Pesantren Luhur Al tsaqofah Jakarta | Biaya Masuk Kompetitif

Posted by

Pesantren Luhur Al tsaqofah Jakarta juga dikenal dengan pesantren yang diasuh KH. Said Aqil Siroj. Sebabnya adalah pondok ini di bawah naungan yayasan beliau. Sehingga namanya cukup dikenal.

Oleh sebab itu kami sangat tertarik untuk mengulasnya, terutama dari beragam aspek seperti pendidikan pesantren, fasilitas pesantren, bahkan pendaftaran dan biaya masuk yang kami rangkum berdasarkan website resmi pesantren. 

Profil Pesantren Luhur Al Tsaqofah 

Pesantren Luhur Al Tsaqofah Jakarta didirikan oleh Yayasan Said Aqil Siroj pada 2013. Artinya secara usia belum terlalu lama. Namun secara kiprah patut diacungi jempol. Karena perkembangannya cukup pesat.

Al Tsaqofah juga memiliki arti ilmu pengetahuan, pesantren ini berniat membangun peradaban bangsa melalui pendidikan pesantren. Dengan tiga prinsip, yaitu moderat, keseimbangan, dan toleran. Sesuai dengan ide-ide yang digaungkan oleh Pimpinan NU tersebut.

pesantren luhur al tsaqofah jakarta

Pendidikan di Ponpes Luhur Al Tsaqofah

Pesantren di Jakarta Selatan ini menyediakan pendidikan putra dan putri untuk jenjang Tsanawiyah dan Aliyah. Memiliki akreditasi A. Sehingga sesuai dengan standard nasional pendidikan di Indonesia.

Identitas yang paling menonjol adalah pesantren khas NU, hal ini karena sesuai dengan tokoh yang ada di dalamnya. Apalagi dipadu dengan kurikulum Aswaja. Beberapa kegiatan semacam ziarah, peringatan hari santri menjadi kegiatan rutin.

Adapun secara secara kurikulum cukup unik. Pendidikan formal mengikuti kurikulum pemerintah, Tsanawiyah dan Aliyah. Sedangkan di luar kelas tidak tertulis di brosurnya menggunakan kurikulum diniyyah, seperti Asshiddiqiyah Jakarta atau Al Muhajirin Cikarang

Tapi langsung sorogan kitab kuning yang diadakan Senin hingga Rabu dengan durasi waktu satu jam dari pukul 17:00-18:00. Artinya pesantren ini disamping kitab kuning, porsi kuat berada pada pendidikan formal di waktu pagi.  

Maka pesantren ini menyebut pendidikan formalnya dengan full day study. Dominan pendidikan formal dengan aspek sains yang cukup. Seperti pesantren era sekarang semacam “Trensain Tebu Ireng” Jombang, dengan identitas Islamic Boarding School. 

Kegiatan Harian Santri Al Tsaqofah

Untuk melihat lebih detil, mari kita analisa kegiatan harian pesantren Al Tsaqofah Jakarta Selatan. Dimulai pada pukul 04:00 untuk bangun shalat subuh. Kemudian dilanjutkan dengan setoran hafalan hafalan Al Quran hingga pukul 06:15.

Di pukul 07:00 santri akan mendapatkan kegiatan bahasa dengan durasi 15 menit. Yaitu dengan conversation atau muhadatsah, percakapan bahasa arab dan bahasa inggris. 

Selepasnya hingga pukul 14:10 santri mendapatkan pendidikan formal di kelas. Hanya terjeda shalat dan makan. Selepasnya istirahat siang, qaylullah hingga 15:30.

Selepas shalat ashar santri akan menikmati eskul dan pengayaan. Yaitu program untuk meningkatkan kemampuan skil santri. Jika terkait IPA, maka lebih ditekankan. 

Barulah pada 17:00-18:00 santri akan melakukan kegiatan sorogan kitab kuning. Selepas magrib disuguhkan untuk membaca Al Quran dan makan malam hingga 19:30.

Dilanjutkan dengan shalat isya, dan nantinya belajar malam dan diskuis bersama. Kegiatan satu hari ditutup pada pukul 22:00. Dari sini terlihat banyaknya kegiatan pendidikan formal dan pendukungnya, serta adanya pendidikan kitab kuning di pesantren.

Kelebihan Pesantren Al Tsaqofah Jagakarsa

Pesantren ini memiliki beberapa yang menonjol. Di antaranya adalah adanya tahfidz Quran yang dijadwalkan rutin harian. Artinya semua santri harus menghafal bukan semacam eskul pesantren. Ini kelebihan pesantren Al Tsaqofah Jagakarsa.

Kedua, bahasa yang dibangun di pesantren ini adalah bahasa arab dan inggris. Sehingga memenuhi kebutuhan di era global seperti sekarang. Terutama untuk menghadapi tantangan masa depan. Maka pesantren ini juga sering disebut Islamic Boarding School. 

Ketiga adanya beasiswa bagi yang berprestasi. Meskipun tidak tertulis dengan detil bagaimana bentuk beasiswanya, namun diterangkan ada bentuk beasiswa santri ke luar negeri paska lulus. Ini jarang ditemukan di pesantren-pesantren. 

Fasilitas Pondok Pesantren Jagakarsa

Berbicara fasilitas pesantren ini menyuguhkan dengan cukup baik. Apalagi berada di tengah kota Jakarta, sudah menjadi tuntutan. Pertama, gedung-gedungnya terlihat artistik dan rapi, tidak hanya fungsional. 

Kedua meskipun berada di Jakarta, tapi ditata agar terlihat hijau dengan tumbuhan dan rumput yang menyuguhkan taman Indah. Seperti model Darunnajah Jakarta. Jadi santri nyaman.

Pendaftaran Pondok Pesantren Al Tsaqofah

Untuk mendaftar cukup online di link ini, namun yang perlu diperhatikan adalah syarat dan tes pendaftaran. Ada tes tulis dan lisan.

Untuk tes tulis terdiri dari Bahasa, Matematika, dan Logika. Juga tulis latin dan arab. Kalau untuk lisan ada tahsin Al Quran, bahkan ada tahfidz. Untuk MTs tahfidz Quran juz 30. 

Sedangkan masuk Madrasah Aliyah juz 29 dan 30. Juga khusus MA ada ujian bahasa arab dan inggris, dan baca kitab matan Fathul Qarib/Taqrib bab Thaharah sampai dengan Haji.

Biaya Masuk Pesantren Al Tsaqofah

Adapun biaya masuk pesantren Luhur Al Tsaqofah Jakarta Selatan sekitar 8.5 jutaan dengan rincian sebagai berikut.

Penunjang Pendidikan3.000.000
Seragam1.500.000
Buku dan Kitab1.700.000
Kesiswaan1.300.000
SPP Bulanan 1.000.000

Kalau menurut kami biaya ini tergolong terjangkau jika menilik pesantren di Jakarta. Bisa dibandingkan dengan pesantren lain di Jakarta di sini. Atau jika ingin melihat khusus boarding school terbaik di Bogor bisa kunjungi link ini

Alamat Lengkap Pesantren Jagakarsa

Pesantren ini memiliki alamat lengkap Jl. Mohammad Kahfi 1 No. 22 15/01 Cipedak Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Jika ingin menghubungi bisa ke nomor 0811 1030 713, komunikasikan saja jika ada pertanyaan.

Untuk informasi lebih lengkap dan valid kunjungi website resminya di https://altsaqafah.id/, karena kami hanya merangkum. Jika ada kekeliruan mohon bica dicantumkan di komentar agar bisa segera kami perbaiki. 

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *