Muhammadiyah Boarding School Semarang | Biaya Pendaftaran Standard

Posted by

Muhammadiyah Boarding School Semarang atau biasa disebut dengan MBS Semarang merupakan salah satu boarding school pilihan untuk anak lulusan SD. Apalagi penyelenggaranya Muhammadiyah yang dikenal banyak membina sekolah Islam favorit di Indonesia.

Kami pernah mengulas mengapa masyarakat sekolah di Muhammadiyah di sini. Kali ini kami akan mengulas MBS Semarang dari segi kelebihan, kurikulum pendidikan hingga biaya masuk bersumber dari website resmi lembaga tersebut.

Profil MBS Semarang

Sekolah ini berdiri pada tahun 2013-2014. Bisa dikatakan sekolah boarding baru dibandingkan dengan pesantren terbaik di Semarang lainnya. Nama aslinya adalah Muhammadiyah Boarding School KH. Ahmad Dahlan.

Namun demikian boarding school Muhammadiyah lebih dikenal dengan sebutan MBS Semarang, atau MBS Ungaran, seperti laiknya nama MBS di kota-kota lain yang menjamur. Namun yang satu ini khusus untuk jenjang SMP saja putra dan putri. 

muhammadiyah boarding school semarang

Kurikulum Pendidikan di MBS Ungaran

Akreditasi sekolah ini B. Adapun secara identitas pendidikan cukup kuat di model pesantren modern yang dikombinasikan dengan jenjang SMP, bukan tsanawiyah. Umumnya boarding school Muhammadiyah memang demikian.

Yaitu menekankan pendidikan formal namun berbasis asrama yang bernuansa pesantren. Sains menjadi fokus yang tidak bisa dihindarkan. IPA, IPS, Matematika. Juga beberapa aspek pendidikan formal lainnya. 

Namun demikian menjadi catatan, boarding school tidak sama dengan pesantren, bisa dibaca di sini. Oleh sebab itu secara umum tujuan dari Muhammadiyah Boarding School Semarang adalah melahirkan siswa berwawasan keilmuan dengan karakter islami yang dididik di asrama. 

Kelebihan Muhammadiyah Boarding School Semarang

Dalam sudut pandang kami yang istimewa dari MBS Ungaran ini adalah aspek tahfidz Quran yang tertulis dalam website resminya memiliki target 30 juz. Untuk jenjang SMP hal ini tidaklah mudah. 

Karena biasanya untuk mencapai 30 juz butuh waktu lebih dari tiga tahun. Bisa diperiksa di Darul Hikam Boarding Mojokerto, atau Pesantren Yanbu’a Kudus. Sehingga target ini tergolong istimewa.

Kedua, di islamic boarding school yang satu ini dilatih pendidikan bahasa Jawa dalam bentuk latihan pidato plus ada ekstra gamelan. Hal ini juga jarang ditemukan di Islamic Boarding School yang di Jawa Tengah. MBS Ungaran sangat memperhatikan tradisi di pulau Jawa.

Adapun ekstra kurikulernya standard, seperti drumband, kaligrafi, pidato, tapak suci, dan ekstra lain umumnya yang ada di pesantren modern. Sehingga Muhammadiyah Boarding School Semarang menjadi salah satu MBS unggulan.

Adapun untuk prestasinya, yang kami dapatkan hanya juara lomba tapak suci tingkat Kabupaten Semarang dengan raihan medali perak. Untuk kejuaraan seperti sains, belum kami dapatkan informasinya. 

Fasilitas Boarding School 

Dari foto-foto yang kami lihat, MBS Semarang ini memiliki fasilitas yang standard, tidak begitu istimewa seperti Boarding School di Bandung, atau di kota besar lainnya. Kalau secara asrama lebih tepat mirip dengan pesantren.

Kelasnya juga bangku kayu biasa. Memang santrinya belum begitu banyak, karena memang masih tujuh tahun. Biasanya setelah sepuluh tahun baru melesat. Asrama putra dan putri tiga lantai. 

Kalau lapangan olah raganya ada Volley Ball, Bulu Tangkis, Bola basket, Futsal. Lumayan nyaman kalau untuk fasilitas outdor. Bisa membuat santri betah tinggal di dalam boarding school.

Biaya Masuk MBS Semarang

Salah satu kelebihan dari MBS Semarang menurut kami adalah biayanya yang standard. Di angka 7.3 juta. Kalau dalam kriteria kami masuk sekolah di kelas menengah. Dibanding Al Irsyad Tengaran, MBS Semarang lebih murah. Lebih tepatnya setara biaya Gontor.

SPP hanya 800 ribuan, setengahnya dari Al Irsyad Tengaran yang cukup terkenal. Oleh sebab itu Muhammadiyah Boarding School Semarang yang satu ini bisa menjadi pilihan. Atau jika ingin melihat-lihat pesantren di Semarang lainnya bisa klik link ini. 

Alamat Muhammadiyah Boarding School di Ungaran

Adapun untuk alamat lengkapnya di Jl.Raya Pasar Babadan – Leyangan , Km 3. Kel.Beji, Kec.Ungaran Timur, Kab. Semarang-Jawa Tengah. Kalau Anda ke Semarang alamat ini tidak terlalu susah. Ikuti Google Maps yang kami sediakan.

Kalau ingin komunikasi langsung via whatsApp, bisa ke Ustadz Endri Puji Winaryo, M.Pd. nomor hpnya di 0821-3727-1303. Atau kalau memang kesulitan bisa langsung datang ke alamat yang tertera. 

Info lebih lengkap dan valid bisa kunjungi website resminya di sini. Semoga bisa menjadi manfaat. Jika ada lembaga pendidikan lain yang ingin direview, cukup kirimkan brosur dan biaya pendidikan ke affany1986@gmail.com. Kami akan membantu agar informasi sekolah Anda bisa dijangkau masyarakat luas.

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *