pesantren terbaik di situbondo

Pesantren Al Anwar Bangkalan | Ada Pendidikan Biaya Gratis

Posted by

Pesantren Al Anwar Bangkalan sudah berumur lebih dari 24 tahun. Cukup matang sebagai sebuah pesantren di Madura. Ponpes di Madura ini dikenal luas memiliki pendidikan berkualitas.  

Pesantren yang didirikan oleh KH. M. Muchlis Muchsin ini adalah seorang kiai yang terkenal karena pernah mengumpulkan 2000 tanda tangan kiai-kiai madura untuk mendukung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur Jawa Timur 2018 silam.

Tentu tidak banyak kiai ataupun pengasuh pondok pesantren yang secara gamblang bersimpati dengan politik. Jadi, seperti apakah Pondok Pesantren Al Anwar Bangkalan Madura ini? Inilah ulasan kami berdasarkan berbagai sumber.

Profil Al Anwar Bangkalan 

Berawal dari aksi kepedulian sosial KH. M. Muchlis Muchsin yang menampung anak-anak dari Sambas dan Sampit korban pertikaian antar suku, yang di kemudian hari anak-anak yang ditampung semakin banyak.

pesantren al anwar bangkalan

Dan pada tahun 2003 lah Pondok Pesantren Al Anwar resmi menjadi sebuah lembaga pendidikan yang ada di Madura. 

Sebagaimana pendirinya, ponpes ini memiliki ciri khas nahdiyin, menjunjung tinggi nilai-nilai islam yang rahmatan lil alamin

Namun begitu Pondok Pesantren Al Anwar berusaha menyelenggarakan pondok yang modern dan juga tetap mengandung unsur salafiyah di dalamnya. Ini kombinasi yang cukup menarik. 

Identitas Pendidikan di Al Anwar Bangkalan 

Memiliki visi mencetak para santri yang sholih juga sholihah, memiliki ilmu dan berwawasan luas, mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan agamanya, serta mempunyai jiwa yang ikhlas.  

Mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, Pondok Pesantren Al Anwar Bangkalan memasukkan unsur modern dalam pendidikannya.

Dibuktikan dengan beragam jenjang pendidikan formal yang dimilikinya, mulai dari SMP, SMA, SMK, hingga Sekolah Tinggi Bisnis Ekonomi Islam (STBEI).

Meskipun begitu, Pondok Pesantren Al Anwar Bangkalan tetap mempertahankan sisi “salafiyah” nya.

Yakni, kegiatan sholat wajib dan sunnah berjamaah, mengaji Al-Qur’an, sholawat, burdah, tahfidz qur’an dan tentunya membaca kitab kuning. 

Metode Al Miftah Lil Ulum 

Sebagai pondok pesantren yang memiliki program kegiatan membaca kitab kuning, Pondok Pesantren Al Anwar Bangkalan menggunakan metode al miftah lil ulum yang digunakan Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.

Al miftah lil ulum sendiri merupakan kombinasi berbagai macam ilmu gramatika arab yang nantinya dikombinasikan menjadi metode yang praktis dan juga mudah dipelajari.

Metode ini juga dilengkapi dengan lagu-lagu dan juga nadham alfiyah ibnu malik.

Dengan adanya metode al miftah lil ulum, para santri ditargetkan mampu membaca kitab kuning dengan cepat, bahkan dalam kurun 1 tahun sudah mahir membacanya. 

Dan menariknya, akan ada lanjutan dari kegiatan membaca kitab kuning ini, yakni takhosus kitab, atau menghafal kandungan yang ada pada kitab kuning itu sendiri.

Sehingga, para santri nantinya, selain mahir membaca kitab namun juga mampu menjadi ulama yang mengerti agama sampai akar-akarnya. Inilah kelebihan utama Pesantren Al Anwar Bangkalan. 

PanduanTerbaik.id

Program Tahfidz Al Ahadits

Kurang lengkap rasanya jika suatu pondok pesantren tidak memiliki program hafalan hadis.

Karena itu, Ponpes Al Anwar Bangkalan menambahkan program unggulan lainnya. Yakni tahfidz al ahadits. Para santri memulai hafalannya dari hadits arbain untuk semua jenjang pendidikan. 

Jadi jangan heran, jika santri-santri Ponpes Al Anwar Bangkalan memiliki kemampuan di atas rata-rata. Mahir membaca kitab, hafal al-qur’an, dan juga hadis – hadis Nabi. 

Gema Sholawat Al Anwar Madura

Sholawat sudah menjadi sebuah tradisi yang mendarah daging di setiap pondok pesantren, begitu juga dengan Pondok Pesantren Al Anwar Bangkalan.

Alunan merdu sholawat dengan tabuhan gendang yang mengiringi mengalun indah di langit-langit Pondok Pesantren Al Anwar. Di Jawa Timur yang terkenal dengan shalawatnya adalah Pesantren Langitan Tuban.

Sholawatnya pun bermacam-macam, ada sholawat fihubbi, thala’al badru, bahkan sholawat corona juga tidak lewat dari Pondok Pesantren Al Anwar Bangkalan.

Inilah mengapa, sholawat memang menjadi kegiatan yang sangat dirindukan tiap santri, dan tentu menjadi salah satu ikhtiar mencintai Nabi. 

Pendaftaran dan Biaya Masuk

Ada yang unik dari Pondok Pesantren Al Anwar, yakni tidak ada seleksi masuk pondok. Karenanya Pondok Pesantren Al Anwar Bangkalan membuka gerbangnya luas-luas menerima santri yang datang untuk belajar.

Pendaftarannya dibuka sekitar bulan Sya’ban – Muharram untuk semua jenjang pendidikan, kecuali untuk Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBIA) Al Anwar Bangkalan.

Untuk biaya, Pondok Pesantren Al Anwar menyediakan program khusus. Yakni program gratis masuk pesantren. Untuk detilnya bisa kunjungi langsung pesantren. 

Bapak ibu, wali santri tidak perlu takut lagi, karena bisa memasukkan anaknya ke Pondok Pesantren Al Anwar Madura tanpa biaya. 

Alamat Al Anwar Bangkalan 

Pondok Pesantren Al Anwar berlokasi di Patereman Modung Bangkalan Madura. Anda cukup klik di maps yang kami cantumkan di bawah ini jika kebingungan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi call centre di nomor telepon 0852-5777-3333 Atau kunjungi website resmi Pondok Al Anwar Bangkalan di sini https://alanwarmadura.net/ 

Jika menginginkan pesantren terbaik di Madura lainnya bisa klik link berikut ini. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *