SMA TBK. 

Profil Taruna Bumi Khatulistiwa

Sekolah Taruna Bumi Khatulistiwa didirikan oleh Bapak Adjianto sejak 2 Mei 1995 dan diresmikan oleh Bapak Soeharto yang dulu menjabat sebagai presiden Indonesia ke 2.

Menurut kami konsep yang dimiliki SMA ini mirip dengan SMA Taruna lainnya yang ada di Indonesia, seperti Taruna Nusantara di Magelang, Krida Nusantara, dan lain sebagainya. 

sma taruna bumi khatulistiwa

Dengan sistem pendidikan yang semi militer dan juga berorientasi pada bidang akademik, kepribadian dan kesamaptaan. Sehingga fokusnya pada jenjang menengah atas. Agar mampu melahirkan siswa unggulan.

Yang unik adalah lokasi sekolah yang dekat dengan bandara dan pangkalan militer TNI AU. Jadi pemandangan pesawat terbang melintas menjadi makanan sehari-hari para taruna. Seakan masa depan sudah dekat. 

Identitas Pendidikan

Sebagai sekolah semi militer tentu kurikulum utama SMA Taruna Bumi Khatulistiwa adalah pendidikan bela negara dan kepimpinan. Sehingga aspek-aspek dalam pendidikan militer sedikit demi sedikit dikenalkan, contoh kedisiplinan.

Selain itu siswa taruna juga tetap mendapatkan pelajaran yang multikultural. Seperti pelajaran sosiologi, sejarah, bahasa Indonesia, teknologi, juga agama. 

Bahkan pengetahuan bahasa asing seperti TOEFL untuk bahasa Inggris dan bahasa Mandarin tidak terlewatkan meskipun bukan mata pelajaran wajib. Namun ini satu aspek yang sangat istimewa karena umumnya hanya bahasa inggris saja. 

Kelebihan Taruna Bumi Khatulistiwa

Bukan sekolah taruna jika tidak memiliki kedisiplinan yang keras. Para siswa taruna dan siswi taruni di sini dilatih menjadi pemimpin yang berdisiplin, berdedikasi tinggi, dan leadership yang kuat. 

Untuk siswa baru misalnya, selain mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) mereka diwajibkan mengikuti kegiatan pendidikan dasar kedisiplinan dan kepimpinan dasar (PDKS). 

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan penuh. Dan disertai materi yang beragam. Salah satunya belajar bersosialisasi di asrama dan masyarakat. Namun, kegiatan pendidikan dasar kedisiplinan ini tidak hanya dipelajari saat penerimaan saja. 

Kedisiplinan akan selalu ditegakkan. Jika ada taruna yang melakukan kesalahan, maka akan dikenakan hukuman. Inilah kelebihan utama. Punish and reward betul-betul menjadi aspek yang kuat. Tidak hanya reward tapi tidak benari menghukum.

Siswa paham setiap perbuatan ada konsekuensi. Mulai dari push up, sit up, pull up, lari, atau hanya membersihkan daun-daun kering di sekitar sekolah. Hukumannya bukan sekedar dihukum karena salah, tapi sebagai bentuk kedisiplinan dan membangun kebersamaan yang kuat di dalamnya. 

Nah nilai kebersamaan inilah membuat para taruna lebih memilih dihukum beramai-ramai dibandingkan sendiri dan menjadi keunggulan dari Taruna Bumi Khatulistiwa. Di mana para taruna mempunyai teman yang saling melindungi dan membersamai. 

Namun bukan hanya aspek Taruna yang ditingkatkan. Akademik juga dikuatkan. Sekolah ini dikenal memiliki fokus pendidikan yang cukup baik, disertai dengan perlengkapan memadai seperti laboratorium, fisika, kimia, biologi, bahkan ada klub khusus fisika. 

Bahkan di sekolah ini juga ada pendidikan baca tulis Al Quran. Sehingga aspek kerohanian siswa tidak hilang. Sistem boarding school memang menjadikan siswa mendapatkan banyak pendidikan.

Syarat Pendaftaran Taruna Baru

SMA Taruna Bumi Khatulistiwa membuka pendaftaran taruna baru mulai 2 Januari – 8 Mei 2021. Pendaftarannya pun dapat dilakukan dengan dua cara. Via online dan offline. 

Untuk online, Bapak – Ibu wali calon taruna baru bisa mengisi formulir pendaftaran yang ada pada website resmi sekolah. 

Sedangkan untuk offline bisa datang langsung ke sekolah dan jangan lupa membawa dokumen pendaftaran yang dibutuhkan. 

Seperti fotokopi rapor SMP / Mts, fotokopi kartu pelajar, kartu keluarga, fotokopi akta kelahiran, dan pas foto berwarna 2 lembar dengan ukuran 3×4.

Selain itu SMA Taruna Bumi Khatulistiwa mempunyai persyaratan khusus, yakni umur maksimal calon taruna baru 16 tahun per bulan Juli 2021. Jangan kelewat lho.

Tes Masuk dan Pendaftaran  

Ketika Anda ingin memasukkan anak menjadi taruna di SMA Taruna Bumi Khatulistiwa, maka siap-siap untuk mengikuti serangkaian tes masuk taruna yang cukup panjang. 

Setelah mendaftar, tes pertama yang akan dilalui oleh taruna adalah tes psikologi. 

Melalui tes ini, para taruna akan dilihat kejujuran, keberanian, minat bakat hingga ketahanan mental yang dimilikinya. Karena itu banyak taruna yang gugur di sesi pertama ini. 

Yang kedua ada tes akademik, sama seperti tes akademik pada umumnya, tes ini bertujuan melihat kecerdasan, kemampuan nalar dan pola pikir taruna. 

Selanjutnya adalah tes kesehatan dan kesamaptaan, seperti kebugaran, tinggi dan postur badan, ataupun riwayat penyakit yang diderita. Karena itu para taruna harus mempunyai kondisi fisik yang prima. 

Serangkaian tes tersebut biasanya dilakukan berurutan selama beberapa hari. Cukup berat sama seperti desas-desus yang santer terdengar. 

Biaya Masuk Taruna Bumi Khatulistiwa

Adapun biaya pendaftaran yang harus dibayarkan cukup murah, sekitar Rp. 50.000 ribu rupiah. 

Dan ada biaya tes sekitar Rp. 800.000 ribu rupiah, selain biaya pendaftaran juga biaya tes. Sayang kami tidak menemukan informasi biaya masuk SMA Taruna Bumi Khatulistiwa tahun 2021 dan 2022. 

Hal ini bisa ditanyakan langsung kepada pihak bersangkutan, kami bantu dengan menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi nantinya. 

Alamat SMA Taruna Bumi Khatulistiwa

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa mendatangi langsung dengan alamat SMA Taruna Bumi Khatulistiwa yang bertempat di Jl. Supadio, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat 78391

Atau bisa juga mengontak bagian administrasi sekolah di nomor telepon 0561 721 956 dan klik website resmi di sini https://info.smatbk.sch.id/ untuk informasi yang lebih lengkap dan lebih banyak.

Jika ada kekeliruan informasi mohon bisa cantumkan di kolom komentar. Atau ada lembaga yang ingin direview cukup kirimkan brosur dan biaya pendikan ke affany1986@gmail.com.

Jika ingin lembaga pendidikan berbasis pesantren bisa klik link berikut ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *