MAN 2 Kota Malang | Kelebihan Prestasi dan Pendaftaran

Posted by

Man 2 Kota Malang | Di kota Malang ada satu sekolah yang sangat dikagumi di masyarakat Jawa Timur, yaitu Man 2 Kota Malang. Dulu namanya Man 3 Malang, tapi kemudian ada perubahan nama karena ada pemekaran kota Batu.

Mungkin madrasah Aliyah di Jawa Timur yang siswanya dari beragam kota di Indonesia sedikit. Padahal sistemnya tidak sepenuhnya berasrama. Banyak yang sampai mencari tempat kos, hanya untuk bisa sekolah di Jalan Bandung No. 7 Penanggungan, Klojen, Malang.

Lalu apa kelebihannya? Atau sisi menarik dan prestasi yang dimiliki sehingga semua rela berbondong-bondong masuk di sekolah ini. Berikut ulasan panduanterbaik.id berdasarkan info yang kami himpun dari beragam sumber

Profil Man 2 Kota Malang eks Man 3 Malang

Sekolahnya spesifik, hanya Madrasah Aliyah. Semakin spesifik sebuah lembaga pendidikan, hampir bisa dipastikan semakin fokus dalam mendidik. Begitu pula dengan Man 2 Kota Malang. Meskipun ada pondokan, tapi ini bukan pesantren yang banyak jenjang.

Sekolah ini lebih dikenal sebagai sekolah umum yang memiliki ciri khas Islam yang kuat. Budayanya adalah shalat lima waktu berjamaah, membiasakan diri untuk shalat sunnah seperti dhuha, qiyamul lail, mengkhatamkan Al Quran dan berusaha memahami artinya.

Sekolah ini juga dikenal sebagai madrasah model yang menjadi contoh banyak sekolah sampai tingkat nasional.

Kelebihan Man 2 Kota Malang

Kelebihan dari madrasah aliyah ini menurut kami adalah kemampuan menggabungkan antara akademik, non akademik, dan akhlaq. Tidak ada penekanan lain. Terutama adalah potensi akademik siswa yang dihiasi akhlaq Islami. Di sinilah titik penting yang sulit disamakan. Model penekanannya seperti MAN Insan Cendekia Serpong.

Sehingga siswa ditekan terus dari sisi akademik, dari sisi karakter dihias dengan akhlaq Islami. Tidak muluk-muluk sampai bisa menguasai ilmu Islam. Akademik hebat, akhlaq mulia. Enough.

Adapun dari segi fasilitas menurut kami standard. Tidak semewah boarding school di Batu seperti Al Hikmah atau yang lainnya. Tapi orang memang mencari kualitas.

Sederet Prestasi Man 2 Kota Malang

Kami tidak perlu menjelaskan bagaimana kelebihan sisi akademiknya. Kami akan jabarkan beberapa prestasi agar tergambar jelas terkait hal tersebut. Di antaranya adalah,

  • Gold Medal pada International Invention Innovation Competition in Canada dengan tulisan ilmiah tentang penemuan Jamu Pepapaya yang bisa mengobati malaria stadium tinggi pada tahun 2018
  • Medali perunggu pada China Southeast Mathematic Olympiad pada tahun 2018. Tentu ini prestasi yang sangat membanggakan.
  • Selain itu ada juara Robotic tingkat Asean yang diselenggarakan oleh Kemendikbud pada tahun 2019. Raihannya tidak main-main, yaitu juara 1.
  • Yang terbaru adalah juara satu olimpiade fisika Eureka di ITB tingkat nasional pada Februari tahun 2020. Masih banyak prestasi lainnya.

Dengan gambaran ini sudah jelas terlihat bagaimana kualitas pendidikan yang ada di MAN terbaik di Malang atau eks MAN 3 Malang. Di sinilah daya tarik utama yang menjadikan banyak orang ingin ikut serta dalam proses pendidikan yang ada di dalamnya

Rahasia Prestasi Man 2 Kota Malang

Jika ada yang bertanya mengapa sekolah ini memiliki prestasi segudang. Mungkin kami sedikit berusaha mengulas dalam sudut pandang subjektif reviewer lembaga pendidikan. Ada beberapa faktor penting.

Pertama, seleksinya sangat ketat. Kalau Anda tidak terbiasa dengan tes yang prosesnya panjang, maka pikirkan ulang. Tesnya bisa dua hari. Sehingga yang masuk benar-benar orang pilihan.

Kedua, pendaftar banyak yang diterima sedikit. Umumnya zaman sekarang sekolah-sekolah seleksi hanya menilai peminatan saja. Bukan tes masuk. Karena biayanya mahal-mahal. MAN 3 pendaftarnya sangat banyak yang diterima sedikit.

Sebagai gambaran, estimasi pendaftar di jalur reguler sekitar 1200-an. Nantinya diperas melalui tes dan hanya tersisa sekitar 220-an. Jadi sedikit sekali.

Ketiga, fokus pada bidang tertentu. Maksudnya sejak awal masuk siswa sudah diminta memilih MIPA atau SAINS, Sosial, Bahasa, dan MAKBI. Dari pilihan ini ketika masuk, langsung digembleng dengan beragam macam pendidikan dan pendampingan.

Keempat, rutin mengikuti ajang perlombaan. Tidak banyak sekolah yang melakukan demikian. Padahal lomba adalah sarana untuk mengasah dan mengukur kemampuan siswa dan sekolah. Sehingga siswa sangat terpacu untuk berhasil melewatinya.

Beberapa faktor inilah yang membuat MAN 2 Kota Malang, atau MAN 3 Malang menjadi salah satu Madrasah Aliyah Negeri terbaik di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Siswanya pinter, proses pendampingannya fokus, diasah dengan lomba terus menerus.

Syarat Pendaftaran MAN 2 Kota Malang

Untuk pendaftaran, yang pertama adalah melengkapi proses pemberkasan, baru kemudian mendaftar online. Nantinya diverifikasi baru diumumkan siapa saja yang berhak mengikuti tes di MAN 2 Kota Malang.

Namun ada beberapa catatan penting. Di antaranya kalau ingin mengikuti peminatan MIPA, nilainya harus 80 persemester pada mata pelajaran IPA dan Matematika.

Sedangkan bagi yang ingin masuk peminatan IPS, maka minimal nilainya 78 di setiap semester pada materi IPS dan Matematika. Kalau ingin masuk bahasa, maka nilainya harus 78 pada materi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Sedangkan kalau yang ingin masuk di peminatan keagamaan, syaratnya harus memiliki nilai pada bidang-bidang PAI sebanyak 78 dan wajib tinggal di asrama Al Qalam Man 2 Kota Malang.

Apa saja yang harus disiapkan secara adminsitratif bisa dilihat di sini.

Tes Masuk MAN 2 Kota Malang

Proses tes masuk MAN 2 Kota Malang adalah salah satu proses yang patut diperhatikan. Hari pertama biasanya adalah tes psikotes, bisa berlangsung sampai lebih dari dua jam.

Kemudian ada tes akademik, secara umum adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris. Baru kemudian ada tes peminatan. Tergantung peminatan yang diambil. MIPA, IPS, Bahasa, atau Keagamaan.

Nah kalau kalian mencoba memilah dua peminatan, seperti MIPA dan Bahasa, maka siap-siap tesnya dua kali. Kalau memang ditimbang semoga bisa lulus salah satu, metode ini bisa dicoba. Tapi terkadang persiapan kurang matang. Bisa fokus dicoba pada satu peminatan.

Pesantren Al Qalam Asrama Berprestasi

Di samping pendidikan formal, Sekolah Menengah Atas ini juga memiliki asrama. Memandang banyak siswa dari luar kota, maka pihak Man 2 Kota Malang berinisiatif membuat lembaga pendidikan yang lebih komprehensif dalam sistem pesantren yang mendukung kegiatan utama di MAN 2 Kota Malang.

man 2 kota malang

Target lulusan dari pesantren ini di antaranya

  • Paham Al Quran dan Hadist serta mampu berperilaku sesuai dua landasan tersebut.
  • Memiliki kemampuan berbahasa asing secara aktif.
  • Tercipta kehidupan yang teratur dan disiplin. Dll.

Masalahnya kuotanya sedikit. Untuk putra hanya menerima sekitar 90-an saja. Sedangkan putri hanya menerima sekitar 100-an. Jadi kembali lagi kepada proses seleksi yang dijalankan. Lulus atau tidak.

Fasilitas pesantren Al Qalam lumayan. Satu kamar putra hanya terdiri dari 6 orang, sedangkan yang putri hanya terdiri dari 8 orang. Tersedia dipan susun, almari dan peralatan standard asrama lainnya.

Biaya Masuk 2021 eks Man 3 Malang

Untuk biaya masuk MAN 2 Kota Malang di tahun 2021 kami belum berhasil mendapatkan. Tapi di tahun 2016 biayanya sekitar 300k setiap bulan. Murah sekali. Mungkin sekarang di angka 450-an. Dibandingkan dengan lembaga pendidikan mahal lainnya.

Sedangkan untuk yang tinggal di asrama pesantren Man 3 Malang, biaya perbulannya di tahun 2016 sekitar satu juta. Mungkin sekarang di angka 1.100-an. Nanti bisa diperiksa di website resminya di sini.

Info lengkap bisa hubungi 0341-551357 / 558333

2 comments

  1. Sy ingin mendaftarkan anak sy ,perempuan,skrg klas 9 SMP IT AR ROHMAH Malang…semoga bs diterima..mhn info pendaftaran Reguler th 21/22
    MAN 2 KOTA MGLANG..JAYA..dan berkiprah untuk Indonesia dan ISLAM…YESSS

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *