5 Rahasia MAN Insan Cendekia Serpong | Inspirasi Habibie

Posted by

MAN Insan Cendekia Serpong | Siapa yang tidak mengenal sekolah Insan Cendekia Serpong, semua orang mendambakan bisa diterima di kampus ini. Bahkan nama Insan Cendekia kemudian banyak dipakai dengan tambahan satu kata di belakangnya, seperti Insan Cendekia Mandiri, Insan Cendekia Madani. 

Kali ini kita akan mengulas seluk beluknya. Mulai dari sekilas sejarah MAN Insan Cendekia, pendaftaran, biaya masuk Insan Cendekia, hingga kehidupan di dalamnya. Kami merangkum dari beragam pengalaman dan informasi. Ini merupakan salah satu MAN terbaik di Indonesia.

Sejarah MAN Insan Cendekia dan Identitasnya

Sekolah ini berdiri pada tahun 1996, tujuannya sebagai contoh madrasah unggulan berasrama. Memang di masa itu namanya madrasah cenderung nomor dua. Unggulan yang bagaimana, menurut sudut pandang kami seperti sosok BJ. Habibie. 

Yaitu memiliki iman dan ketakwaan baik, dan menguasai IPTEK. Sehingga MAN Insan Cendekia Serpong memang dikenal memiliki kualitas yang cukup baik. Terutama dalam aspek akademis. Program yang cukup terkenal ketika itu adalah STEP, Science and Technology Equity Program. 

Insan Cendekia Habibie Berkembang

Seiring berjalannya waktu MAN Insan Cendekia sudah memiliki banyak cabang di Indonesia, terhitung sekitar 20. Ada yang di Jambi, Bengkulu, Aceh Timur, Pekalongan, dan lain sebagainya. 

Awalnya sekolah ini untuk lulusan madrasah dan pesantren, kemudian menjadi umum. Pengelolaannya sejak tahun 2001 berada di bawah Departemen Agama. Awalnya bernama Madrasah Aliyah saja, kemudian berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri. 

Kelebihan MAN Insan Cendekia 

Satu kelebihan yang sudah jelas adalah seleksinya yang berjumlah ribuan. Di tahun 2010-an yang ingin masuk 5000-an, namun yang akan diterima hanya 100-an. Benar-benar diperas setengah mati, sehingga yang masuk anak-anak nomor satu.

Inilah rahasia pertama, sejelek-jeleknya siswa di MAN IC lebih bagus dari yang tidak lulus berjumlah ribuan. Bandingkan dengan sekolah-sekolah yang seleksinya hanya persoalan biaya saja, mahal dan mahal.

Maka akumulasi perkumpulan anak-anak pintar membuat lingkungan menjadi lebih kompetitif, jiwa untuk berlombanya tinggi. 

Kedua, kondisi sekolah berasrama memungkin siswa untuk fokus dalam belajar dan dipantau selama 24 jam. Apalagi boleh keluar untuk jalan-jalan hanya dua minggu sekali. Itu pun dari sekitar jam 7 hingga sekitar jam 5 sore. Kalau terlambat sangsi disiplin sudah menanti.

Kurikulum Pendidikan Man Insan Cendekia

Menurut saya Insan Cendekia Boarding School tidak setengah dalam menerapkan pendidikan. Memiliki iman dan takwa dan menguasai IPTEK. Maka tidak ada bobot berat dalam kegiatan keislaman. Semacam target tahfidz, atau hafalan apa, bukan di sini tempatnya.

Setiap anak lebih ditekankan dengan kehidupan seorang intelek dengan keseharian seorang muslim yang beriman dan bertakwa. 

Pembelajaran dimulai jam 7, setiap materi 45 menit, seperti sekolah pada umumnya. Polanya moving class. Tidak ditemukan dalam sehari guru yang sama berkali-kali. Mungkin hanya dua kali maksimal.

Tapi materi di sekolah ICM berbeda dengan sekolah pada umumnya, materinya dinaikkan, sehingga meskipun pinter-pinter, sering dapat nilai hampir sempurna, di sekolah ini Anda bisa jadi di bawah KKM dan melakukan remedial. Sudah biasa hal itu terjadi, tapi jangan berkali-kali. 

Selepasnya masih ada lagi klub bidang studi yang dilaksanakan untuk menjaring peserta olimpiade sains. Rata-rata sekolah unggulan sains ada demikian, seperti MAN 2 Malang. Disediakan pula ekstra kulikuler untuk menyalurkan minat dan bakat siswa. 

Bangun pagi sebelum subuh, selepas subuh mengaji, shalat di masjid, dan ada kegiatan kajian jika selepas magrib. Tapi sifatnya bukan inti pembelajaran di sekolah. Malam belajar mandiri. Terus berulang kegiatannya demikian. 

Fasilitas MAN Insan Cendekia Boarding School

Menurut kami jika bicara fasilitas kenayaman, MAN IC Serpong bukanlah tempatnya. Semua terlihat biasa, bahkan bangunannya juga terlihat sangat klasik. Fasilitas olah raga juga standard, tidak wah seperti ada tempat gym atau yang lainnya.

Memang di sini tempatnya ilmu, maka fasilitas yang lengkap adalah terkait pembelajaran. Laboratorium lengkap, komputer, juga fasilitas MAN Insan Cendekia yang pokok lainnya.

Namun yang berkesan, kampusnya menurut kami terkesan asri, tatanan ruangnya dengan taman serasi. Sesekali ada gazebo. Anggap rumah sendiri, hahaha. Apalagi semua siswa wajib tinggal di asrama.

Fasilitas kamar di MAN Insan Cendekia Serpong hanya ranjang, almari dan tempat belajar. Ranjangnya tingkat, satu kamar empat orang, dengan dua kamar mandi. Sehingga sebagai pembelajar kalau tiba-tiba kebelet tidak antri. hehehe.

Sisi kelebihannya menurut kami adalah siswanya yang sangat heterogen, dari anak Pengusaha, Guru, Pejabat, sampai orang pinggiran semuanya di sini. Yang menyatukan adalah otaknya yang cerdas, bukan yang lain. Sehingga semua terbiasa dengan perbedaan. 

Pendaftaran MAN Insan Cendekia

Pendaftarannya online, namun lebih baik diteliti sebelum mengumpulkan berkas. Syarat-syaratnya jelas. Ada kuota maksimal dari setiap sekolah untuk mendaftarkan di MAN Insan Cendekia Habibie. 

Tes dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Contoh di Jawa Timur yang terletak di MAN 1 Sidoarjo. Nah yang paling penting ada isi tesnya. Yang utama adalah tes potensi skolastik. Intinya melihat IQ-nya. 

Nah tes yang satu ini sangat menentukan untuk masuk ke MAN Insan Cendekia Serpong. Karena IQ tidak mudah diubah. Maka rata-rata adalah IQ yang tinggi yang diterima. 

Kemudian ada yang namanya tes potensi akademik, seperti IPA, dan materi UN. Biasanya berlangsung dari jam 8 sampai jam 4 sore hari. Bisa jadi setiap tahun ada perubahan, tapi kami yakin modelnya tidak jauh dari demikian. 

Rahasia masuk MAN Insan Cendekia Serpong ada dua, IQ tinggi, logika Matematika bagus. Kalau keduanya bagus, biasanya materi lain juga bagus. Hohoho.

Anonim
man insan cendekia serpong
ilustrasi pixabay.com

Biaya Insan Cendekia Habibie

Terakhir adalah biaya Insan Cendekia Serpong Habibie. Dulu awalnya semua beasiswa penuh. Namun demikian ada perubahan kebijakan, sehingga tidak lagi gratis, ada biaya yang harus ditunaikan.

Sekitar tahun 2017, biaya yang harus ditunaikan 8 jutaan, dibandingkan dengan sekolah lain, dengan kualitas yang bagus, biaya ini tergolong cukup valueable. Dengan SPP sekitar 1.5 juta setiap bulan. Pastinya sekarang sudah berubah. 

Biaya demikian mungkin hanya untuk asrama dan makannya saja. Inilah seluk beluk MAN Insan Cendekia Serpong. Website resmi bisa dikunjungi di sini. Disclaimer On. Salah satu sumber dari sini.

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *